Gilbert Sem Sandro
Rabu, 03 Maret 2021 - 12:47 WIB

Genap Setahun Pandemi Covid-19, Pemerintah Perlu Kembalikan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Transportasi Massal

Foto/GilbertSemSandro/ECONOMICZONE
Foto/GilbertSemSandro/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Satu tahun berlalu, pandemi Covid-19 tak kunjung usai, virus yang berasal dari Wuhan, China ini terus memakan korban. Berbagai upaya diterapkan Pemerintah Indonesia untuk menekan penyebaran virus tersebut. Akibatnya, berbagai sektor ikut terkena imbas ganasnya pandemi Corona, tak terkecuali sektor transportasi.

Pasalnya, mobilitas masyarakat Ibukota yang tinggi menjadi sangat terbatas, karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro (PPKM Mikro) yang di terapkan pemerintah.

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, selama ini tujuan penyelenggaraan transportasi adalah selamat, aman dan nyaman. Namun, karena masih dalam kondisi pandemi, tujuan penyelenggaraan transportasi harus menambahkan unsur higienis, untuk menjamin kebersihan transportasi tersebut.

"Selama masa pandemi penurunan penumpang transportasi umum, menurun drastis. Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi Kementerian Transportasi untuk kembali menumbuhkan kepercayaan masyarakat pengguna transportasi massal, agar kembali seperti semula," ujar Djoko Setijowarno saat dihubungi Economiczone.id di Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Selain itu, Djoko Setijowarno mengharapkan Kementerian Kesehatan untuk menciptakan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) tentang Terminal dan Stasiun sehat, sebagai salah satu upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat.

"Saat ini sudah ada Permenkes tentang Pelabuhan dan Bandara Sehat. Sebaiknya peraturan ini juga diberlakukan di Terminal dan Stasiun, karena tempat tersebut juga sebagai salah satu titik berkumpulnya masyarakat," terang Djoko.

Kemudian, Djoko juga menilai pemerintah perlu menciptakan angkutan umum higienis, seperti transportasi udara dan laut yang sudah menerapkannya terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar kembali menghidupkan angkutan umum yang manajemennya bersifat pribadi yang banyak merugi akibat pandemi.

"Kondisi angkutan umum di kota besar seperti Jakarta yang tetap ramai, berbeda dengan angkutan umum di daerah ataupun pedesaan. Karna situasi pandemi saat ini, banyak angkutan umum yang bersifat pribadi di daerah gulung tikar," lanjut Djoko.

Dan untuk transportasi darat lainnya seperti bus dan truk, Djoko menyarankan pemerintah agar memberikan DP 0 persen dan menurunkan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPNBM) kendaraan umum jenis bus.

"Peraturan ini bisa kembali membangkitkan gairah perusahaan armada bus, untuk kembali beroperasi, agar bisa membuka lapangan pekerjaan dan memudahkan masyarakat," tutup Djoko Setijowarno.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
12/04/2021 18:44 WIB
Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Idul Fitri 2021
Pemerintah melalui memastikan stok pangan selama Ramadan aman hingga Hari Raya Idul Fitri 2021.
 
Nasional
07/04/2021 15:25 WIB
Jokowi Terbitkan Perpres Nomor 19, TMII Diambil Alih Negara
"Presiden telah menerbitkan Perpres nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII. Yang di dalamnya mengatur penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg," ujar Menteri Sekretaris
 
Nasional
07/04/2021 11:33 WIB
Jokowi Sampaikan Arahan Percepat Penanganan Bencana NTT Dan NTB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk mempercepat penanganan banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) dan Nusa Tenggara Barat(NTB).
 
Nasional
05/04/2021 16:23 WIB
Kapolri Pastikan Perayaan Jumat Agung Hingga Paskah Berjalan Lancar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan rangkaian perayaan mulai dari Jumat Agung hingga perayaan Paskah tahun 2021 berjalan dengan lancar, aman dan damai. 
 
Nasional
31/03/2021 23:14 WIB
Kronologis Penyerangan Terduga Teroris Di Mabes Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kronologi terkait penyerangan yang dilakukan terduga teroris di Mabes Polri.
 
Nasional
31/03/2021 16:45 WIB
Kronologis Ditemukannya CVR Sriwijaya SJ-182
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerdjanto Tjahjanto mengungkap kronologi ditemukannya Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada 9 Januari Lalu.
 
Nasional
31/03/2021 16:11 WIB
Tim Gabungan Basarnas Akhirnya Temukan CVR Sriwijaya SJ-182
Menteri Perhubungan(Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja dari tim gabungan Basarnas yang terus melakukan pencarian CVR guna melengkapi data dari Flight Data Recorder(FDR) yang sudah lebih dulu ditemukan.
Telkomsel