RM
Selasa, 07 September 2021 - 20:36 WIB

Hari Pelanggan Nasional 2021, Transformasi BRI Berikan Kemudahan Layanan Nasabah

Foto/Dok-BRI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-BRI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - BRI terus berkomitmen untuk memberikan kemudahan dalam layanan jasa keuangan bagi nasabah hingga ke seluruh pelosok negeri. Komitmen untuk terus bertransformasi khususnya digitalisasi, tak terlepas dari kehadiran BRI di tengah-tengah masyarakat Indonesia selama hampir 126 tahun. Dengan demikian, BRI ingin selalu memberikan berbagai jasa dan layanan perbankan yang terbaik kepada nasabah. Sehingga BRI pun terus berkomitmen untuk berinovasi, selaras dengan kebutuhan nasabah.

“Kami menyadari bahwa kesetiaan nasabah adalah faktor penting bagi BRI. Maka BRI terus berinovasi untuk terus memberikan kualitas layanan yang melebihi harapan nasabah,” kata Direktur Utama BRI, Sunarso di Jakarta, Selasa (7/9).

Transformasi yang dilakukan BRI tersebut diharapkan dapat semakin memudahkan nasabah dengan produk dan layanan perbankan yang semakin khas. Kekhasan produk perbankan itu memang terus diselaraskan BRI mengikuti perjalanan nasabah yang terekam dalam layanan BRI seperti Digital Saving, Internet Banking, dan BRImo yang terus dikembangkan.

Sebagai contoh, saat ini BRImo menjadi aplikasi QRIS dengan fitur terlengkap. Fitur-fitur tersebut seperti QR Pedagang BRImo yang memudahkan transaksi jual beli pedagang serta mencatat pembukuan transaksi dengan QR tersebut.

Ada pula fitur QRIS Cross Border yang yang memungkinkan nasabah pengguna BRImo bertransaksi di luar negeri. Piloting fitur tersebut dilakukan BRI di Thailand. Kehadiran BRImo memang diharapkan BRI menjadi one stop solution bagi nasabah dalam melakukan berbagai transaksi perbankan secara digital.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M. Nugraha mengatakan transformasi untuk menciptakan kemudahan dan kenyamanan nasabah dalam memperoleh layanan terus dipacu pihaknya tak terlepas dari jumlah nasabah yang sangat besar.

Saat ini nasabah BRI mencapai 170 juta di seluruh Indonesia. Dia pun menggarisbawahi bahwa spektrum nasabah BRI sangat unik karena menyentuh masyarakat paling bawah hingga kalangan high net worth. Walaupun demikian, BRI memperlakukan semua nasabah sama baiknya.

“Maka kami setiap hari harus all out kepada nasabah. Kami harus bisa deliver value kepada mereka. Antusiasme mereka kepada kita harus kita layani. BRI tidak tinggal diam dengan perubahan yang ada. Kami selalu meremajakan pelayanan. Itu lah mengapa kami fokus pada digitalisasi,” kata Arga menegaskan.

Dia menjabarkan, dalam transformasi digital yang pertama dilakukan adalah customer facing. Bagaimana BRI berhadapan dengan nasabah. Dia mencontohkan melalui aplikasi BRImo nasabah disajikan dengan banyaknya fitur yang mempermudah transaksi.

Kedua, BRI melakukan perbaikan di sisi internal. Misalnya, memperbaiki cara deliver value kepada nasabah dengan aplikasi BRISPOT. Layanan yang awalnya dilakukan 2 minggu menjadi 2 hari setelah proses digitalisasi terjadi. Di sisi lain, transformasi secara digital itu pun terus dilakukan BRI dalam rangka membuat nasabah semakin nyaman melakukan kegiatan transaksi keuangan, tanpa khawatir terpapar virus Covid-19 yang saat ini menyebabkan pandemi.

Seperti diketahui bersama, saat ini berbagai pembatasan aktivitas masyarakat tak terkecuali di bidang ekonomi terus dilakukan oleh pemerintah demi mencegah penyebaran virus Covid-19. Di tengah kondisi yang menantang itu, BRI berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah hingga jauh ke pelosok negeri dengan berbagai produk, layanan dan pengembangan jaringan digital yang selalu prima sesuai kebutuhan nasabah.

