Hendra Wiradi
Selasa, 22 Oktober 2024 - 19:51 WIB

Mastercard dan Indosat Ooredoo Hutchison Bekerja Sama untuk Menyoroti Potensi Teknologi Masa Depan dalam Mobilitas Perkotaan  

Foto/HendraWiradi/ECONOMICZONE
Foto/HendraWiradi/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE

Jakarta, Indonesia – 22 Oktober 2024 – Di tengah kemajuan pesat teknologi yang mempengaruhi industri, pelaku usaha dituntut untuk terus berinovasi agar tetap kompetitif. Menjawab tantangan itu, Mastercard dan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bekerja sama dalam menampilkan teknologi mutakhir dalam sistem transportasi dan pembayaran,  melalui prototipe yang mengintegrasikan solusi pembayaran dalam kendaraan dari Mastercard dengan sistem manajemen armada berbasis kecerdasan buatan (AI) dari Indosat, NEXTFleet. Kolaborasi ini merupakan langkah penting bagi kedua belah pihak, yang menunjukkan potensi besar dari ekosistem transportasi yang terkoneksi, serta menggabungkan mobilitas dan transaksi untuk membentuk kembali mobilitas perkotaan di Indonesia.  

Inisiatif ini memanfaatkan keahlian global Mastercard dalam solusi mobilitas perkotaan dan memanfaatkan platform NEXTFleet dari Indosat. Setiap tahunnya, Mastercard memproses miliaran transaksi mobilitas perkotaan secara global di dalam jaringannya – mencapai US$59,4 miliar di 2022 – dan terus memenuhi kebutuhan perjalanan untuk semua orang, di mana pun mereka. Melalui prototipe solusi ini, kolaborasi Mastercard dan Indosat ini mengekplorasi berbagai cara untuk meningkatkan pengalaman pengemudi dan efisiensi operasional bagi operator armada dan pengelola transportasi umum, sekaligus memperkenalkan teknologi inovatif bagi produsen otomotif untuk meningkatkan nilai produknya bagi konsumen individu.  

Prototipe ini menampilkan solusi pembayaran dalam kendaraan Mastercard yang memungkinkan para pengemudi bertransaksi dengan aman dan mudah--baik untuk pengisian bahan bakar, pembayaran tol, pengisian baterai kendaraan listrik, ataupun lantatur (layanan pemesanan restoran secara drive-through) dari dasbor kendaraan, tanpa perlu meninggalkan kendaraan mereka. Dengan memanfaatkan inovasi tokenisasi dan biometrik Mastercard, pengemudi dapat menyimpan kredensial pembayaran secara aman dalam sistem infotainment kendaraannya, dan mengautentikasi pembayaran hanya dengan menggunakan sidik jari. NEXTFleet dari Indosat melengkapi ini dengan membantu perusahaan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan memantau armada secara real-time lewat aplikasi seluler dan perangkat IoT, mengurangi biaya operasional secara signifikan, meningkatkan efisiensi, serta mendorong produktivitas. Potensi penggunaan solusi pembayaran dalam kendaraan dan manajemen armada berbasis AI ini, memiliki ptensi tak terhingga baik untuk penggunaan pribadi, maupun terintegrasi, dan menekankan pada mobilitas yang terkoneksi bagi masa depan transportasi perkotaan, terutama seiring semakin tingginya mobilitas masyarakat dari area pedesaan menuju perkotaan.   

Peningkatan transaksi digital di Indonesia diproyeksi tumbuh sebesar 25,77 persen di 2024, bersamaan dengan bertambahnya kendaraan bermotor yang melebihi 157 juta di 2023 menghadirkan peluang signifikan bagi solusi inovatif yang meningkatkan pengalaman mobilitas. Melalui peningkatan efisiensi pembayaran dan manajemen armada, kolaborasi ini bertujuan menampilkan ekosistem mobilitas terhubung yang memenuhi kebutuhan Original Equipment Manufacturer (OEM), operator armada, dan bisnis lainnya.   

