Fery Pardolo
Jumat, 11 Agustus 2023 - 14:10 WIB

Gelaran Tahun Ketiga, Lebih dari 1.000 Pelaku Industri Kreatif Ramaikan BCA UMKM Fest 2023

Foto/FerYPradolo/ECONOMICZONE
Foto/FerYPradolo/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar BCA UMKM Fest 2023 sebagai bentuk komitmen untuk mendorong potensi ekonomi dari sektor UMKM. Tahun ini merupakan penyelenggaraan kali ketiga dengan tajuk "Jadi #ANDALANLOKAL". BCA UMKM Fest 2023 akan diselenggarakan secara hybrid. Kegiatan offline akan dilaksanakan di Gandaria City, Jakarta pada 9-13 Agustus 2023. Sedangkan gelaran online akan dibuka ke publik pada 12 Agustus hingga 12 September 2023 mendatang, yang bisa diakses melalui umkmfest.bca.co.i d   bekerja sama dengan Blibli dan Grab.

Hadir dalam seremoni pembukaan, Staf Ahli Kementerian Koperasi dan UMKM Fiki Satari, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Wakil Presiden Direktur BCA Armand Hartono, Wakil Presiden Direktur BCA Hendra Lembong, Direktur BCA Santoso, Direktur BCA John Kosasih, Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono, beserta segenap manajemen BCA pada Rabu (9/8) di Main Atrium, Gandaria City, Jakarta.

Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA mengatakan, “Sebagai institusi perbankan yang senantiasa di sisi nasabah, BCA berkomitmen untuk mendukung UMKM Indonesia untuk tumbuh dan berkembang. Melalui BCA UMKM Fest 2023, kami menyediakan ruang berkarya bagi pegiat UMKM. Dorongan BCA bagi UMKM merupakan wujud komitmen kami melaksanakan Sustainable Development Goals (SDGs) dengan membantu segala kebutuhan pelaku UMKM dari aspek transaksi penjualan, operasional perusahaan, ataupun pembiayaan UMKM melalui Kredit Multiguna Usaha (KMU) edisi UMKM Fest dengan suku bunga efektif mulai dari 3,12% p.a. berlaku hingga 1 Oktober 2023.”

Selain memberikan tempat untuk memasarkan produk unggulan, BCA menghadirkan lebih dari 50 merchant dalam penyelenggaraan offline, dan sekitar 1.400 pelaku UMKM dan industri kreatif dari berbagai sektor, seperti makanan dan minuman, seni dan kerajinan, fesyen, kesehatan dan kecantikan, hingga travel.

BCA pun menghadirkan Desa Binaan BCA, antara lain Desa Gemah Sumilir yang menyajikan kain batik andalan, Desa Wukirsari dengan kerajinan wayang kulit, hingga menjelajah hutan digital di Desa Peramun melalui Virtual Reality (VR). Tak ketinggalan, hadir juga BCA Travel Service sebagai bentuk dukungan BCA terhadap gerakan bangga berwisata #Di-Indonesia-Aja.

"Kami mengapresiasi BCA yang sudah mendukung UMKM Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa koperasi dan UMKM merupakan sokoguru utama perekonomian di negara ini. BCA selalu menjadi pendukung utama bagi Kementerian Koperasi dan UMKM dalam mengembangkan sektor ini lebih maju lagi” ujar Staf Ahli Kementerian Koperasi dan UMKM Fiki Satari.

Angka 65,4 juta UMKM di Indonesia sama sekali bukan angka yang sedikit. Dengan kontribusi sekitar 61% dari PDB, UMKM berhasil menyerap 97% tenaga kerja di Indonesia. Fakta tersebut menempatkan UMKM di strata yang begitu penting di perekonomian negara. Hal ini sejalan dengan komitmen BCA yang terus mendukung pertumbuhan UMKM.

Segala bentuk dukungan tersebut dapat terlihat dari beberapa hal, yakni penyaluran KUR BCA dan program pengembangan UMKM bertajuk #BanggaLokal. Program ini tidak hanya membantu UMKM dalam hal promosi dan marketing, tapi juga edukasi serta akses modal kerja guna meningkatkan kualitas produk mereka. Hingga Juni 2023, BCA telah menyalurkan kredit komersial dan UMKM sebesar Rp219,2 triliun, tumbuh 10,9% YoY.