Kendati demikian, untuk nasabah yang kebutuhan transaksinya masih harus datang ke kantor pelayanan, BRI tetap memberikan layanan terbaik dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun nasabah tetap diarahkan untuk bertransaksi melalui electronic banking dan electronic channel BRI, digital platform, serta melalui Agen BRILink.

“Satu hal yang saya rasakan betul dan saya harap pada seluruh insan BRILiaN kehadiran kita betul-betul memberikan sumbangsih bagi masyarakat. Dan itu harus kita wujudkan dengan pelayanan lebih baik kepada nasabah kita,” jelasnya.

Dalam memperingati hari pelanggan nasional yang jatuh pada 4 September lalu, BRI telah melaksanakan rangkaian hari pelanggan setiap bulannya sejak 2020 secara bergiliran di seluruh wilayah di Indonesia dan berbagai campaign serta challenge melalui media sosial.

Sejalan dengan tema Hari Pelanggan Nasional 2021 yakni “Customer Experience in Digital Era”, BRI juga menggelar acara puncak melalui webinar dengan tema Menuju Layanan Masa Depan untuk setiap kemudahan. Acara ini menghadirkan pula perwakilan nasabah dari berbagai daerah di Indonesia. Nasabah yang hadir pun turut diberikan apresiasi berupa bantuan untuk keberlangsungan usaha pada masa pandemi.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
5 jam yang lalu
Sumber Daya Melimpah, Erick Thohir Genjot Transformasi PLN
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengungkapkan kondisi dunia saat ini tengah mengalami ketidakpastian terhadap rantai pasok seharusnya dapat dimanfaatkan oleh Indonesia yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah.
 
Nasional
5 jam yang lalu
Bisnis Minerba Merangkak Naik, IPCC Panen Kargo Alat Berat
Meningkatnya sejumlah harga komoditas tambang di Indonesia yang diikuti dengan sejumlah pemulihan berimbas positif pada pertumbuhan industri Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).
 
Nasional
5 jam yang lalu
Dukung UMKM, BSI Gelar Kompetisi Talenta Wirausaha
Guna mendorong UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional serta membangkitkan ekonomi ummat, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengelar kompetisi Talenta Wirausaha BSI.
 
Nasional
19/01/2022 15:50 WIB
Layani Penerbangan Haji 2022, Garuda Indonesia Siapkan Armada B777-300 ER hingga A330-300
Maskapai Garuda Indonesia mengoptimalkan langkah kesiapan operasional penerbangan haji salah satunya dengan memastikan ketersediaan dan kesiapan armada.
 
Nasional
19/01/2022 15:48 WIB
WIKA Laksanakan Apel Upacara dan Sarasehan Peringati Bulan K3 Nasional
Direktur Operasi II PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., Harum Akhmad Zuhdi memimpin pelaksanaan upacara peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2022 di Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), Halim.
 
Nasional
19/01/2022 15:44 WIB
Indonesia Power Siapkan Lahan Ribuan Hektar Hutan Tanaman Energi
Sekali dayung dua pulau terlampaui, tak hanya dorong penggunaan Energi Baru Terbarukan(EBT), Indonesia Power juga lakukan gerakan untuk kelestarian alam Indonesia dengan tanam lebih dari 5.000 pohon tanaman energi. Acara penanaman perdana dilakukan serentak di seluruh unit kerja…
 
Nasional
18/01/2022 16:00 WIB
DiIndonesiaAja, Garuda Indonesia Hadirkan Program Wisata Nusantara
Maskapai Garuda Indonesia menggelar program “Wisata Nusantara” yang merupakan bagian dari dukungan berkelanjutan Perusahaan terhadap gerakan #DiIndonesiaAja yang menjadi rangkaian dalam inisitiatif Kementerian Pariwisata RI dalam mengakselerasikan pemulihan sektor pariwisata…
Telkomsel