Hendra Wiradi
Sabtu, 04 Mei 2024 - 08:21 WIB

TGUK-AICE Investasi Bersama Perkuat Posisi Pasar di Indonesia

Foto/HendraWiradi/ECONOMICZONE
Foto/HendraWiradi/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - JAKARTA, 3 Mei 2023 – Perusahaan minuman kekinian PT Platinum Wahab Nusantara Tbk (TGUK) dan produsen es krim ternama di Indonesia, Aice, sepakat untuk melakukan investasi bersama (joint investment) guna memperluas pasar di Indonesia.  

Kesepakatan ini tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Direktur Utama Platinum Wahab Nusantara Maulana Hakim dan Head of Business Development Aice Jackson Wu pada Jumat, 3 Mei 2024. Pendandatanganan MoU tersebut merupakan tindak lanjut kerja sama strategis yang terjalin antara kedua belah pihak sejak September 2023. 

Dalam MoU disebutkan, Aice sepakat untuk ikut berinvestasi dalam pengembangan 'Mobile Esgrim' (Mogrim) dan 'Esgrim Island' yang sudah mulai digarap oleh TGUK sejak akhir 2023 lalu. Melalui Mogrim, TGUK menjual produk berbasis es krim menggunakan tricycle modern (hawker). 

Sedangkan 'Esgrim Island' adalah inovasi penjualan yang dilakukan TGUK melalui gerai mini yang hadir dengan memanfaatkan ruang publik, seperti area perkantoran, sekolah, kawasan wisata, dan sarana transporotasi. Kedua konsep ini diusung sebagai upaya memperluas pasar penjualan dengan  mendekatkan diri kepada pelanggan. 

Maulana mengatakan, pihaknya dan Aice memiliki kesamaan visi dan misi dalam pengembangan bisnis, terutama yang berkaitan dengan produk berbasis es krim. "Strategi kami (TGUK) dalam memperluas channel distribusi untuk menjangkau pelanggan yang lebih masif, ternyata sejalan dengan rencana AICE dalam mengembangkan penetrasi pasar di Indonesia," ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Jackson Wu mengungkapkan bahwa inovasi ‘Mogrim’ dan Esgrim Island merupakan strategi penjualan yang sangat baik dan memiliki prospek cerah di masa mendatang. 

"Hal ini sesuai dengan misi Aice agar semakin banyak konsumen yang dapat merasakan kebahagiaan melalui es krim," tuturnya. 

Di tahun 2024, jumlah Mogrim ditargetkan bisa mencapai 1.000 unit dan jumlah gerai Esgrim Island bisa menyentuh angka 300 outlet. Hingga saat ini, jumlah Mogrim yang beroperasi sekitar 124 unit, sedangkan gerai Esgrim Island sudah ada 30 outlet yang tersebar di area Jabodetabek. Maulana memperkirakan, target 1.000 Mogrim dan 300 Esgrim Island sudah bisa tercapai di kuartal III 2024. 

Jumlah tersebut diproyeksikan akan terus bertambah. Dalam kurun waktu 4-5 tahun ke depan, jumlah Mogrim ditargetkan bisa mencapai 10.000 unit dan gerai Esgrim Island bisa bertambah 300 outlet setiap tahunnya. 

Kerja sama strategis ini dipercaya mampu mendongkrak kinerja penjualan, baik bagi TGUK maupun Aice. Khusus TGUK, Maulana memperkirakan, kontribusi penjualan produk berbasis es krim perseroan bisa mencapai 30-40% di pengujung 2024. Hingga kini, kontribusinya sekitar 20% terhadap total penjualan TGUK. 

Penjualan produk berbasis es krim tersebut juga diproyeksikan akan membuat penjualan TGUK naik signifikan tahun ini. “Penjualan tahun 2024 diperkirakan bisa tumbuh dua digit dan laba kami bisa kembali seperti tahun 2022,” pungkasnya. 

 



 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
3 jam yang lalu
BNI Gelar Shopping Race Tahap 3 di 13 Kota Besar, Dorong Literasi dan Transaksi Digital
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menghadirkan pengalaman belanja unik dan edukatif melalui BNI Shopping Race 2025
 
Nasional
23 jam yang lalu
42 Inovator Ramaikan Bumi Berseru Fest 2025
Pada rangkaian kegiatan Bumi Berseru Fest 2025 diumumkan 42 tim terbaik dari kategori Aksi untuk Bumi, Inovasi Eco Produk, serta Teknologi Hijau & Inovasi Berkelanjutan yang berhasil lolos ke tahap pendanaan pertama.
 
Nasional
14/11/2025 16:06 WIB
BNI Raih Dua Penghargaan di ICXA 2025 Berkat Inovasi Digital dan Transformasi Layanan
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali mencatat prestasi di kancah internasional melalui ajang International Customer Experience Awards (ICXA) 2025. Bank berlogo 46 ini berhasil membawa pulang dua penghargaan bergengsi, yaitu Gold Award – Best Learning & Development…
 
Nasional
14/11/2025 11:37 WIB
BNI Raih Penghargaan Women in SDG’s Action 2025, Komitmen Kuat dalam Pengentasan Kemiskinan
Direktur Consumer Banking BNI Corina Leyla Karnalies meraih penghargaan Women in SDG’s Action 2025 untuk kategori SDG’s No Poverty (Tanpa Kemiskinan), berkat kontribusinya dalam memperluas akses keuangan digital dan memberdayakan masyarakat berpenghasilan rendah.
 
Nasional
14/11/2025 08:02 WIB
BNI Dukung Kebangkitan Ekosistem Kreatif Lewat ICCF 2025 di Malang Raya
Dukungan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terhadap penguatan ekonomi kreatif nasional terus berlanjut, salah satunya melalui partisipasi dalam Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2025
 
Nasional
13/11/2025 20:55 WIB
Denny JA Foundation Umumkan Empat Penerima Penghargaan Sastra 2025
Di tengah era digital dan percepatan teknologi, penghargaan ini menjadi penegasan bahwa karya yang memiliki kedalaman estetik, kekuatan moral, dan empati kemanusiaan tetap menjadi fondasi kehidupan intelektual bangsa.
 
Nasional
13/11/2025 20:04 WIB
Perkuat Komitmen Anti Penyuapan dan Keamanan Data, Telkom Akses Kantongi Dua Sertifikasi Internasional
Telkom Akses raih dua sertifikasi bergengsi sekaligus, yakni ISO 27001:2022 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) dan ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).
Telkomsel