Endang Muchtar
Kamis, 01 Agustus 2024 - 13:25 WIB

Hana Bank Catat Laba Bersih Rp260 Miliar, Total Aset Naik Sebesar Rp48,2 triliun

Karyawan melayani nasabah di gerai Hana Bank, di Jakarta, Kamis (1/8/2024). (Foto/dok. Hana Bank/ECONOMICZONE
Karyawan melayani nasabah di gerai Hana Bank, di Jakarta, Kamis (1/8/2024). (Foto/dok. Hana Bank/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank) hari ini, Kamis (1/8/2024), mengumumkan laporan keuangan semester pertama yang berakhir 30 Juni 2024 (1H24), dengan perolehan laba bersih (unaudited) sebesar Rp259,52 miliar. Terjadi kenaikan sebesar 13,93% year-on-year (Y-o-Y).

Presiden Direktur Hana Bank Jong Jin Park mengatakan, pencapaian ini merupakan usaha bersama dalam menjaga pertumbuhan dan profitabilitas berkelanjutan melalui pertumbuhan kredit yang sehat dan manajemen risiko serta penerapan prinsip kehati-hatian yang baik. 

Dengan begitu Hana Bank dapat terus memberikan keuntungan yang lebih baik bagi para pemegang saham, tercermin pada Return on Equity (ROE) yang mencapai 4,91%. 

“Dengan raihan positif ini kami meyakini dapat mencapai target 2024 dengan baik,” kata Presiden Direktur Hana Bank Jong Jin Park.

Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, salah satu yang patut digarisbawahi adalah perbaikan dalam kualitas aset, seperti ditunjukkan dari penurunan signifikan pada rasio gross Non-Performing Loan (NPL) menjadi 0,76% pada Juni 2024 dari 0,95% pada Juni 2023. Bank senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) masing-masing sebesar 27,05% dan 139,37%.

Di samping itu, tercatat total aset sebesar Rp48,2 triliun per 30 Juni 2024, naik 6,24% dari Rp45,4 triliun tahun lalu. Total Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp25,5 triliun dengan rasio CASA sebesar 64,8%, sebagai hasil upaya Bank membangun hubungan yang lebih erat sekaligus meningkatkan pengalaman Nasabah dalam memanfaatkan layanan digital Hana Bank.

“Menghadapi tantangan ketidakpastian ekonomi global saat ini, kami tetap menerapkan strategi perusahaan dengan pendekatan yang berorientasi pada Nasabah sehingga kinerja yang baik ini menunjukan pertumbuhan bisnis dan pendapatan Bank tetap solid. Kami akan terus fokus dalam menyediakan solusi keuangan yang inovatif serta memberikan kemudahan akses keuangan bagi seluruh stakeholders,” tambah Mr. Park.

Kembangkan berbagai produk berbasis digital

Hana Bank terus mengembangkan berbagai produk berbasis digital. Saat ini hampir seluruh transaksi sudah dilakukan melalui kanal digital. Masih banyak pula transaksi yang dilakukan melalui layanan branchless banking seperti MyHana Mobile Banking dan Internet Banking, LINE Bank by Hana Bank, Corporate Banking System (CBS), dan Automated Teller Machine (ATM).

Layanan digital MyHana Mobile Banking menyediakan berbagai kemudahan perbankan, mulai dari penyediaan transaksi lengkap, BI-FAST dan Scan QRIS, serta memiliki fitur Hana Advisor untuk layanan investasi melalui fitur reksadana digital. 

Sedangkan Corporate Banking System (CBS) difokuskan untuk melayani Nasabah korporasi high-valued dalam melakukan berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian dan top-up. 

Selain itu, LINE Bank telah mengembangkan aplikasi bank digital Hana Bank yang memungkinkan calon Nasabah untuk membuka rekening, mengajukan pembiayaan serta berbagai transaksi melalui ponselnya. 

Lebih dari itu, Hana Bank terus berusaha memberikan layanan transaksi dengan nilai tambah bagi para Nasabah melalui kerja sama dengan mitra-mitra penyelenggara pembayaran dan berbagai merchant favorit.

