Endang Muchtar
Kamis, 01 Agustus 2024 - 13:25 WIB

Hana Bank Catat Laba Bersih Rp260 Miliar, Total Aset Naik Sebesar Rp48,2 triliun

Karyawan melayani nasabah di gerai Hana Bank, di Jakarta, Kamis (1/8/2024). (Foto/dok. Hana Bank/ECONOMICZONE
Karyawan melayani nasabah di gerai Hana Bank, di Jakarta, Kamis (1/8/2024). (Foto/dok. Hana Bank/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank) hari ini, Kamis (1/8/2024), mengumumkan laporan keuangan semester pertama yang berakhir 30 Juni 2024 (1H24), dengan perolehan laba bersih (unaudited) sebesar Rp259,52 miliar. Terjadi kenaikan sebesar 13,93% year-on-year (Y-o-Y).

Presiden Direktur Hana Bank Jong Jin Park mengatakan, pencapaian ini merupakan usaha bersama dalam menjaga pertumbuhan dan profitabilitas berkelanjutan melalui pertumbuhan kredit yang sehat dan manajemen risiko serta penerapan prinsip kehati-hatian yang baik. 

Dengan begitu Hana Bank dapat terus memberikan keuntungan yang lebih baik bagi para pemegang saham, tercermin pada Return on Equity (ROE) yang mencapai 4,91%. 

“Dengan raihan positif ini kami meyakini dapat mencapai target 2024 dengan baik,” kata Presiden Direktur Hana Bank Jong Jin Park.

Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, salah satu yang patut digarisbawahi adalah perbaikan dalam kualitas aset, seperti ditunjukkan dari penurunan signifikan pada rasio gross Non-Performing Loan (NPL) menjadi 0,76% pada Juni 2024 dari 0,95% pada Juni 2023. Bank senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) masing-masing sebesar 27,05% dan 139,37%.

Di samping itu, tercatat total aset sebesar Rp48,2 triliun per 30 Juni 2024, naik 6,24% dari Rp45,4 triliun tahun lalu. Total Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp25,5 triliun dengan rasio CASA sebesar 64,8%, sebagai hasil upaya Bank membangun hubungan yang lebih erat sekaligus meningkatkan pengalaman Nasabah dalam memanfaatkan layanan digital Hana Bank.

“Menghadapi tantangan ketidakpastian ekonomi global saat ini, kami tetap menerapkan strategi perusahaan dengan pendekatan yang berorientasi pada Nasabah sehingga kinerja yang baik ini menunjukan pertumbuhan bisnis dan pendapatan Bank tetap solid. Kami akan terus fokus dalam menyediakan solusi keuangan yang inovatif serta memberikan kemudahan akses keuangan bagi seluruh stakeholders,” tambah Mr. Park.

Kembangkan berbagai produk berbasis digital

Hana Bank terus mengembangkan berbagai produk berbasis digital. Saat ini hampir seluruh transaksi sudah dilakukan melalui kanal digital. Masih banyak pula transaksi yang dilakukan melalui layanan branchless banking seperti MyHana Mobile Banking dan Internet Banking, LINE Bank by Hana Bank, Corporate Banking System (CBS), dan Automated Teller Machine (ATM).

Layanan digital MyHana Mobile Banking menyediakan berbagai kemudahan perbankan, mulai dari penyediaan transaksi lengkap, BI-FAST dan Scan QRIS, serta memiliki fitur Hana Advisor untuk layanan investasi melalui fitur reksadana digital. 

Sedangkan Corporate Banking System (CBS) difokuskan untuk melayani Nasabah korporasi high-valued dalam melakukan berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian dan top-up. 

Selain itu, LINE Bank telah mengembangkan aplikasi bank digital Hana Bank yang memungkinkan calon Nasabah untuk membuka rekening, mengajukan pembiayaan serta berbagai transaksi melalui ponselnya. 

Lebih dari itu, Hana Bank terus berusaha memberikan layanan transaksi dengan nilai tambah bagi para Nasabah melalui kerja sama dengan mitra-mitra penyelenggara pembayaran dan berbagai merchant favorit.

“Kami memiliki komitmen untuk terus meningkatkan pengalaman dan kenyamanan Nasabah melalui berbagai inisiatif transformasi digital, meningkatkan digital channel, dan senantiasa memperkenalkan solusi inovatif,” tutup Mr Park.

