RM
Selasa, 07 September 2021 - 20:36 WIB

Hari Pelanggan Nasional 2021, Transformasi BRI Berikan Kemudahan Layanan Nasabah

Foto/Dok-BRI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-BRI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - BRI terus berkomitmen untuk memberikan kemudahan dalam layanan jasa keuangan bagi nasabah hingga ke seluruh pelosok negeri. Komitmen untuk terus bertransformasi khususnya digitalisasi, tak terlepas dari kehadiran BRI di tengah-tengah masyarakat Indonesia selama hampir 126 tahun. Dengan demikian, BRI ingin selalu memberikan berbagai jasa dan layanan perbankan yang terbaik kepada nasabah. Sehingga BRI pun terus berkomitmen untuk berinovasi, selaras dengan kebutuhan nasabah.

“Kami menyadari bahwa kesetiaan nasabah adalah faktor penting bagi BRI. Maka BRI terus berinovasi untuk terus memberikan kualitas layanan yang melebihi harapan nasabah,” kata Direktur Utama BRI, Sunarso di Jakarta, Selasa (7/9).

Transformasi yang dilakukan BRI tersebut diharapkan dapat semakin memudahkan nasabah dengan produk dan layanan perbankan yang semakin khas. Kekhasan produk perbankan itu memang terus diselaraskan BRI mengikuti perjalanan nasabah yang terekam dalam layanan BRI seperti Digital Saving, Internet Banking, dan BRImo yang terus dikembangkan.

Sebagai contoh, saat ini BRImo menjadi aplikasi QRIS dengan fitur terlengkap. Fitur-fitur tersebut seperti QR Pedagang BRImo yang memudahkan transaksi jual beli pedagang serta mencatat pembukuan transaksi dengan QR tersebut.

Ada pula fitur QRIS Cross Border yang yang memungkinkan nasabah pengguna BRImo bertransaksi di luar negeri. Piloting fitur tersebut dilakukan BRI di Thailand. Kehadiran BRImo memang diharapkan BRI menjadi one stop solution bagi nasabah dalam melakukan berbagai transaksi perbankan secara digital.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M. Nugraha mengatakan transformasi untuk menciptakan kemudahan dan kenyamanan nasabah dalam memperoleh layanan terus dipacu pihaknya tak terlepas dari jumlah nasabah yang sangat besar.

Saat ini nasabah BRI mencapai 170 juta di seluruh Indonesia. Dia pun menggarisbawahi bahwa spektrum nasabah BRI sangat unik karena menyentuh masyarakat paling bawah hingga kalangan high net worth. Walaupun demikian, BRI memperlakukan semua nasabah sama baiknya.

“Maka kami setiap hari harus all out kepada nasabah. Kami harus bisa deliver value kepada mereka. Antusiasme mereka kepada kita harus kita layani. BRI tidak tinggal diam dengan perubahan yang ada. Kami selalu meremajakan pelayanan. Itu lah mengapa kami fokus pada digitalisasi,” kata Arga menegaskan.

Dia menjabarkan, dalam transformasi digital yang pertama dilakukan adalah customer facing. Bagaimana BRI berhadapan dengan nasabah. Dia mencontohkan melalui aplikasi BRImo nasabah disajikan dengan banyaknya fitur yang mempermudah transaksi.

Kedua, BRI melakukan perbaikan di sisi internal. Misalnya, memperbaiki cara deliver value kepada nasabah dengan aplikasi BRISPOT. Layanan yang awalnya dilakukan 2 minggu menjadi 2 hari setelah proses digitalisasi terjadi. Di sisi lain, transformasi secara digital itu pun terus dilakukan BRI dalam rangka membuat nasabah semakin nyaman melakukan kegiatan transaksi keuangan, tanpa khawatir terpapar virus Covid-19 yang saat ini menyebabkan pandemi.

Seperti diketahui bersama, saat ini berbagai pembatasan aktivitas masyarakat tak terkecuali di bidang ekonomi terus dilakukan oleh pemerintah demi mencegah penyebaran virus Covid-19. Di tengah kondisi yang menantang itu, BRI berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah hingga jauh ke pelosok negeri dengan berbagai produk, layanan dan pengembangan jaringan digital yang selalu prima sesuai kebutuhan nasabah.