“Kami memiliki komitmen untuk terus meningkatkan pengalaman dan kenyamanan Nasabah melalui berbagai inisiatif transformasi digital, meningkatkan digital channel, dan senantiasa memperkenalkan solusi inovatif,” tutup Mr Park.

Sebagai salah satu wujud komitmen Hana Bank untuk memberikan customer experience terbaik kepada para Nasabah, Hana Bank menyelenggarakan program Spend2Fly yaitu program berhadiah utama paket perjalanan wisata (trip) ke Korea Selatan, periode program dimulai pada 1 Juni sampai 31 Agustus 2024.  

Program ini diperuntukan khusus untuk Nasabah kartu debit Visa Contactless Hana Bank dan LINE Bank dalam mengoptimalkan pemakaian pembelanjaan minimal Rp2 juta/bulan untuk transaksi offline di luar negeri dan transaksi online. Pemenang akan dipilih berdasarkan pembelanjaan tertinggi setiap bulannya.

Sejumlah penghargaan untuk Hana Bank

Pada enam bulan pertama yang berakhir 30 Juni 2024, Hana Bank menerima sejumlah penghargaan termasuk:

HR Asia Awards 2024, di antaranya untuk: Best Company to Work For in Asia 2024 dan Most Caring Company 2024.

Top Digital Financial Award 2024 sebagai Indonesia 20 Popular Digital Product, E-Loan in KBMI 2 Category dari Warta Ekonomi.

13th Digital Brand Awards 2024 dari Majalah Infobank, di antaranya: Best Bank dengan Layanan Digital kategori KBMI 2 dan Best Overall Bank dengan Layanan Digital LINE Bank.

 

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
8 jam yang lalu
Telkom Dukung Entrepreneur Hub dan Bertekad Jadikan Transformasi Digital sebagai Katalisator Pertumbuhan Bisnis
Telkom Indonesia terus menunjukkan komitmennya dalam melakukan akselerasi pembangunan masyarakat digital untuk peningkatan ekonomi digitalisasi dan pemberdayaan UMKM di Indonesia, salah satunya dituangkan dalam Entrepreneur Hub 2025
 
Nasional
9 jam yang lalu
Telkom Solution Hadirkan Solusi Digital Inovatif untuk Segmen Market Enterprise Business di Indonesia
Telkom Solution menghadirkan tiga solusi unggulan, Connectivity+, Cyber Security dan Artificial Intelligence untuk market B2B
 
Nasional
19/03/2025 22:47 WIB
BenQ Board RE04FVD: Interactive Flat Panel Canggih dengan Skor TKDN Tertinggi di Kelasnya
BenQ melalui PT Datascrip sebagai distributor resmi produknya di Indonesia menghadirkan BenQ Board RE04FVD, sebuah Interactive Flat Panel (IFP) terbaru yang dirancang untuk mendukung kemajuan dunia pendidikan dan bisnis agar lebih interaktif, efisien, dan selaras dengan perkembangan…
 
Nasional
19/03/2025 22:43 WIB
BSI Perkenalkan BEWIZE, Platform Terpadu Solusi untuk Nasabah Wholesale
PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) terus melanjutkan komitmennya dalam melakukan transformasi digital dengan memperkuat layanan digital dan meningkatkan inklusi keuangan syariah di segmen wholesale, melalui BEWIZE by BSI.
 
Nasional
19/03/2025 21:12 WIB
IFG Life Berbagi Kebahagiaan Ramadan dengan Anak Panti Asuhan: Belanja Baju Lebaran & Buka Puasa Bersama
PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life), anggota BUMN holding asuransi, penjaminan, dan investasi, mengadakan program donasi untuk anak-anak dari Panti Asuhan Harapan Remaja, Rawamangun.
 
Nasional
18/03/2025 06:56 WIB
Universitas Logistik dan Bisnis Internasional Perkuat Daya Saing Global
(ULBI Bandung perkuat daya saing dengan Transformasi Akademik dan Kolaborasi Internasional)
 
Bisnis
16/03/2025 13:47 WIB
BNI Luncurkan Wholesale Innovation Hub, Percepat Transformasi Digital Perbankan
BNI resmikan Wholesale Innovation Hub di RDTX Square, mendukung inovasi digital & layanan perbankan bagi nasabah korporasi.
Telkomsel