MA
Minggu, 28 Februari 2021 - 23:05 WIB

TNI AL Jamin Keamanan Kapal Pengguna TSS Selat Sunda

Foto/Dok TNI AL/Economiczone
Foto/Dok TNI AL/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Gugus Tempur Laut Koarmada I melaksanakan Patroli di Perairan Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I), untuk menjamin keamanan dan keselamatan pengguna regional dan internasional. Jumat (26/02/21)

Pada patroli tersebut KRI Barakuda 633 dan KRI Tenggiri-865 mendeteksi kontak radar di Perairan Selat Sunda. Pada pukul 15.30 WIB, Kapal terdeteksi secara visual yang kemudian setelah menlaksanakan komunikasi radio  diketahui kapal tersebut merupakan kapal Research Survey Vessel Yuan Wang 6 berbendera China yang tengah melakukan pelayaran menggunakan hak lintas Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI)  menuju Singapura.

Dalam komunikasinya, KRI Tenggiri-865 menghimbau agar Kapal secara terus berlayar menggunakan Traffic Separation Scheme (TSS) serta selalu menyalakan Automatic Identification System (AIS) guna mempermudah pemantauan selama pelayaran di perairan yurisdiksi nasional. Selanjutnya KRI Tenggiri-865 melakukan shadowing terhadap Research Survey Vessel Yuan Wang 6 hingga menuju Laut Jawa.

Menanggapi hal tersebut, Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada I (Guspurla Koarmada I) Laksamana Pertama TNI Dato Rusman S.N. mengatakan "Hak Lintas Alur Laut Kepulauan adalah berlayar dari satu bagian laut bebas atau zona ekonomi eksklusif melintasi Perairan Kepulauan sebuah negara menuju ke bagian lain dari laut bebas atau zona ekonomi eksklusif" jelasnya

"Berlayar atau melakukan navigasi secara 'terus menerus', 'langsung’ serta 'secepat mungkin' baik itu untuk sekedar melewati suatu negara pantai, atau untuk menuju/dari pelabuhan yang ada di negara pantai tersebut telah diatur dalam UNCLOS 1982, yang menjadi acuan bagi seluruh negara yang meratifikasinya, termasuk Indonesia melalui UU Nomor 17 Tahun 1985 tentang Pengesahan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (UNCLOS 1982)" lanjutnya.

"Yang dilakukan KRI Tenggiri-865 merupakan bentuk pengawasan dan pengamanan terhadap kapal-kapal negara lain yang melintas di Perairan Indonesia khususnya di Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I). Kapal-kapal yang melalui TSS Selat Sunda dihimbau untuk mematuhi alur pembagi demi keamanan dan keselamatan pelayaran di Selat Sunda" pungkasnya.
 

TAGS
  1. TNI AL
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
12/04/2021 18:44 WIB
Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Idul Fitri 2021
Pemerintah melalui memastikan stok pangan selama Ramadan aman hingga Hari Raya Idul Fitri 2021.
 
Nasional
07/04/2021 15:25 WIB
Jokowi Terbitkan Perpres Nomor 19, TMII Diambil Alih Negara
"Presiden telah menerbitkan Perpres nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII. Yang di dalamnya mengatur penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg," ujar Menteri Sekretaris
 
Nasional
07/04/2021 11:33 WIB
Jokowi Sampaikan Arahan Percepat Penanganan Bencana NTT Dan NTB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk mempercepat penanganan banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) dan Nusa Tenggara Barat(NTB).
 
Nasional
05/04/2021 16:23 WIB
Kapolri Pastikan Perayaan Jumat Agung Hingga Paskah Berjalan Lancar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan rangkaian perayaan mulai dari Jumat Agung hingga perayaan Paskah tahun 2021 berjalan dengan lancar, aman dan damai. 
 
Nasional
31/03/2021 23:14 WIB
Kronologis Penyerangan Terduga Teroris Di Mabes Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kronologi terkait penyerangan yang dilakukan terduga teroris di Mabes Polri.
 
Nasional
31/03/2021 16:45 WIB
Kronologis Ditemukannya CVR Sriwijaya SJ-182
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerdjanto Tjahjanto mengungkap kronologi ditemukannya Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada 9 Januari Lalu.
 
Nasional
31/03/2021 16:11 WIB
Tim Gabungan Basarnas Akhirnya Temukan CVR Sriwijaya SJ-182
Menteri Perhubungan(Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja dari tim gabungan Basarnas yang terus melakukan pencarian CVR guna melengkapi data dari Flight Data Recorder(FDR) yang sudah lebih dulu ditemukan.
Telkomsel