Kendati demikian, untuk nasabah yang kebutuhan transaksinya masih harus datang ke kantor pelayanan, BRI tetap memberikan layanan terbaik dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun nasabah tetap diarahkan untuk bertransaksi melalui electronic banking dan electronic channel BRI, digital platform, serta melalui Agen BRILink.

“Satu hal yang saya rasakan betul dan saya harap pada seluruh insan BRILiaN kehadiran kita betul-betul memberikan sumbangsih bagi masyarakat. Dan itu harus kita wujudkan dengan pelayanan lebih baik kepada nasabah kita,” jelasnya.

Dalam memperingati hari pelanggan nasional yang jatuh pada 4 September lalu, BRI telah melaksanakan rangkaian hari pelanggan setiap bulannya sejak 2020 secara bergiliran di seluruh wilayah di Indonesia dan berbagai campaign serta challenge melalui media sosial.

Sejalan dengan tema Hari Pelanggan Nasional 2021 yakni “Customer Experience in Digital Era”, BRI juga menggelar acara puncak melalui webinar dengan tema Menuju Layanan Masa Depan untuk setiap kemudahan. Acara ini menghadirkan pula perwakilan nasabah dari berbagai daerah di Indonesia. Nasabah yang hadir pun turut diberikan apresiasi berupa bantuan untuk keberlangsungan usaha pada masa pandemi.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
2 jam yang lalu
Layanan KRL Pagi Ini Berjalan Tertib, Pengguna Mulai Beradaptasi Dengan Layanan di Stasiun Manggarai
Pengguna KRL pada Senin pagi (27/9) tercatat meningkat jumlahnya dibanding Senin pekan lalu. Namun pengguna dapat tertib mengikuti penyekatan dan protokol kesehatan di stasiun maupun KRL. Para pengguna juga mulai beradaptasi dengan penyesuaian layanan di Stasiun Manggarai.
 
Nasional
2 jam yang lalu
Dua Proyek Listrik Kereta Cepat Jakarta-Bandung Selesai, TKDN Capai 65 Persen
PT PLN (Persero) berkomitmen mendukung pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang digarap PT Kereta Cepat Indonesia – China (KCIC) dengan pasokan listrik yang andal.
 
Nasional
21 jam yang lalu
Dukung Nelayan Naik Kelas, BUMN Klaster Pangan Ekspor Perdana Gurita ke Amerika Serikat
BUMN Klaster Pangan melakukan ekspor perdana Gurita Steam (ready to eat) dan Gurita whole frozen Volume 132 ton atau sebanyak 6 (enam) container 40 feet ke Amerika Serikat melalui PT Perikanan Nusantara (Persero) atau Perinus.
 
Nasional
21 jam yang lalu
Rawat Satwa yang Terluka, KPI Bangun Klinik Karantina Taman Wisata Alam Sorong
Sejumlah petugas di Taman Wisata Alam (TWA) Sorong, Papua Barat terlihat sibuk menerima kedatangan warga. Para warga datang ke TWA dengan membawa sejumlah satwa ilegal liar dalam kondisi terluka, seperti burung Kakak Tua Raja, Cenderawasih, Lau Lau, berbagai jenis kadal, dan lain-lain.
 
Nasional
21 jam yang lalu
BRI Dorong Pemberdayaan Ekosistem Bisnis Klaster
BRI terus mengambil peran dalam mendukung upaya pemerintah dalam mendorong pemulihan UMKM selama masa pandemi baik di wilayah perkotaan hingga ke pelosok-pelosok daerah.
 
Nasional
23/09/2021 17:42 WIB
Penumpang dari Luar Negeri Wajib Tes PCR di Bandara Soetta
Berdasarkan surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 77/2021, salah satu ketentuan yang harus dipenuhi oleh seluruh penumpang dari luar negeri adalah menjalani tes COVID-19 yakni tes molekuler isotermal (NAAT/jenis lainnya) di bandara kedatangan yang hasilnya dapat diterbitkan…
 
Nasional
23/09/2021 17:30 WIB
Asyik, Rapid Test Antigen di Stasiun Kini Cukup Bayar Rp45.000
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan tarif baru untuk layanan Rapid Test Antigen di seluruh stasiun yang memiliki layanan antigen dari sebelumnya Rp85.000 menjadi Rp45.000 untuk setiap pemeriksaan. Tarif baru ini berlaku mulai 24 September 2021.
Telkomsel