Gilbert Sem Sandro
Kamis, 06 Februari 2020 - 14:12 WIB

Wijaya Karya Bangun Sarana Air Bersih di Wonosobo

Foto/Dok-Wika/ECONOMICZONE
Foto/Dok-Wika/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Wijaya Karya (Wika) bekerja sama dengan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan dan juga Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dalam membangun sarana dan prasarana air bersih bagi warga Desa Ropoh, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. 

Hadir dalam peresmian penggunaan sarana dan prasana air bersih  sebagai bagian dari tanggung jawab sosial di Desa Ropoh, Wonosobo antara lain, Manajemen WIKA; Komisaris Independen, Suryo Hapsoro Tri Utomo, Sekretaris Perusahaan Mahendra Vijaya, Perwakilan Dinas PU, SDA, dan Taru, Pemprov Jawa Tengah, Forkopimda Kepil, Wonosobo beserta warga Desa Ropoh.

Sekretaris Wijaya Karya Mahendra Vijaya pada mengatakan, bahwa ide membuat proyek ini berangkat dari minimnya kondisi sanitasi lingkungan dan akses layanan air bersih bagi warga yang rata-rata berpencaharian sebagai petani hortikultura.

“Alhamdulillah terimakasih atas kerja samanya antara WIKA – UGM – Dinas PU, SDA, dan Taru Ruang Pemprov Jateng serta Pokmas Tirta Panca Wening, Sarana dan Prasarana Air Bersih bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Ropoh untuk menopang kehidupan sehari-hari, termasuk untuk irigasi dan perikanan desa,” kata Mahendra saat di wawancarai dalam acara peresmian penggunaan sarana dan prasarana air bersih, di Wonosobo, Rabu (5/2/2020).

Lebih lanjut Mahendra menjelaskan pembangunan instalasi pengolahan air sederhana (IPAS) didesain agar air dari mata air dapat diolah terlebih dahulu sehingga air yang dialirkan menuju bak hidran utama sudah berupa air bersih.

"Bak IPAS sendiri terdiri dari bak penenang, bak penyaring, dan bak pengendap. Lalu pembangunan disesuaikan dengan lokasi mata air yang terdiri dari 5 lokasi dengan debit masing-masing sebesar Q1= 0,46 liter/detik, Q2 = 0,78 liter/detik, Q3 = 0,29 liter/detik, Q4 = 0,68 liter/detik, dan Q5 = 0.81 liter/detik," jelas Mahendra.

Kemudian Mahendra menambahkan, pembuatan Bak HU menjadi program pembangunan selanjutnya yang bertujuan untuk menampung air bersih  yang telah melalui pengolahan Bak IPAS.

"Air bersih pada Bak HU inilah yang akan digunakan oleh masyarakat. Jika Bak HU penuh, maka air yang meluap akan dialirkan menuju desa, sehingga air bersih yang meluap dari bak juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," tutup Mahendra

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
06/12/2021 10:48 WIB
Program Penanaman Pohon PEPC Capai 25.000 Pohon,  Bukti Komitmen Dalam Upaya Kurangi Emisi
Bojonegoro - PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 (Jambaran Tiung Biru/ JTB) Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina terus berupaya mengambil peran penting pada pengurangan emisi karbon. Bersamaan dalam momentum Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap tanggal…
 
Nasional
02/12/2021 16:29 WIB
Antisipasi Pengalihan Arus, KA Jarak Jauh Bisa Naik dari Stasiun Jatinegara
Dalam rangka mengantisipasi pengalihan Arus Lalu Lintas pada Kamis (2/12), ada 12 Nomor KA keberangkatan Stasiun Gambir berhenti di Stasiun Jatinegara untuk melayani naik penumpang KA Jarak Jauh.
 
Nasional
02/12/2021 16:26 WIB
Demi BUMN yang Kuat dan Mampu Bersaing, Erick Thohir Tutup 74 Anak Cucu Perusahaan
Kementerian BUMN terus melakukan efisiensi dan konsolidasi BUMN, terutama terkait dengan anak dan cucu perusahaan BUMN. Sampai dengan saat ini, 74 anak dan cucu perusahaan BUMN telah ditutup oleh Kementerian BUMN.
 
Nasional
01/12/2021 15:59 WIB
DPR: Barata Indonesia Harus Jadi Leader Industri Manufaktur Nasional
Komisi VI DPR RI melakukan lawatan ke PT Barata Indonesia (Persero) dalam rangka mendukung program restrukturasi yang dijalankan PT Perusahaan Pengelola Aset ( Persero) kepada Barata Indonesia.
 
Nasional
01/12/2021 15:56 WIB
Awal Tahun 2021, BNI Life Bayarkan Klaim Hingga Rp1,25 Triliun
Di umur yang ke-25, BNI Life mengadakan rangkaian acara syukuran ulang tahun secara virtual dangan tema “Silve25ary”.
 
Nasional
30/11/2021 11:59 WIB
TNI Proses Hukum Oknum Prajurit yang Terlibat Bentrokan
Adapun kasus pelanggaran hukum antara lain, bentrok di Ambon antara Oknum TNI AD Provost Denmadam XVI/PTM dengan Oknum Satlantas Polresta Ambon pada pukul 18.07 WIT, Rabu, 24 November 2021.
 
Nasional
24/11/2021 18:24 WIB
Promo Naik Bus DAMRI, Beli Tiket Dapat Cashback Rp20.000
Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 yang jatuh pada 25 November 2021, DAMRI terus memberikan pelayanan terbaiknya. Salah satunya menggandeng LinkAja dengan menghadirkan promo cashback maksimal Rp20.000.
Telkomsel