Sebagai salah satu wujud komitmen Hana Bank untuk memberikan customer experience terbaik kepada para Nasabah, Hana Bank menyelenggarakan program Spend2Fly yaitu program berhadiah utama paket perjalanan wisata (trip) ke Korea Selatan, periode program dimulai pada 1 Juni sampai 31 Agustus 2024.  

Program ini diperuntukan khusus untuk Nasabah kartu debit Visa Contactless Hana Bank dan LINE Bank dalam mengoptimalkan pemakaian pembelanjaan minimal Rp2 juta/bulan untuk transaksi offline di luar negeri dan transaksi online. Pemenang akan dipilih berdasarkan pembelanjaan tertinggi setiap bulannya.

Sejumlah penghargaan untuk Hana Bank

Pada enam bulan pertama yang berakhir 30 Juni 2024, Hana Bank menerima sejumlah penghargaan termasuk:

HR Asia Awards 2024, di antaranya untuk: Best Company to Work For in Asia 2024 dan Most Caring Company 2024.

Top Digital Financial Award 2024 sebagai Indonesia 20 Popular Digital Product, E-Loan in KBMI 2 Category dari Warta Ekonomi.

13th Digital Brand Awards 2024 dari Majalah Infobank, di antaranya: Best Bank dengan Layanan Digital kategori KBMI 2 dan Best Overall Bank dengan Layanan Digital LINE Bank.

 

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
30/11/2024 20:04 WIB
Seminar dan Bazaar Womenpreneur 2024
Philippine Women's Association Indonesia bersama dengan Netralnews.com, dan didukung penuh oleh Kedutaan Besar Republik Filipina, menyelenggarakan acara Seminar dan Bazaar Womenpreneur 2024.
 
Industri
29/11/2024 09:30 WIB
Rayakan Ulang Tahun ke-10, Beautyhaul Hadirkan Beautyhaul Mart dan Awards 2024
Jangan lewatkan Beautyhaul Mart 2024 di Grand Atrium Kota Kasablanka, Jakarta! Promo hingga 90%, brand ternama, dan acara seru menanti Anda dari 27 November–1 Desember.
 
Nasional
29/11/2024 04:52 WIB
iQOO 13 Resmi Meluncur, Maksimalkan Performa dan Produktivitas untuk Pengalaman Mobile Superior Tanpa Batas!
iQOO 13 menghadirkan kecepatan, stabilitas, imaging canggih, dan pendinginan optimal berkat Supercomputing Chip Q2, dirancang untuk pengguna yang mendambakan performa terbaik.
 
Nasional
28/11/2024 19:40 WIB
Bank bjb Raih Penghargaan 2 Penghargaan Dalam Bidang ESG dan GCG
Dalam beberapa tahun terakhir, bank bjb telah berkontribusi dalam berbagai hal terkait ESG. Penerapan ESG di bank bjb tidak hanya sekadar memenuhi regulasi, tetapi juga menjadi pendorong utama akselerasi bisnis.
 
Nasional
28/11/2024 17:37 WIB
Gelar Acer Edu Summit 2024: Acer Indonesia Dorong Transformasi Teknologi Pendidikan Berbasis Human Intelligence
Acer Indonesia hari ini (26/11) kembali menyelenggarakan Acer Edu Summit 2024, acara tahunan berupa seminar sehari yang dibawakan oleh para pakar dan praktisi pendidikan, ditujukan kepada para guru, kepala sekolah, insan pendidik, pemangku kebijakan dan pemerhati dunia pendidikan…
 
Nasional
27/11/2024 13:54 WIB
Bank bjb Raih Digital Banking Award 2024 dari Investortrust Berkat Terobosan Inovasi Digital Produk Perbankan
Penilaian penghargaan dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari para pakar digital banking dan pengamat industri keuangan. Penilaian mengacu pada indikator utama yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti tata kelola teknologi informasi, manajemen risiko TI, perlindungan…
 
Nasional
26/11/2024 20:02 WIB
Facebook Denny J.A’s World Siarkan Quick Count LIVE 7 Provinsi Terbesar
Quick Count LSI Denny JA juga sudah hadir sejak pilkada pertama di Indonesia tahun 2005. Bahkan lembaga ini menerima rekor MURI sebagai pembuat Quick Count dengan selisih terendah dibanding hasil KPU: 0.00%.
Telkomsel