RM
Jumat, 01 Oktober 2021 - 17:29 WIB

PLN Gunakan Teknologi SCADA di PON XX Papua

Foto/Dok-PLN/ECONOMICZONE
Foto/Dok-PLN/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT PLN telah mengoperasikan masing-masing Sub Sistem kelistrikan melalui teknologi terintegrasi, yakni  Supervisory, Control and Data Aqcuisition (SCADA) yang merupakan teknologi untuk menggabungkan fungsi pengawasan, pengendalian dan pemerolehan/ pengambilan data jarak jauh yang terpusat. Teknologi tersebut sebagai upaya dalam menjaga keandalan pasokan listrik untuk menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua.

“Jadi PON XX di Papua adalah acara kita bersama. Hal yang paling penting dalam pelaksanaan PON, adalah keandalan pasokan listrik. Tidak hanya padam, kedip pun kita hindari. Keandalan adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi,” kata Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (1/10).

Huda meminta, personel yang bertugas agar terus melakukan koordinasi yang baik dengan penanggungjawab di masing-masing lokasi untuk memastikan keandalan pasokan listrik sekaligus mengantisipasi timbulnya permasalahan. Untuk dedikasi personel yang bekerja siang-malam menyukseskan PON XX, Direksi memberikan apresiasi yang luar biasa.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW P2B) Abdul Farid, mengatakan pihaknya sudah siap mendukung pelaksanaan PON XX 2021 di Papua. Seluruh personel yang bersiaga siap ditugaskan di venue pertandingan dan lokasi strategis. Nantinya, personel PLN akan bersiaga selama PON XX Papua dimulai pada 18 September sampai dengan 15 Oktober 2021.

“Saat ini, PLN telah mengoperasikan Sub Sistem Jayapura, Sub Sistem Timika, dan Sub Sistem Merauke melalui teknologi yang terintegrasi, yakni  Supervisory, Control and Data Aqcuisition (SCADA). Selain itu, Kami di sini, di posko-posko, bisa memantau kondisi di lapangan secara langsung,” ujarnya.

Manager PLN UP3 Timika, Marthinus Irianto Pasensi mengatakan personel sudah bersiaga di venue pertandingan sejak pukul 08.00 WIT. Pihaknya bersiaga mendukung persiapan-persiapan sejumlah cabang olahraga untuk melakukan ujicoba pertandingan. “Semua petugas bantuan kendali operasi (BKO) yang ditugaskan di Timika, sudah siaga sejak pagi hari, dan telah diberikan kelengkapan tool set, kotak P3K, ataupun alat ukur suhu,” ujarnya.

Selain UP3 Timika, laporan terkini juga datang dari Merauke. Manager PLN UP3 Merauke, Abrar mengatakan saat ini pihaknya terus melaksanakan pemeliharaan pembangunan jaringan untuk seluruh venue, dan saran prasarana lainnya. Khusus di Marauke, petugas yang disiapkan sebanyak 120 personel. “Semua venue sudah kami pantau, dan back up UPS dan genset sudah ada di lokasi,” tambahnya.

Dalam gelaran PON XX Papua, PLN menerjunkan tim pengamanan pasokan kelistrikan sebanyak 1.574 personel yang berasal dari internal Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat serta dari luar Papua. PLN tidak hanya memberikan komitmen keandalan pasokan listrik, tetapi juga sejumlah dukungan lainnya. PLN juga memberi dukungan dalam menyukseskan PON XX Papua, seperti biaya pembangunan infrastruktur kelistrikan dan keandalan hingga Rp 308,5 miliar, dan sponsorship senilai Rp 5,5 miliar.

Di sisi lain, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung tentunya harus dipersiapkan PLN dengan melakukan berbagai langkah antisipasi untuk meminimalisir potensi penyebaran virus tersebut saat para personel bertugas. Selain pendampingan petugas kesehatan bagi personel, PLN juga telah menyiapkan safe house untuk petugas yang terkonfirmasi positif saat menjalankan tugas.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
15/10/2021 19:06 WIB
PLN Targetkan 15 Juta Pelanggan Unduh PLN Mobile hingga Akhir 2021
Hingga akhir 2021, PT PLN (Persero) menargetkan 15 juta pelanggan akan menggunakan layanan aplikasi PLN Mobile. Saat ini, jumlah pelanggan yang mengunduh aplikasi PLN Mobile di Play Store dan AppsStore lebih dari 11 juta.
 
Nasional
15/10/2021 19:04 WIB
Sambut 35 Tahun Operasional KA Babaranjang, KAI Hadirkan Lokomotif Livery Vintage Era Tahun 1953-1991
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan kembali livery lokomotif era tahun 1953 – 1991 pada 3 unit Lokomotif seri CC 202. Peluncuran lokomotif seri CC 202 dengan livery vintage ini dilakukan untuk memperingati 35 tahun operasional KA Batu Bara Rangkaian Panjang (Babaranjang)…
 
Nasional
15/10/2021 18:59 WIB
Jelang WSBK 2021, Menko Perekonomian Tinjau Kesiapan Bandara Internasional Lombok
Menjelang kedatangan peserta dan panitia perhelatan World Superbike (WSBK) 2021, Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto meninjau kesiapan Bandara Internasional Lombok.
 
Nasional
13/10/2021 17:35 WIB
Garap TOD, Adhi Commuter Properti Gandeng China Railway
PT Adhi Commuter Properti (ADCP), pengembang properti terintegrasi dengan transportasi massal, menjalin kerjasama dengan China Railway 20 Bureau Group Corporation (CR20G) untuk mendukung penyelesaian sejumlah proyek hunian yang sedang dikerjakan anak usaha PT Adhi Karya Tbk.
 
Nasional
13/10/2021 17:33 WIB
BRI dan Fintech Kolaborasi Layanan Pembayaran Mudah dan Aman
Ekosistem Digital saat ini memberikan impact besar dalam bisnis. Indonesia dikenal sebagai salah satu rumah yang ekosistem digitalnya cukup berpengaruh di Asia Tenggara, melahirkan berbagai fintech unicorns dengan perkembangan sistem pembayaran yang semakin pesat.
 
Nasional
13/10/2021 17:30 WIB
Go Global, Bisnis Aviasi Pertamina Hadir di 47 Negara
PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) memperluas ekspansi penjualan produknya di pasar internasional.
 
Nasional
12/10/2021 17:17 WIB
Holding Ultra Mikro Ubah Kepemilikan Saham, Pegadaian Ganti Nama Jadi PT Pegadaian
ian (Persero) resmi berganti nama menjadi PT Pegadaian. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2021 Tanggal 02 Juli 2021 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bank Rakyat Indonesia…
Telkomsel