RM
Senin, 06 September 2021 - 22:21 WIB

Pengguna KRL Naik Lima persen, KAI Commuter Pakai Formasi 12 dan 10 Kereta di Jam Sibuk

Foto/Dok-KAI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-KAI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Berdasarkan data KAI Commuter dan pantauan di beberapa stasiun, hingga pukul 10.00 WIB tercatat ada 130.930 pengguna KRL. Angka ini bertambah lima persen dibanding pekan lalu di waktu yang sama yaitu 124.166 pengguna.

“Pantauan pagi ini di seluruh stasiun terpantau ramai dan lancar. Seluruh pengguna KRL tetap menaati protokol kesehatan seperti memakai masker ganda, menjaga jarak dan membiasakan hidup sehat mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Penumpang juga tetap membawa dokumen perjalanan sebagaimana aturan yang berlaku,” kata VP Corsec KAI Commuter, Anne Purba di Jakarta, Senin (6/9).

Adapun stasiun yang mengalami kenaikan jumlah pengguna antara lain Bojonggdede (10.657 pengguna, naik 5% dibanding pekan lalu pada waktu yang sama), Citayam (9.681 pengguna, naik 2%), dan Cilebut (7.419 pengguna, naik 3%).

“Kami mengoperasikan 983 perjalanan KRL per hari yang beroperasi pukul 04.00-22.00 WIB dengan memaksimalkan formasi 12 kereta sebanyak 31 rangkaian dan formasi 10 kereta sebanyak 46 rangkaian. Untuk formasi 8 kereta tersedia 16 rangkaian, sehingga setiap harinya KAI Commuter mengoperasikan 93 rangkaian KRL,” tambahnya.

KAI Commuter juga bekerja sama dengan pemerintah mulai menguji coba penggunaan aplikasi Peduli Lindungi bagi para pengguna KRL. Uji coba yang dilakukan di 11 stasiun yaitu Stasiun Depok, Pasar Minggu, Bekasi Timur, Serpong, Jurangmangu, Jakarta Kota, Juanda, Sudirman, Palmerah, Kebayoran, dan Manggarai pagi ini berjalan lancar dan kondusif. Pengguna dapat mencoba scan kode QR di stasiun. Para pengguna hanya perlu melakukan cek in ketika memasuki stasiun, dan tidak perlu melakukan cek out di stasiun tujuan.

“Uji coba aplikasi ini tidak mengubah ketentuan untuk menggunakan KRL. Dokumen perjalanan untuk naik KRL harus ditunjukkan pengguna ketika memasuki stasiun. Sehingga KAI Commuter tetap mewajibkan pengguna membawa dokumen perjalanan sebagaimana yang disyaratkan sesuai SE Menteri Perhubungan No. 66 Tahun 2021,” tambahnya.

Adapun dokumen perjalanan yang dimaksud diantaranya STRP, surat keterangan dari instansi atau perusahaan, maupun dokumen lainnya sesuai aturan. “Kami mengajak para pengguna KRL untuk mematuhi aturan yang berlaku mengingat saat ini masih dalam masa pembatasan kegiatan. Mari kita lanjutkan upaya dan kedisiplinan mengikuti aturan maupun protokol kesehatan untuk keselamatan bersama. Hindari bepergian di jam-jam sibuk dan semaksimal mungkin tetap beraktivitas dari rumah,” tegasnya.

Untuk menghindari kerumunan, KAI Commuter tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Petugas di lapangan akan melakukan penyekatan jika kondisi di stasiun maupun di dalam KRL sudah sesuai kuota. Agar terhindar dari potensi antrean, pengguna dapat melihat informasi kepadatan di stasiun melalui aplikasi KRL Access atau menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
14 jam yang lalu
Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman
Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman.
 
Nasional
17 jam yang lalu
Bahaya Modus Pencurian Data Pribadi melalui Phishing
Etika digital menjadi unsur yang penting dalam proses menyebarkan berita dan mengunggah konten. Hal itu adalah salah satu bentuk kontribusi masyarakat dalam menjaga keseimbangan dan keamanan di ruang digital.
 
Nasional
19 jam yang lalu
Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi XL Axiata Resmikan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
Keberadaan jaringan backbone serat optik (fiber optic) Gorontalo – Palu sepanjang 1.150 km ini akan memperkuat infrastruktur jaringan di Sulawesi, baik untuk kebutuhan perluasan ke area baru maupun untuk meningkakan kualitas jaringan yang sudah ada. Penting bagi XL Axiata untuk…
 
Nasional
26/03/2024 21:44 WIB
BMW Group Indonesia Merilis Kendaraan Terbaru Mobil Listrik BMW i5
BMW Group Indonesia merilis kendaraan terbaru mereka, mobil listrik BMW i5 di Jakarta, Selasa (26/3). Model tersebut melengkapi lini elektrifikasi BMW yang sudah ada sebelumnya: iX, i7, i4, dan iX1.
 
Nasional
26/03/2024 13:05 WIB
Kemenkominfo Tekankan Bahaya Hoaks dalam Penyalahgunaan Internet
Kemenkominfo menggelar kegiatan Literasi Digital untuk menekankan bahaya hoaks sebagai salah satu implikasi nyata penyalahgunaan internet. Terlebih lagi di tengah arus modernisasi yang memudahkan perkembangan teknologi, internet membawa banyak potensi. Hal yang patut digarisbawahi…
 
Nasional
25/03/2024 21:10 WIB
Indocement Cetak Laba 2023 Rp 1,9 Triliun, Naik 5,9 Persen
PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk berhasil membukukan Pendapatan Keuangan Neto yang lebih tinggi sebesar Rp 84,7 miliar, atau naik 108,6 persen dari tahun sebelumnya.
 
Nasional
25/03/2024 20:57 WIB
Perluasan Layanan Sistem Pembayaran Kunci Transformasi Digital ARTAJASA Dalam Meningkatkan Customer Experience
PT Artajasa Pembayaran Elektronis (ARTAJASA), perusahaan penyedia infrastruktur sistem pembayaran terdepan di Indonesia, turut memperkuat berbagai layanan sistem pembayaran yang dikelolanya sebagai dukungan dalam perluasan akses digital sistem pembayaran menuju level yang lebih tinggi.
Telkomsel