RM
Rabu, 15 Juni 2022 - 20:03 WIB

Usai Keliling GPF, Utusan Panglima TNI Ungkap Kebanggaannya, Siap Dukung dan Amankan JTB

Foto/Dok-PertaminaEP/ECONOMICZONE
Foto/Dok-PertaminaEP/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Liaison Officer (LO) TNI untuk Pertamina Mayor Jenderal TNI Dwi Jati Utomo menyatakan kebanggaannya atas karya anak bangsa usai mengunjungi Proyek Pengembangan Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina yang berlokasi di Desa Bandungrejo, Ngasem, Bojonegoro, Jawa Timur pada Jumat (10/06). Untuk itu, pihaknya siap mengamankan salah satu proyek calon penghasil gas terbesar di Indonesia ini.

Kunjungan ke Proyek Strategis Nasional (PSN) sektor energi ini dalam rangka mengkoordinasikan berbagai aspek terkait kelancaran proyek JTB dimana salah satunya adalah aspek keamanan. Menurut perwira tinggi TNI AD ini, beroperasinya JTB akan memberikan dampak yang cukup besar karena bisa menyuplai energi di Pulau Jawa sehingga perlu didukung dan dijaga bersama. 

Ditambahkannya, gas yang dihasilkan JTB tentu akan memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan kawasan melalui industri-industri yang beroperasi dengan memanfaatkan gas tersebut. “JTB ini selain merupakan Proyek Strategis Nasional, sekaligus merupakan Objek Vital Nasional (obvitnas), maka kewajiban TNI untuk membantu mengamankan obvitnas ini .  Terlebih lagi JTB akan memberikan suplai gas yang cukup besar,” ungkap perwira yang pernah menjabat sebagai Kasdam III Siliwangi itu.  

Masih menurut Dwi Jati  Utomo, pihaknya mengajak semua pihak untuk tetap bersemangat karena Pertamina adalah perusahaan negara yang menjadi tulang punggung dalam pemenuhan energi nasional. “Sebentar lagi onstream semoga nanti berjalan mulus dan segera berproduksi serta menghasilkan energi yang dapat mendukung ketahanan energi nasional,” tutupnya.  

Dalam kesempatan yang sama, Pjs. General Manager Gas JTB Ruby Mulyawan mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas kunjungan LO TNI untuk Pertamina ke proyek JTB. Hal ini menurut Ruby merupakan bentuk dukungan moril terhadap kelancaran proyek yang saat ini tengah dalam proses perampungan. “Terima kasih kami sampaikan kepada Pak Dwi, juga holding (Persero) dan Regional 4  Pertamina yang terus memberikan dukungan dan atensinya demi kesuksesan proyek JTB ini,” ungkapnya.   

Vice President (VP) HSSE PSRM PT Pertamina (Persero) Suripno menyampaikan kunjungan ini merupakan forum untuk mengkomunikasikan hal-hal yang terkait dengan seluruh aspek keamanan baik safety, health juga sosial. “Apa yang perlu dan harus didukung oleh holding tolong sampaikan kepada kami, akan kami upayakan support untuk kesuksesan proyek ini. Operasi kita ini harus aman dan karena JTB sebagai proyek yang melibatkan banyak investor tentu perlu memiliki dan menerapkan standar yang baik dalam hal penanganan lingkungan,” urainya. Standar baik ini terlihat dengan tercatatnya pencapaian proyek JTB yang hingga saat ini telah mencapai 55 juta jam kerja aman. 

Kegiatan kunker LO TNI kali ini juga diikuti oleh Pjs. VP HSSE Operation & Facilities Support Eko Wahju Tjahjono, Manager Corporate Security Atep Rahman Efendi, Manager Security Regional 4 PEPC Barayani Muskita, Officer II Security Region I PT Pertamina beserta jajarannya dan didampingi oleh tim manajemen dari PEPC Zona 12.

Proyek JTB merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sektor energi yang ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Perpres Nomor 109 tahun 2020 dan diharapkan menjadi salah satu penghasil gas terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi sales gas mencapai 192 Million Standard Cubic Feet per Day (MMSCFD). Suplai gas dari JTB  akan memberikan ketersediaan gas bagi Pulau Jawa dan diharapkan dapat meningkatkan kemajuan perekonomian masyarakat di kawasan tersebut melalui geliat dunia usaha. Direncanakan proyek gas JTB akan segera mulai beroperasi pada tahun ini.
 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
2 jam yang lalu
Dalam Empat Hari, Pendaftar BBM Subsidi Tembus 50.000 Kendaraan
PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatat terdapat 50 ribu kendaraan tepat empat hari sejak pendaftaran dibuka bagi konsumen pengguna BBM Subsidi (Biosolar dan Pertalite),
 
Nasional
20 jam yang lalu
Untuk Rumah Rakyat, BTN Kantongi Izin Rights Issue
Rapat Kerja Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akhirnya menyetujui usulan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengenai Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2023 dan inisiatif tambahan modal sejumlah perusahaan pelat merah melalui aksi korporasi rights…
 
Nasional
22 jam yang lalu
Indo Livestock 2022 Expo & Forum Akan Hadir di JCC pada 6 Juli 2022
Pameran dan forum internasional industri peternakan, pertanian, pakan ternak, pengolahan susu, kesehatan hewan, alat-alat kedokteran hewan, dan perikanan yang ke-15, Indo Livestock 2022 Expo & Forum akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 6 - 8 Juli 2022.…
 
Nasional
04/07/2022 16:56 WIB
WEGE Gelar Pelatihan CSR Digital Marketing untuk Para Enterpreneur
PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WIKA Gedung/WEGE) menggelar pelatihan digital marketing bagi para pengusaha Mikro Kecil (UMK). Pelatihan tersebut dilakukan untuk memperluas pasar yang lebih besar.
 
Nasional
04/07/2022 16:30 WIB
Selamat! Berikut Daftar Pemenang IndiFest Movie Competition 2022
Awarding IndiFest Movie Competition 2022 sebagai bentuk apresiasi terhadap sineas perfilman di wilayah Jabodetabek dan Banten telah selesai dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2022.
 
Nasional
30/06/2022 22:42 WIB
Grand Opening dari BMW Group Training Center yang baru: Academy with Sustainability in Mind
BMW Group Indonesia hari ini resmikan BMW Group Training Center terbaru dengan fokus pada Sustainability. Pencapaian penting ini buktikan komitmen BMW terhadap pasar Indonesia dan jadikan pelanggan sebagai fokus utama.
 
Nasional
30/06/2022 15:31 WIB
New BMW 530i Touring M Sport, Business Touring dengan Desain Atletis dan Fleksibilitas.
New BMW 530i Touring M Sport dilengkapi dengan BMW TwinPower Turbo 4-cylinder double VANOS, High Precision Injection, and teknologi BMW EfficientDynamics, menghasilkan output maksimum 252 hp dengan torsi puncak 350 Nm. BMW 530i Touring M Sport melesat dari 0 - 100 km/jam dalam hanya…
Telkomsel