Gilbert Sem Sandro
Selasa, 23 Maret 2021 - 15:45 WIB

Kapolda Metro Jaya Hadiri Launching ETLE

Foto/GilbertSemSandro/ECONOMICZONE
Foto/GilbertSemSandro/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Kapolda Metro Irjen. Pol. Muhammad Fadil Imran beserta jajaran Pemprov DKI Jakarta menghadiri launching tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Dalam sambutannya Fadil mengatakan, Jakarta menjadi salah satu Provinsi yang turut andil didalam mewujudkan dan melaksanakan penegakan hukum berbasis teknologi atau tilang elektronik.

"Selama ini titik-titik yang memiliki fasilitas ETLE, terjadi penurunan signifikan pelanggaran lalu lintas dari tahun 2019 hingga 2020. Salah satunya adalah jalan sepanjang Sudirman-Thamrin rata-rata turun sebanyak 64% pelanggaran berlalu lintas", ujar Fadil Imran dalam konferensi pers di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa(23/03/2021) siang.

Untuk tahap pertama, program ini akan berlaku di 12 wilayah hukum Polda di Indonesia dengan total 244 kamera ETLE, dengan Polda Metro Jaya yang paling banyak mendapat akses kamera ETLE.

"Lokasinya yaitu Polda Metro Jaya sebanyak 98 titik, Polda Riau 5 titik, Polda Jawa Timur 55 titik, Polda Jawa Tengah 10 titik, Polda Sulawesi Selatan 16 titik, dan Polda Jawa Barat 21 titik, Polda Jambi 8 titik, Polda Sumatera Barat 10 titik, Polda DIY 4 titik, Polda Lampung 5 titik, Polda Sulawesi Utara 11 titik, dan Polda Banten 1 titik," papar Fadil Imran.

Rencananya, lanjut Fadil, program tilang elektronik tahap satu nasional ini akan diterapkan secara bertahap, hingga merata keseluruh polda di Indonesia

"ETLE atau tilang elektronik ini menjadi salah satu program prioritas pak Kapolri. Sistem ini diharapkan dapat mengurangi interaksi pelanggar lalu lintas dengan petugas. Sehingga bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik Polri kedepannya," tambah Fadil.

Menanggapi peresmian tilang eletronik tersebut, Wakil Gurbenur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyampaikan dukungannya terhadap program kerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ini.

"Kami atas nama Pemprov dan masyarakat Jakarta menyambut baik dan akan mendukung sepenuhnya, baik pembiayaan maupun kegiatan ini. Kami berharap dalam waktu dekat, Jakarta bisa menambah lagi 60 titik kamera ETLE agar semakin menerapkan disiplin masyarakat," kata Ahmad Riza Patria yang juga menghadiri peluncuran ETLE di Polda Metro Jaya.

Ahmad juga mengajak agar masyarakat melalui program ini agar bisa lebih tertib, lebih taat, lebih patuh berlalu lintas dan menyebabkan bahwa angka kecelakaan menurun.

"Yang pasti dengan adanya ETLE ini, ketertiban berlalu lintas masyarakat, khususnya kota Jakarta semakin membai," tutupnya.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
07/04/2021 11:33 WIB
Jokowi Sampaikan Arahan Percepat Penanganan Bencana NTT Dan NTB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk mempercepat penanganan banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) dan Nusa Tenggara Barat(NTB).
 
Nasional
05/04/2021 16:23 WIB
Kapolri Pastikan Perayaan Jumat Agung Hingga Paskah Berjalan Lancar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan rangkaian perayaan mulai dari Jumat Agung hingga perayaan Paskah tahun 2021 berjalan dengan lancar, aman dan damai. 
 
Nasional
31/03/2021 23:14 WIB
Kronologis Penyerangan Terduga Teroris Di Mabes Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kronologi terkait penyerangan yang dilakukan terduga teroris di Mabes Polri.
 
Nasional
31/03/2021 16:45 WIB
Kronologis Ditemukannya CVR Sriwijaya SJ-182
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerdjanto Tjahjanto mengungkap kronologi ditemukannya Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada 9 Januari Lalu.
 
Nasional
31/03/2021 16:11 WIB
Tim Gabungan Basarnas Akhirnya Temukan CVR Sriwijaya SJ-182
Menteri Perhubungan(Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja dari tim gabungan Basarnas yang terus melakukan pencarian CVR guna melengkapi data dari Flight Data Recorder(FDR) yang sudah lebih dulu ditemukan.
 
Nasional
30/03/2021 20:23 WIB
Nadiem Makarim Tentang Sekolah Tatap Muka: Tanya Pemda Masing-Masing
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, meminta masyarakat untuk menanyakan kapan sekolah dibuka, kepada Bupati/Walikota dan Gubernur ebagai pimpinan pemerintah daerah.
 
Nasional
29/03/2021 20:50 WIB
Densus 88 Ringkus Empat Orang Teroris Di Bekasi Dan Condet
Detasemen Khusus(Densus) 88 meringkus empat orang teroris di Desa Sukasari, Bekasi dan Condet Jakarta Timur pada Senin(29/3/2021) pukul 09.38 WIB.
Telkomsel