ECONOMIC ZONE - Jakarta - Telkom Regional II menyelenggarakan seminar secara daring bertajuk “Upgrade Bisnis UKM dengan Solusi Digital” (13/2). Kegiatan ini turut dihadiri EVP TR II, Edie Kurniawan, sebagai pembicara yang memaparkan terkait Building Future SMEs: How to Keep Up in the Digital Era. Tema yang diangkat pada webinar ini berangkat dari komitmen Telkom untuk selalu berperan aktif dalam elevasi tingkat literasi digital bagi masyarakat dan juga komitmen mendukung perkembangan UKM di Indonesia. Dua komitmen yang sejalan tersebut kali ini dikemas dalam webinar edukasi dari para praktisi di dunia bisnis, yang diharapkan dapat memberikan wawasan berdasarkan kondisi pasar terkini dengan mengaplikasikan teknologi dan layanan Telkom.
Selain EVP Telkom Regional II, kegiatan kali ini juga melibatkan para praktisi eksternal Telkom diantaranya Yuke Septina selaku Pelaksana Tugas Kadis KUK Jabar, Fildzah Shabrina yang merupakan Owner @dizzy.fudgy, tim, Digital Marketing Operation Telkom Regional II, serta 160 peserta yang mayoritas merupakan pemilik UKM yang berada di Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Para pembicara yang dihadirkan dengan beragam latar belakang serta bidang yang digeluti diharapkan dapat memberikan pandangan yang holistik bagi para peserta yang mayoritas merupakan pegiat bisnis maupun yang memiliki ketertarikan untuk berkecimpung di dunia bisnis.
Edie Kurniawan pada kesempatan tersebut bagikan semangat bagi para peserta untuk selalu menggali berbagai potensi usaha untuk mengembangkan kesuksesan usahanya. “Toko besar bukan merupakan syarat yang mutlak untuk menjadi UKM yang sukses. Justru, sekarang ini kita bisa menjadikan UKM sukses dengan memanfaatkan teknologi digital. Teknologi seperti media sosial menjadi alat ampuh untuk membuat konten kreatif dan mengenalkan produk kita ke masyarakat,” ujar Edie.
Fildzah Shabrina selaku Owner DizzyFudgy juga mengatakan, “Memulai digitalisasi jangan terlalu dipikirkan untuk perfect, mulai saja dulu dan konsisten untuk melakukannya”. Oleh karena itu, demi meng-upgrade bisnis, UKM dianjurkan untuk melakukan pengelolaan medsos dengan kreativitas dan pola yang konsisten sebagai branding yang efektif.
Webinar kali ini merupakan satu dari berbagai dukungan Telkom untuk pengembangan UKM dan edukasi literasi digital yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para penggiat maupun perintis UKM, yang pada jangka panjang dapat berperan dalam menggerakkan ekonomi Indonesia.
Komentar