RM
Senin, 06 Desember 2021 - 10:48 WIB

Program Penanaman Pohon PEPC Capai 25.000 Pohon,  Bukti Komitmen Dalam Upaya Kurangi Emisi

Foto/Dok-PEPC/ECONOMICZONE
Foto/Dok-PEPC/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Bojonegoro - PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 (Jambaran Tiung Biru/ JTB) Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina terus berupaya mengambil peran penting pada pengurangan emisi karbon. Bersamaan dalam momentum Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap tanggal 28 November, PEPC JTB menggelar penanaman pohon Trembesi di Desa Wotanngare, Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur pada Minggu (5/12/2021).

Manager Senior Hubungan Kelembagaan, Divisi Formalitas SKK MIGAS, Syafei yang hadir dalam kegiatan penanaman pohon ini secara khusus mengapresiasi upaya-upaya telah dilakukan PEPC sebagai Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) dalam menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap kegiatan pelestarian lingkungan. "Saya ikut berbahagia, karena SKK MIGAS adalah instansi yang bertanggung jawab terhadap komitmen penanaman pohon di industri migas, dan hari ini saya melihat dan turut serta dalam merealisasi kegiatan penghijauan yang difasilitasi oleh PEPC ini" ungkapnya.

Syafei menambahkan bahwa industri migas memiliki tanggung jawab dalam pemeliharaan lingkungan dan dirinya mendapat informasi bahwa pohon-pohon yang telah ditanam PEPC selama ini sudah memberikan banyak manfaat bagi lingkungan serta masyarakat sekitar. Syafei juga menyebutkan selama ini PEPC selain melakukan penanaman dan perawatan pohon Trembesi (Samanea saman) juga telah melakukan penanaman pohon Kelengkeng (Dimocarpus longan) melalui Program Pengembangan Masyarakatnya atau sering disingkat PPM. Syafei mengharapkan, penanaman pohon-pohon ini dapat meninggalkan banyak manfaat bagi anak cucu dan generasi masa depan.

Sementara itu, hadir mewakili management PEPC, Manager JTB HSSE Benny Rahadian menyampaikan terima kasih atas terjalinnya kolaborasi antara para pemangku kepentingan seperti desa dan muspika sehingga kegiatan yang bertajuk "Kurangi Emisi Dengan Trembesi" ini dapat digelar secara lancar. Dalam sambutannya, Benny menerangkan bahwa PEPC memiliki komitmen terkait lingkungan hidup sehingga pihaknya secara konsisten terus melakukan penanaman pohon di Bojonegoro. 

Menurut Benny kegiatan seperti ini akan menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya memelihara lingkungan dari kerusakan serta sebagai upaya nyata dalam menghadapi perubahan iklim global yang tengah terjadi. "Bersama masyarakat kami tanamkan pemahaman serta tingkatkan kepedulian akan pentingnya menanam pohon serta pemeliharaan lingkungan" pesan Benny. 

Sejak 2018 silam hingga kini PEPC JTB telah melaksanakan penanaman dan perawatan pohon Trembesi di beberapa kecamatan di Kabupaten Bojonegoro dengan total sebanyak 25 ribu pohon melalui beberapa program penanaman pohon; tahun 2018-2019 sebanyak 6.000 pohon telah ditanam, dan pada tahun 2020 telah ditanam sebanyak 10.000 pohon sedangkan tahun ini pohon Trembesi yang telah ditanam sejumlah 9.000 pohon . Total dengan penanaman sebanyak 25.000 pohon Trembesi ini PEPC JTB dapat melakukan CO2 removal lebih dari 100.000 ton CO2 equivalent seiring dengan pertumbuhan batang pohonnya.

Tampak hadir pada kegiatan penanaman phon ini JTB Site Office & PGA Manager PEPC Edy Purnomo, Manager Project Control PEPC Ahmad Rizky, serta para pemangku kepentingan perusahaan yaitu Kepala Desa Wotanngare Yaci, Kabid Persampahan dan Ruang Terbuka Hijau DLH Kab. Bojonegoro Muhayanah serta perwakilan muspika Kalitidu. Acara penanaman pohon ini berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin bagi semua peserta yang hadir.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
19/01/2022 15:50 WIB
Layani Penerbangan Haji 2022, Garuda Indonesia Siapkan Armada B777-300 ER hingga A330-300
Maskapai Garuda Indonesia mengoptimalkan langkah kesiapan operasional penerbangan haji salah satunya dengan memastikan ketersediaan dan kesiapan armada.
 
Nasional
19/01/2022 15:48 WIB
WIKA Laksanakan Apel Upacara dan Sarasehan Peringati Bulan K3 Nasional
Direktur Operasi II PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., Harum Akhmad Zuhdi memimpin pelaksanaan upacara peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2022 di Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), Halim.
 
Nasional
19/01/2022 15:44 WIB
Indonesia Power Siapkan Lahan Ribuan Hektar Hutan Tanaman Energi
Sekali dayung dua pulau terlampaui, tak hanya dorong penggunaan Energi Baru Terbarukan(EBT), Indonesia Power juga lakukan gerakan untuk kelestarian alam Indonesia dengan tanam lebih dari 5.000 pohon tanaman energi. Acara penanaman perdana dilakukan serentak di seluruh unit kerja…
 
Nasional
18/01/2022 16:00 WIB
DiIndonesiaAja, Garuda Indonesia Hadirkan Program Wisata Nusantara
Maskapai Garuda Indonesia menggelar program “Wisata Nusantara” yang merupakan bagian dari dukungan berkelanjutan Perusahaan terhadap gerakan #DiIndonesiaAja yang menjadi rangkaian dalam inisitiatif Kementerian Pariwisata RI dalam mengakselerasikan pemulihan sektor pariwisata…
 
Nasional
18/01/2022 15:57 WIB
Askrindo Tunjuk Aviantono Yudihariadi Sebagai Direksi Pemasaran Askrindo Syariah
Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah (Askrindo Syariah), PT Askrindo selaku pemegang saham mayoritas Askrindo Syariah mengangkat anggota Direksi baru yaitu Aviantono Yudihariadi menggantikan Supardi Najamuddin.
 
Nasional
18/01/2022 15:53 WIB
Hadirkan Solusi IT Terbaik bagi Nasabah, BRI Berikan Penghargaan pada Mitra Bisnis
BRI sebagai salah satu Banking Group terbesar di Indonesia, telah bermitra dengan 142 partner atau mitra dalam penyediaan solusi TI untuk menunjang bisnis BRI.
 
Nasional
17/01/2022 16:09 WIB
Ferdian Timur Satyagraha Ditunjuk Sebagai Direktur Keuangan Pegadaian
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk selaku pemegang saham, menunjuk Ferdian Timur Satyagraha sebagai Direktur Keuangan, Perencanaan Strategis dan Manajemen Risiko PT Pegadaian dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar…
Telkomsel