Dok Indoplas
Rabu, 22 November 2023 - 06:02 WIB

Sidang Kasus Perusahaan PT. Electronic Technology Indoplas Hadirkan 4 Saksi

Dok Indoplas
Dok Indoplas
Dummy

ECONOMIC ZONE - Sidang kasus dugaan penggelapan uang perusahaan dengan terdakwa warga negara Korea Selatan, Lee Soo Hyun kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Banten. Selasa, 21 November 2023.

Lee Soo Hyun merupakan Komisaris PT. Electronic Technology Indoplas sebuah perusahaan yang bergerak di bidang percetakan, dijerat kasus dugaan penggelapan uang perusahaan sebesar Rp. 26 milyar. 

Sidang yang dipimpin oleh hakim R. Aji Suryo ini beragendakan mendengarkan keterangan saksi a de charge atau meringankan yang dihadirkan tim Penasihat Hukum Lee Soo Hyun. 

Seusai sidang Anas Najamuddin selaku Penasihat Hukum terdakwa mengatakan” Sidang ke-11 ini agendanya adalah pemeriksaan saksi a de charge atau saksi yang meringankan. Yang kami hadirkan di sini adalah saksi-saksi yang memang berhubungan dengan PT. Electronic Technology Indoplas dalam hal ini saudara Lee” 

Keempat orang saksi yang hadir dalam sidang kali ini adalah staf accounting PT. Electronic Technology Indoplas Esih Sukaesih, pemilik UD Gudang Helm Herry Goly, pemasok bahan baku Kurniadi dan pemilik Empat Saudara Terpadu Andi Johan. 

Menurut Anas keterangan saksi tadi yang terungkap dan menurut timnya penting adalah kedua orang saksi yaitu Andi Johan dan Herry Goly menyatakan tidak pernah melakukan pembayaran secara cash atau tunai. 

“Padahal di BAP itu dilampirkan bahwa mereka ini dicatat membayar secara tunai dan di persidangan ini menjadi fakta persidangan yang sah bahwa mereka menolak maka secara tidak langsung itu menggambarkan bahwa bukti yang disampaikan itu mengandung cacat hukum” Anas menjelaskan “Menurut kami seperti itu karena mereka menolaknya” tambah Anas 

Lebih lanjut Anas meminta majelis hakim agar cermat dan bijak menilai fakta persidangan bahwa apabila bukti ini ditolak oleh yang bersangkutan langsung maka bukti sebagai bukti yang cacat hukum. 

Sementara penasihat hukum Alfons Atu Kota menjelaskan terkait dengan bukti-bukti di persidangan saksi Esih Sukaesih mengatakan bahwa untuk invoice itu dalam satu bulan hanya ada 1 invoice. 

Tapi ternyata di bukti-bukti yang diberikan oleh polisi maupun jaksa dalam BAP itu ternyata di dalam tabel itu ada beberapa invoice yang dibuat untuk 1 bulan. 

“Satu bulan bisa 2 atau 3 invoice. Padahal saksi-saksi yang hari ini maupun saksi-saksi sebelumnya itu mengatakan invoice itu dalam sebulan hanya dibuat sekali saja” jelas Alfons 

Alfons menerangkan terkait uang yang ditransfer oleh para pelanggan ini tidak ada uang lebih untuk invoice. 

“Tapi yang terjadi dalam data yang dihadirkan oleh Jaksa dalam BAP nya itu data-data amburadul semuanya” ujarnya. 

Lebih lanjut Alfons menerangkan bahwa saksi Esih mengatakan untuk rekening PPN itu dari awal Direktur PT. Electronic Technology Indoplas Shim Hyun Bo sudah tahu. Karena dari awal dia selalu membuat laporan dan memberitahu Shim Hyun Bo dan Lee Soo Hyun. 

“Dari awal (Shim Hyun Bo) sudah tahu itu. Itu ditegaskan berulang-ulang” jelas Alfons 

Sidang kasus ini akan dilanjutkan pada hari Rabu ini menghadirkan saksi dan ahli yang didatangkan oleh Jaksa Penuntut Umum dan tim Penasihat Hukum. 

TAGS
  1. Indoplas
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
19 menit yang lalu
CIMB Niaga Menutup Tahun 2023 dengan Perolehan Kinerja Tertinggi
PT Bank CIMB Niaga Tbk ("CIMB Niaga" atau "Bank"; IDX: BNGA) hari ini melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (audited) sebesar Rp8,4 triliun pada tahun 2023 ("FY2023"), naik sebesar 27,0% year-on-year (“Y-o-Y”), dan menghasilkan earnings per share Rp259,45.
 
Nasional
19 jam yang lalu
Konsisten Torehkan Pencapaian Gemilang Bank DKI Raih 2 Penghargaan dari The Iconomics
PT Bank DKI berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, sebagai Indonesia’s 20 Top Digital Financial Brands Awards 2024 dan Top Sharia Business Unit in Regional Bank Category dari media The Iconomics.
 
Nasional
19 jam yang lalu
Bank DKI Hadirkan Kemudahan Akses Pinjaman Biaya Pendidikan Bagi Mahasiswa Gunadarma
Bank DKI hadirkan Student Loan yang merupakan program pinjaman khusus guna membantu mahasiswa dalam pembiayaan uang kuliah, yang ditandai dengan seremonial penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Bank DKI dengan Universitas Gunadarma, oleh Direktur Ritel & Syariah Bank DKI Henky…
 
Nasional
19/02/2024 21:00 WIB
Program Literasi Digital Berkomitmen Meningkatkan Kecakapan Digital Masyarakat di 2024
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menyelenggarakan Kick-Off Program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2024 sebagai wujud komitmen untuk terus meningkatkan literasi digital masyarakat dalam rangka membangun kualitas talenta digital. 
 
Nasional
19/02/2024 08:34 WIB
Laba Bersih Q4 2023 Bank DKI Tembus Rp1 Triliun
Bank DKI berhasil mencatatkan kinerja keuangan periode Q4 2023 (audited) yang baik dengan membukukan laba bersih sebesar Rp1,02 triliun, dan merupakan pencapaian laba bersih tertinggi sejak Bank DKI berdiri tahun 1961.
 
Nasional
16/02/2024 09:20 WIB
Literasi Digital Menuju Harmoni Pemilu Damai
Pemilu yang damai adalah cermin dari kedewasaan politik sebuah bangsa, peran pemilih sebagai penentu akhir dalam proses demokrasi juga tidak boleh diabaikan.
 
Nasional
07/02/2024 19:00 WIB
BRI Finance Beri Kemudahan Pembiayaan Kendaraan Listrik untuk Dorong Transisi Energi Ramah Lingkungan di Indonesia
PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) senantiasa memberikan kemudahan akses pembiayaan untuk kendaraan listrik di Indonesia. Komitmen ini dijalankan guna mendukung inisiatif pemerintah untuk mempercepat adopsi kendaraan beremisi rendah yang dicanangkan sejak tahun 2023. Oleh…
Telkomsel