RM
Selasa, 06 Juli 2021 - 19:48 WIB

Hati-Hati Rekrutmen Palsu, Pegadaian Imbau Masyarakat Untuk Waspada

Foto/Dok-Pegadaian/ECONOMICZONE
Foto/Dok-Pegadaian/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Pegadaian (Persero) mewanti-wanti masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap modus penipuan berupa undangan penerimaan karyawan yang mengatasnamakan Direksi atau Pejabat Pegadaian. Calon korban biasanya mendapatkan email dari seseorang yang memberikan informasi bahwa yang bersangkutan diterima sebagai karyawan Pegadaian. Selanjutnya calon korban diminta hadir ke kantor pusat dengan menggunakan jasa tour dan travel tertentu yang akan membantu transportasi serta akomodasi untuk mengikuti proses rekrutmen berikutnya.

“Nah, di tahap pemanggilan inilah biasanya pelaku minta transfer dengan alasan untuk biaya transportasi dan akomodasi. Padagal sejatinya dalam setiap proses rekrutmen, Pegadaian tidak memungut biaya serta tidak bekerja sama dengan pengelola jasa tour dan travel manapun,” ujar Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian (Persero), Basuki Tri Andayani di Jakarta, Selasa (6/7).

Basuki menambahkan, apabila masyarakat mendapatkan informasi tersebut agar segera melakukan konfirmasi ke kantor Pegadaian terdekat atau menghubungi Kantor Pusat PT Pegadaian (Persero) Divisi Strategic Human Capital di nomor 021-3155550 ext 411. Jika telanjur menjadi korban penipuan, agar melaporkan kepada yang berwajib untuk ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Belakangan ini beredar berita bohong (hoaks) yang beredar di masyarakat tentang rekrutmen karyawan Pegadaian. Dan yang meresahkan adalah para calon pelamar kerja diminta mengirimkan sejumlah uang untuk biaya transportasi dan akomodasi. Dalam surat elektronik yang dikirim kepada calon korban juga disebutkan salah satu biro perjalanan yang seolah-olah ditunjuk sebagai mitra Pegadaian.

Program rekrutmen karyawan PT Pegadaian (Persero) dilakukan melalui program Management Development Program secara terbuka untuk masyarakat luas. Sedangkan untuk rekrutmen internal dilakukan dengan program Staff Development Program. Dengan cara ini diharapkan perusahaan memperoleh sumber daya manusia terbaik yang siap berkembang dengan menerapkan core value AKHLAK, sesuai dengan arahan Kementerian BUMN untuk menciptakan pabrik talenta yang berkualitas dilingkungan BUMN.

Setiap program rekrutmen diumumkan melalui website resmi pegadaian.co.id dan media sosial resmim perusahaan serta dilakukan secara gratis. Pelamar tidak dipungut biaya apapun, sehingga jika terdapat pemberitahuan rekrutmen dengan meminta sejumlah uang agar diabaikan. “Kami sangat berharap agar masyarakat hati-hati dan waspada agar tidak menjadi korban penipuan bekedok rekrutmen palsu ini,” pungkas Basuki.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
20 jam yang lalu
Dukung Nelayan Naik Kelas, BUMN Klaster Pangan Ekspor Perdana Gurita ke Amerika Serikat
BUMN Klaster Pangan melakukan ekspor perdana Gurita Steam (ready to eat) dan Gurita whole frozen Volume 132 ton atau sebanyak 6 (enam) container 40 feet ke Amerika Serikat melalui PT Perikanan Nusantara (Persero) atau Perinus.
 
Nasional
20 jam yang lalu
Rawat Satwa yang Terluka, KPI Bangun Klinik Karantina Taman Wisata Alam Sorong
Sejumlah petugas di Taman Wisata Alam (TWA) Sorong, Papua Barat terlihat sibuk menerima kedatangan warga. Para warga datang ke TWA dengan membawa sejumlah satwa ilegal liar dalam kondisi terluka, seperti burung Kakak Tua Raja, Cenderawasih, Lau Lau, berbagai jenis kadal, dan lain-lain.
 
Nasional
20 jam yang lalu
BRI Dorong Pemberdayaan Ekosistem Bisnis Klaster
BRI terus mengambil peran dalam mendukung upaya pemerintah dalam mendorong pemulihan UMKM selama masa pandemi baik di wilayah perkotaan hingga ke pelosok-pelosok daerah.
 
Nasional
23/09/2021 17:42 WIB
Penumpang dari Luar Negeri Wajib Tes PCR di Bandara Soetta
Berdasarkan surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 77/2021, salah satu ketentuan yang harus dipenuhi oleh seluruh penumpang dari luar negeri adalah menjalani tes COVID-19 yakni tes molekuler isotermal (NAAT/jenis lainnya) di bandara kedatangan yang hasilnya dapat diterbitkan…
 
Nasional
23/09/2021 17:30 WIB
Asyik, Rapid Test Antigen di Stasiun Kini Cukup Bayar Rp45.000
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan tarif baru untuk layanan Rapid Test Antigen di seluruh stasiun yang memiliki layanan antigen dari sebelumnya Rp85.000 menjadi Rp45.000 untuk setiap pemeriksaan. Tarif baru ini berlaku mulai 24 September 2021.
 
Nasional
23/09/2021 17:24 WIB
Dukung Prokes Terintegrasi, PeduliLindungi Sudah Digunakan 1 Juta di Bandara AP II
Sebagai upaya penerapan integrasi PeduliLindungi di berbagai sektor, PT Angkasa Pura II (Persero) berkolaborasi dengan stakeholder yakni maskapai,
 
Nasional
21/09/2021 20:54 WIB
Presiden RI Jokowi: Industri Baja Pilar Penting Pertumbuhan Ekonomi
Presiden Joko Widodo dalam peresmian Hot Strip Mill #2 PT Krakatau Steel (Persero) mengungkapkan transformasi BUMN menjadi keharusan agar BUMN-BUMN menjadi BUMN kelas dunia, semakin profesional, semakin kompetitif, semakin menguntungkan, untuk memberikan pelayanan yang lebih baik…
Telkomsel