RM
Rabu, 24 Januari 2024 - 17:22 WIB

Merayakan Ulang Tahun ke-9, Bank Mandiri Taspen Menggelar Operasi Katarak Bersama Allianz 

Foto/Dok-BankMandiriTaspen/ECONOMICZONE
Foto/Dok-BankMandiriTaspen/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Sebagai bentuk komitmen yang berkelanjutan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya, Bank Mandiri Taspen mempersembahkan inisiatif kemanusiaan dalam rangka merayakan ulang tahun ke-9. Dengan semangat penuh dedikasi, bank ini mengadakan operasi katarak untuk nasabah dan keluarga nasabah di Jakarta.
Tahapan operasi katarak yang dimulai pada Rabu (24/1) di Graha Mantap, Jakarta Pusat ini tidak hanya sekadar acara perayaan ulang tahun, namun juga wujud nyata tanggung jawab sosial perusahaan yang memahami bahwa kesehatan mata adalah salah satu aspek terpenting dalam kehidupan para pensiunan. Melalui kegiatan ini, Bank Mandiri Taspen berupaya memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, khususnya nasabah dan keluarganya.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Bank Mandiri Taspen, Elmamber Sinaga mengungkapkan, operasi katarak ini sebagai wujud kepedulian dan syukur Bank Mandiri Taspen. “Saat ini tahapan operasi katarak gratis diadakan di dua kota, di Jakarta dan sekitarnya serta Surabaya dengan masing-masing diikuti 100 nasabah.”
Ia mengatakan, program itu rencananya tak hanya digelar di dua kota, tapi juga kota lainnya. Untuk mendukung terlaksananya acara ini, Bank Mandiri Taspen bekerja sama dengan PT Asuransi Allianz Life Indonesia, dan Perhimpunan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI).  “Kita siap bekerja sama untuk mengadakannya di kota lain seperti Medan, Makassar, dan Semarang.”
Kegiatan ini, ungkap Elmamber, merupakan wujud dari tiga pilar program Bank Mandiri Taspen. “Ada Mantap Melihat lewat program operasi katarak gratis, kemudian Mantap Aktif di mana kami memfasilitasi nasabah untuk lebih aktif berkumpul, dengan mendukung berbagai acara seperti pengajian, senam, dan seterusnya. Lalu Mantap Sejahtera bagi bapak dan ibu perlu support agar tetap produktif di masa pensiun,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Head of Digital, Credit Life & Emerging Consumers PT Allianz Indonesia, Danis Samagan mengatakan, sebuah kehormatan besar Allianz bisa berkolaborasi dengan Bank Mandiri Taspen. “Allianz memiliki visi untuk melindungi lebih banyak orang Indonesia. Kami sungguh tergerak dengan inisiatif rekan-rekan Bank Mandiri Taspen. Sebuah kebanggaan besar bisa bekerja sama dengan Bank Mandiri Taspen selama dua tahun lebih,” ujarnya. 

Adapun kerja sama yang dilakukan Bank Mandiri Taspen dan Allianz Indonesia adalah melaksanakan kegiatan screening katarak untuk para nasabah terdaftar. Proses screening ini dilakukan sebagai tahap awal dalam program operasi katarak, memastikan bahwa nasabah yang terpilih nantinya dapat melanjutkan ke tahap tindakan operasi pada 4 Februari mendatang. 
Selanjutnya dr Rio Rhendy, Sp.M (K) dari PERDAMI mengatakan gangguan katarak adalah gangguan degeneratif. “Mirip dengan uban, katarak dapat dialami semua orang seiring dengan pertambahan usia. Meskipun munculnya berbeda pada setiap orang, biasanya katarak muncul di usia 56 tahun saat pensiun,” ujarnya.

Ternyata, katarak bisa berdampak sosial dan ekonomi pada keluarga penderita. Penderita katarak harus ditemani anggota keluarga untuk membantu aktivitas dan kesehariannya. “Ibunya sakit katarak, otomatis anaknya harus menemani, takut ibunya terjatuh dan lainnya,” ujarnya. Akibatnya, produktivitas dan aktivitas anggota keluarga itu mengalami penurunan. “Ekonomi keluarga pun ikut berkurang,” ungkapnya. 

Dengan program operasi katarak gratis dari Bank Mandiri Taspen akan mengurangi dampak sosial dan ekonominya. “Kalau kita bisa operasi 100 mata dan terus berlanjut, minimal akan ada 100 keluarga yang meningkat ekonominya,” sambungnya. 

