RM
Kamis, 23 Juni 2022 - 15:40 WIB

Hanya 60 Detik, Apa itu Fast-track’ Makkah Road?

Foto/Dok-APII/ECONOMICZONE
Foto/Dok-APII/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Lima bandara PT Angkasa Pura II yang ditetapkan sebagai embarkasi keberangkatan jemaah haji 1443 H/2022 M berjalan denga lancar. Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menjadi bandara yang paling banyak melayani keberangkatan jemaah haji.

Pada periode 4 – 21 Juni 2022 sebanyak 79 penerbangan haji dari Bandara Soekarno-Hatta sudah diberangkatkan untuk mengantar 20.475 jemaah haji ke Tanah Suci, di mana jumlah itu sudah mencapai 70 persen dari total 29.221 jemaah haji yang direncanakan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta. Jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Soekarno-Hatta terbanyak berasal dari Jawa Barat dengan 9.824 jemaah haji, kemudian Banten sebanyak 3.923 jemaah haji, lalu DKI Jakarta sebanyak 3.523 jemaah haji dan Lampung sebanyak 3.205 jemaah haji.

“Penyelenggaraan angkutan haji 2022 adalah yang pertama sejak 2 tahun terakhir, di mana pada 2020 dan 2021 Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji karena dampak dari pandemi COVID-19. Karena itu, seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta berkoordinasi erat agar penyelenggaraan angkutan haji 2022 berjalan dengan baik, termasuk mendukung inisiatif Makkah Road,” kata President Director AP II, Muhammad Awaluddin di Jakarta, Kamis (23/6/22).

Bandara Soetta adalah satu-satunya bandara di Indonesia dengan fasilitas Makkah Road yang merupakan inisiatif dari pemerintah Arab Saudi dan Indonesia untuk mempermudah proses keimigrasian jamaah haji asal Indonesia untuk masuk ke Arab Saudi. Melalui inisiatif Makkah Road yang juga disebut dengan fast-track keimigrasian Arab Saudi, jamaah haji dapat menjalani proses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta sebelum berangkat dengan pesawat menuju Tanah Suci. Hal ini mempermudah jamaah haji saat tiba di bandara Jeddah atau Madinah untuk dapat memasuki wilayah Arab Saudi.

“Di dalam mendukung inisiatif Makkah Road dapat berjalan dengan baik, AP II menyiapkan seluruh fasilitas yang dibutuhkan di Terminal 2 termasuk juga bersama stakeholder menetapkan alur keberangkatan jamaah haji mulai dari asrama haji, lalu menuju area Makkah Road, hingga naik pesawat,” tambahnya.

Fasilitas yang disiapkan AP II antara lain area Central Corridor Terminal 2 berkapasitas sekitar 900 – 1.000 orang sebagai tempat menunggu (area holding) para jamaah, sebelum menuju ruangan lain yang dilengkapi 15 kounter imigrasi Arab Saudi memproses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi melalui skema Makkah Road. Melalui 15 konter imigrasi Arab Saudi tersebut, diperkirakan setiap jamaah melakukan pre-clearance imigrasi dalam waktu 60 detik.

Di sekitar area tempat penerapan skema Makkah Road ini, AP II juga menyiapkan antara lain berbagai fasilitas umum yang dapat digunakan untuk kebutuhan jamaah haji termasuk 2 musholla sementara di area holding dan musholla di area boarding lounge. “Penerapan inisiatif Makkah Road dengan baik di Bandara Soekarno-Hatta menjadi bagian dari pelayanan penerbangan haji kepada jemaah haji, dan kami berharap dapat menambah kenyamanan jemaah haji khususnya terkait proses keimigrasian Arab Saudi,” tutupnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
21 jam yang lalu
Untuk Rumah Rakyat, BTN Kantongi Izin Rights Issue
Rapat Kerja Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akhirnya menyetujui usulan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengenai Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2023 dan inisiatif tambahan modal sejumlah perusahaan pelat merah melalui aksi korporasi rights…
 
Nasional
23 jam yang lalu
Indo Livestock 2022 Expo & Forum Akan Hadir di JCC pada 6 Juli 2022
Pameran dan forum internasional industri peternakan, pertanian, pakan ternak, pengolahan susu, kesehatan hewan, alat-alat kedokteran hewan, dan perikanan yang ke-15, Indo Livestock 2022 Expo & Forum akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 6 - 8 Juli 2022.…
 
Nasional
04/07/2022 17:01 WIB
Bandara I Gusti Ngurah Rai Terima Tambahan Dua Penerbangan Internasional Baru
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali kembali menerima tambahan penerbangan internasional baru pasca beroperasinya penerbangan Garuda Indonesia rute Singapura-Bali pp dan rute Manila-Bali pp yang dioperasikan oleh maskapai Philippine Airlines.
 
Nasional
04/07/2022 16:56 WIB
WEGE Gelar Pelatihan CSR Digital Marketing untuk Para Enterpreneur
PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WIKA Gedung/WEGE) menggelar pelatihan digital marketing bagi para pengusaha Mikro Kecil (UMK). Pelatihan tersebut dilakukan untuk memperluas pasar yang lebih besar.
 
Nasional
04/07/2022 16:30 WIB
Selamat! Berikut Daftar Pemenang IndiFest Movie Competition 2022
Awarding IndiFest Movie Competition 2022 sebagai bentuk apresiasi terhadap sineas perfilman di wilayah Jabodetabek dan Banten telah selesai dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2022.
 
Nasional
30/06/2022 22:42 WIB
Grand Opening dari BMW Group Training Center yang baru: Academy with Sustainability in Mind
BMW Group Indonesia hari ini resmikan BMW Group Training Center terbaru dengan fokus pada Sustainability. Pencapaian penting ini buktikan komitmen BMW terhadap pasar Indonesia dan jadikan pelanggan sebagai fokus utama.
 
Nasional
30/06/2022 15:31 WIB
New BMW 530i Touring M Sport, Business Touring dengan Desain Atletis dan Fleksibilitas.
New BMW 530i Touring M Sport dilengkapi dengan BMW TwinPower Turbo 4-cylinder double VANOS, High Precision Injection, and teknologi BMW EfficientDynamics, menghasilkan output maksimum 252 hp dengan torsi puncak 350 Nm. BMW 530i Touring M Sport melesat dari 0 - 100 km/jam dalam hanya…
Telkomsel