ECONOMIC ZONE - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Program Literasi Digital Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) luncurkan kampanye #MakinHepii. Kampanye tersebut bertujuan agar dalam menggunakan teknologi digital, masyarakat dapat semakin bahagia, menemukan inspirasi positif, hiburan dan manfaat positif dari teknologi digital serta terhindar dari terpaan konten negatif berupa judi online dan pornografi.
Tahun 2024 merupakan tahun kelima dari penyelenggaraan Program Literasi Digital IMCD sejak program bergulir pada tahun 2020. Literasi Digital IMCD telah terselenggara secara masif di 38 provinsi dan 514 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan capaian peserta yang mendapatkan literasi di bidang digital sebanyak lebih dari 30 juta orang.
“Penyelenggaraan tahun ke-5 dari Program Literasi Digital IMCD mengambil tema kampanye #MakinHepii. Maknanya bahwa dalam menggunakan teknologi digital, seluruh masyarakat dapat semakin hepi, menemukan inspirasi positif, hiburan dan manfaat positif dari teknologi digital serta terhindar dari terpaan konten negatif berupa judi online, pornografi dan lain sebagainya,” ucap Direktur Pemberdayaan Informatika, Slamet Santoso, saat Peluncuran Kampanye #MakinHepii di Jakarta, Jumat (26/04/2024).
Beberapa bulan ini, lanjut Slamet, masyarakat Indonesia telah menyelesaikan Pemilihan Umum dan telah ditetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk tahun 2025-2029. Ia berharap dengan kampanye #MakinHepii diharapkan konflik, pertentangan, dan perdebatan yang terjadi dapat diakhiri, sehingga seluruh masyarakat dapat kembali menjalankan kehidupan sehari-hari dengan semangat baru dan optimis.
Pada kesempatan tersebut, Direktur Pemberdayaan Informatika juga meminta agar kampanye #MakinHepii dapat seluas-luasnya disampaikan kepada masyarakat.
“Untuk mendukung kampanye #MakinHepii, masyarakat juga dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan pemahaman penggunaan teknologi digital dengan mengikuti Program Literasi Digital IMCD melalui website event.literasidigital.id. Ada banyak tema dan topik yang diselenggarakan di 514 Kabupaten/Kota di Indonesia secara gratis,” ajak Slamet.
Sementara itu Aurelie Moeremans aktris yang menjadi talent kampanye #MakinHepii mengatakan bangga mendapat kepercayaan untuk terlibat dalam kampanye tersebut.
“Hal ini semakin membuat saya semangat untuk membuat konten yang mengedukasi, menginspirasi, dan berdampak baik bagi publik. Karena saya semakin sadar bahwa apa yang saya unggah di media sosial bisa mempengaruhi mereka yang melihatnya,” ucap Aurelie.
Hal senada juga turut diungkapkan oleh Jui Purwoto, seniman multitalenta yang dipercaya menjadi produser musik untuk kampanye #MakinHepii. Jui mendorong publik agar menggunakan internet secara positif dan terus mengusung nilai budaya nasional.
“Internet dapat dimanfaatkan untuk banyak hal bermanfaat, misalnya bagi saya bisa mengasah kreativitas. Jadi saya senang dapat berkontribusi dalam kampanye ini melalui musik dan komedi. Harapannya publik bisa teredukasi dengan cara yang menghibur dan cocok dengan budaya netizen +62,” pungkas Jui.
Komentar