Di kota Surabaya, screening katarak dilaksanakan di kantor Bank Mandiri Taspen Kantor Cabang Surabaya. Operasi katarak diperuntukkan tidak hanya bagi nasabah, melainkan juga keluarga nasabah dari berbagai wilayah di Jawa Timur. 

Hartoto, salah satu peserta yang datang dari Kota Madiun bersyukur dengan adanya program operasi katarak yang digelar oleh Bank Mandiri Taspen. Mengingat, jika operasi dilakukan mandiri maka biayanya sangat mahal dan tidak terjangkau bagi para pensiunan.

Purnawirawan TNI AD ini pun berharap kegaiatan serupa digelar rutin oleh Bank Mandiri Taspen dan Allianz Indonesia.
"Mudah-mudahan diadakan tiap tahun rutin. Karena kasihan bapak-bapak kita yang sepuh-sepuh yang penglihatannya kurang. Jadi ya harapan saya semoga tiap tahun ada. Maklumlah pensiunan kan terbatas," ucapnya. 

Program operasi katarak gratis ini bisa menjadi simbol kesatuan dan semangat untuk membangun masa depan yang lebih baik bersama-sama. Bank Mandiri Taspen mengajak semua pihak, termasuk media, untuk bersama-sama menyuarakan pesan kepedulian dan kebaikan dalam sebuah perayaan ulang tahun yang berbeda dan bermakna.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
19/02/2024 21:00 WIB
Program Literasi Digital Berkomitmen Meningkatkan Kecakapan Digital Masyarakat di 2024
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menyelenggarakan Kick-Off Program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2024 sebagai wujud komitmen untuk terus meningkatkan literasi digital masyarakat dalam rangka membangun kualitas talenta digital. 
 
Nasional
19/02/2024 20:30 WIB
Menangkan Capres Lima Kali Beruntun, Denny JA Terima The Legend Award
“Ada gagasan yang jauh lebih besar. Yaitu datangnya politik baru ke Indonesia. Politik 2.0. Itu gabungan dari politik demokrasi yang dikawinkan dengan ilmu pengetahuan.” Demikian dikatakan Denny JA, ketika ia menerima The Legend Award dari LEPRID, atas prestasinya berhasil ikut…
 
Nasional
19/02/2024 08:34 WIB
Laba Bersih Q4 2023 Bank DKI Tembus Rp1 Triliun
Bank DKI berhasil mencatatkan kinerja keuangan periode Q4 2023 (audited) yang baik dengan membukukan laba bersih sebesar Rp1,02 triliun, dan merupakan pencapaian laba bersih tertinggi sejak Bank DKI berdiri tahun 1961.
 
Nasional
16/02/2024 09:20 WIB
Literasi Digital Menuju Harmoni Pemilu Damai
Pemilu yang damai adalah cermin dari kedewasaan politik sebuah bangsa, peran pemilih sebagai penentu akhir dalam proses demokrasi juga tidak boleh diabaikan.
 
Nasional
07/02/2024 19:00 WIB
BRI Finance Beri Kemudahan Pembiayaan Kendaraan Listrik untuk Dorong Transisi Energi Ramah Lingkungan di Indonesia
PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) senantiasa memberikan kemudahan akses pembiayaan untuk kendaraan listrik di Indonesia. Komitmen ini dijalankan guna mendukung inisiatif pemerintah untuk mempercepat adopsi kendaraan beremisi rendah yang dicanangkan sejak tahun 2023. Oleh…
 
Nasional
07/02/2024 16:52 WIB
Subaru Dukung Motorsport Indonesia Melalui Indonesia Drift Series
Subaru Indonesia membuktikan DNA Motorsport dengan berpartisipasi pada ajang Indonesia Drift Series 2024. Subaru Indonesia menjadi salah satu sponsor utama seri kejuaran Indonesia Drift Series yang akan berlangsung di empat kota dan mempertandingkan kelas PRO, PRO2, Women Drift Challenge,…
 
Nasional
07/02/2024 13:01 WIB
Pentingnya Literasi Digital dalam Wujudkan Pemilu Damai
Kemenkominfo RI bersama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan dan Google Indonesia menyelenggarakan kegiatan literasi digital untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran literasi digital dalam menangkal segala konten negatif untuk mewujudkan pemilu…
Telkomsel