Melalui BCA UMKM Fest 2023 BCA ingin mengajak konsumen untuk merayakan perkembangan UMKM di Indonesia, dengan mendukung dan memperkuat ekonomi lokal melalui pemberdayaan UMKM. Acara ini diharapkan akan memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memperluas jaringan bisnis, mempromosikan produk dan jasa mereka, serta meningkatkan eksposur merek secara lebih luas ke publik.

Bagi masyarakat yang hadir langsung ke UMKM Fest 2023 akan berkesempatan untuk mendapatkan beragam promo, di antaranya voucher Rp100.000 untuk minimum transaksi Rp350.000 di seluruh area (kecuali travel) untuk 400 transaksi per hari, kesemuanya untuk transaksi QRIS di myBCA/BCA mobile/Sakuku, Kartu Kredit BCA, dan Debit BCA. Pengunjung juga dapat menghabiskan waktunya sambil menambah wawasannya dengan mengikuti beragam workshop yang tersedia di BCA UMKM Fest 2023.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
18 jam yang lalu
Cek Pasar Induk Cipinang, Erick: Wasit Aja Ketangkep, Apalagi Penimbun Beras
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan peninjauan operasi pasar beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur, Rabu (4/10/2023).
 
Nasional
19 jam yang lalu
Bank DKI Jadi BPD Terbaik Dalam Mendukung Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah
Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD) mengukuhkan Bank DKI sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) Terbaik Dalam Mendukung Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Tahun 2023.
 
Nasional
03/10/2023 14:15 WIB
Teknologi Wajah Verihubs, Tingkatkan Efisiensi Absensi Pada Aplikasi Staffinc Suite
Staffinc, penyedia solusi ketenagakerjaan digital, yang merupakan klien setia Verihubs, memanfaatkan layanan face recognition dan liveness detection untuk mendukung aktivitas pengelolaan absensi pada aplikasi workforce management system yang mereka miliki, Staffinc Suite.
 
Nasional
02/10/2023 20:22 WIB
Hadirkan Whoosh Experience Program, Masyarakat Dapat Gunakan Kereta Cepat Whoosh Secara Gratis, Ini Caranya 
┬áMulai 3 Oktober 2023 KCIC menghadirkan Whoosh Experience Program dimana masyarakat dapat menggunakan Kereta Cepat Whoosh secara gratis. Pemesanan tahap pertama dapat dilakukan pada 2 Oktober 2023 untuk keberangkatan mulai tanggal 3 hingga 7 Oktober dan selanjutnya akan dibuka secara…
 
Nasional
02/10/2023 20:19 WIB
Bank DKI Raih Predikat BPD Terbaik dari Kemendagri
Bank DKI dinobatkan sebagai sebagai salah satu Bank Pembangunan Daerah (BPD) Terbaik tahun 2023 oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam ajang Best BUMD Awards 2023 di Jakarta pada Jumat (29/09).
 
Nasional
01/10/2023 20:42 WIB
Ada Transjakarta, Akses Penumpang KA Cepat Whoosh Menuju Stasiun Halim Makin Mudah 
Akses calon penumpang KA Cepat Whoosh menuju Stasiun Halim Jakarta semakin mudah. Ini setelah dilakukannya uji coba rute baru Transjakarta menuju Stasiun Halim dengan rute Cawang - Jalan Mayjen Sutoyo - Jalan D.I Panjaitan - Stasiun Halim dengan jam operasional mulai pukul 06.00…
 
Nasional
01/10/2023 20:24 WIB
Bank CIMB Niaga Perayaan HUT ke-68 dengan Menggelar Turnamen CIMB Niaga Olympic
Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan menyerahkan Trofi Juara Umum CIMB Niaga Olympic 2023 kepada Chief of Network & Digital Banking CIMB Niaga Budiman Tanjung di Galaxy Sports Center Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Minggu (1/10/2023).
Telkomsel