Endang Muchtar
Jumat, 07 Oktober 2022 - 21:41 WIB

Komitmen Dukungan Pakar Pemukiman Lintas Negara Kepada IKN di Kongres EAROPH

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Surabaya, 7 Oktober 2022 - Pada acara EAROPH World Congress ke-28 yang diselenggarakan 5-8 Oktober 2022 di Surabaya, Dr. Ir. Bambang Susantono MCP, MSCE, Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) hadir sebagai pembicara utama menyampaikan presentasi perencanaan pembangunan ibu Kota Nusantara sebagai Sustainable Forest City. 

Terkait dengan pembangunan IKN yang dilakukan pasca pandemi Covid-19, perencanaan pembangunan Nusantara juga akan memasukkan model epidenomics, sehingga bisa menunjang pemulihan kota pasca pandemi ini. Pandemi global telah menurunkan pembangunan manusia dan menambah jumlah kemiskinan ekstrim, sehingga IKN diharapkan menjadi kota masa depan yang memiliki aspek digitalisasi, mampu beradaptasi dengan perubahan iklim, mempersempit ketimpangan sosial dan meningkatkan infrastruktur urbanisasi. 

“Selain membangun infrastruktur, untuk merencanakan Nusantara yang memiliki soul, liveable and loveble, pemerintah pusat mengajak berbagai pihak pemerintahan dan swasta untuk bergotong-royong dalam mengembangkan permukiman dan ekosistem IKN yang menunjang pertumbuhan ekonomi, kelestarian lingkungan dan inklusivitas sosial,” papar Bambang Susantono. 

Pada kesempatan tersebut, Dr. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., MSc. Presiden EAROPH 2022-2024 mendukung penuh pembangunan IKN. “Keanggotaan EAROPH terdiri dari pakar pemukiman lintas negara serta berbagai sektor privat, publik dan akademik. Kami berkomitmen untuk mendukung pembangunan IKN dalam mewujudkan Sustainable Forest City. Saya mengajak kepala daerah, para ahli, praktisi dan akademisi di bidang permukiman berkelanjutan yang hadir untuk ikut berbagi pengetahuan dan bertukar best practices untuk mewujudkan Nusantara sebagai forest city yang modern dan berkelanjutan.” 

Beliau juga mengajak delegasi internasional yang hadir untuk menyampaikan pemikirannya. Ar. Yolanda D. Reyes yang menjadi Presiden EAROPH periode sebelumnya menyebut IKN sebagai "Paradise in the Making" dan menyampaikan dukungannya untuk terwujudnya IKN sebagai kota hijau dan modern yang menjadi impian para praktisi permukiman dan perencanaan wilayah.

Selain itu, Dr. Lee Sang Koon, Director of Global Development Partnership Center (GDPC) dari Korea Research Institute of Human Settlements (KRIHS), yang juga sebagai delegasi dari EAROPH Korea, turut mengaitkan dengan pengalaman Korsel memindahkan ibukota pemerintahan dari Seoul ke Sejong dan menyampaikan minatnya untuk menjadi bagian dari pengembangan IKN yang dipandang sangat inspiratif. Berbagi pandangan yang sama, Datin TPr Hjh. Noraida Saludin, Presiden Malaysian Institute of Planners (Institut Perencanaan Malaysia), yang juga sebagai perencana kota profesional, turut mengaitkan dengan pengembangan ibukota negara di Putrajaya, dan meyakini IKN akan menjadi sebuah rujukan bagi para praktisi dan pakar permukiman dan perencanaan wilayah secara global.

Sebelum diangkat sebagai Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono menjabat sebagai Wakil Presiden Managemen Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan periode 2015-2022 di Asian Development Bank (ADB). Awal September 2022, beliau bersama ADB dan ADB Institute baru meluncurkan buku “Informal Services in Asian Cities: Lessons for Urban Planning and Management from the Covid-19 Pandemic.” 
 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
28/11/2022 20:47 WIB
Roadshow Sukses, BTN Semakin Percaya Diri
PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) telah merampungkan roadshow ke investor institusi di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Eropa dan Singapura.
 
Nasional
28/11/2022 19:45 WIB
Jelang Akhir Tahun, OCTO Mobile Siap Manjakan Liburan Nasabah
Per 30 September 2022 total jumlah transaksi mencapai 139 juta, tumbuh sebesar 87,2% YoY
 
Nasional
27/11/2022 21:25 WIB
XLFL National Conference 2022 Mahasiswa Ciptakan Proyek AI - IoT Berbasis 5G
XL Axiata kembali menggelar National Conference. Sebanyak 138 mahasiswa awardee yang telah menyelesaikan program XL Axiata Future Leaders (XLFL) Batch 9 selama dua tahun penuh akan diwisuda. Mereka berasal dari 52 kampus yang berada di 6 provinsi, seperti Institut Teknologi Bandung…
 
Nasional
27/11/2022 21:16 WIB
Di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global, Sektor Properti Diyakini Tetap Tumbuh Positif
Optimisme ini didasari atas fakta masih tingginya backlog perumahan di Indonesia yang mencapai 12,7 juta unit berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2021. Backlog adalah kondisi kesenjangan antara jumlah rumah terbangun dengan jumlah rumah yang dibutuhkan rakyat. 
 
Nasional
23/11/2022 06:46 WIB
CIMB Niaga Raih Tiga Penghargaan pada ABF Corporate & Investment Banking Awards 2022
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali meraih tiga penghargaan bergengsi pada ajang Asian Banking and Finance (ABF) Corporate & Investment Banking Awards 2022.
 
Nasional
19/11/2022 20:03 WIB
GOTO Merumahkan Sebanyak 1.300 Karyawan
Salah satu investor GOTO, Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) Telkomsel, menyampaikan pandangannya terkait aksi pemutusan hubungan kerja (PHK) 1.300 karyawan yang dilakukan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO).
 
Nasional
18/11/2022 18:23 WIB
YDBA Hadirkan 4 Stakeholder ke Banyumas Dalam Rangka Link and Match Bersama UMKM
Kolaborasi menjadi semangat Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dalam mengembangkan UMKM di tanah air.
Telkomsel