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer of Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Di Indosat Ooredoo Hutchison, kami berkomitmen untuk memanfaatkan AI dan teknologi inovatif guna merevolusi mobilitas perkotaan di Indonesia. Kemitraan dengan Mastercard menggarisbawahi ambisi kami menjadi AI TechCo, yang mencerminkan tujuan besar kami dalam memberdayakan Indonesia melalui solusi lebih cerdas dan efisien, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.”  

Aileen Goh, Country Manager and President Director, PT Mastercard Indonesia, mengatakan, “Mastercard berkomitmen secara global untuk mendorong inovasi di berbagai sektor, termasuk pembayaran digital, keberlanjutan, keamanan siber, dan pariwisata. Upaya Mastercard dalam mobility-as-a-service dan solusi pembayaran dalam kendaraan merupakan bagian dari upaya global kami untuk mengeksplorasi teknologi mutakhir bersama para pemimpin industri. Melalui kolaborasi ini dengan Indosat Ooredoo Hutchison, kami menampilkan berbagai kemungkinan yang dapat terwujud ketika inovasi, mobilitas, dan perdagangan dipadukan, serta apa yang akan datang di masa depan dengan ekosistem mobilitas perkotaan yang lebih terhubung, efisien, dan berkelanjutan di Indonesia.”   

Kolaborasi ini didasari oleh perjalanan Mastercard selama satu dekade untuk menciptakan solusi mobilitas yang terhubung tanpa hambatan, serta pengalaman pembayaran yang lebih terintegrasi dan intuitif bagi para komuter di seluruh dunia. Di Jerman, Mastercard telah bekerja sama dengan Mercedes Benz untuk memperkenalkan pembayaran dalam mobil untuk pengemudi melakukan pembayaran di pom bensin langsung dari kendaraan mereka, hanya dengan sidik jari. Seperti yang ditunjukkan di Urban Mobility Center Mastercard di Amsterdam, Mastercard berkomitmen untuk mengubah cara orang bergerak tempat dalam kota, serta berbagi keahlian, praktik terbaik, inovasi, dan kemampuan prototipe cepat dengan mitra dari seluruh dunia untuk mengatasi tantangan jaman yang mendesak.   

Kolaborasi Mastercard dan Indosat menegaskan kepemimpinan kedua perusahaan dalam inovasi teknologi. Dengan menentukan arah masa depan solusi teknologi pembayaran dalam kendaraan dan manajemen armada digital, keduanya tak hanya melewati batas standar industri, namun juga mempercepat hadirnya inovasi. Kolaborasi ini membuktikan komitmen kedua perusahaan mendukung transformasi dan meningkatkan pengalaman mobilitas perkotaan di Indonesia.  

 

 

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
19 jam yang lalu
BMW Indonesia Kuartal Pertama 2025 Rekor Penjualan Positif Brand Premium
Saya harap prestasi ini akan menjadi semangat kami di tahun 2025 dan dapat terus memperkuat posisi BMW sebagai brand otomotif premium terdepan di Indonesia dan nomor satu di segmen kendaraan listrik premium,” ujar Sunny Medalla, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
 
Nasional
23/04/2025 18:36 WIB
Canon dan PT Datascrip Rayakan 49 Tahun Sinergi Tak Tertandingi
Canon dan PT Datascrip telah menjadi fondasi utama pengembangan pasar imaging dan printing di Indonesia. Sejak tahun 1976, Canon mempercayakan PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk-produknya kepada konsumen Indonesia.
 
Nasional
23/04/2025 11:33 WIB
BPS Mencatat Nilai Impor Indonesia Tumbuh 18,92 Miliar Dolar AS pada Maret 2025
Rincian lebih lanjut menunjukkan bahwa impor migas pada Maret 2025 mencapai 3,13 miliar dolar AS, naik signifikan 9,07 persen dibanding bulan sebelumnya. Namun jika dibandingkan tahun lalu, angka ini turun 5,98 persen.
 
Nasional
23/04/2025 10:42 WIB
BI rate Masih Akan Ditahan Pada 5,75% Karena Masih Tingginya Tekanan Terhadap Rupiah
Rupiah kemarin masih kembali mengalami tekanan dan ditutup pada IDR16.855 per USD. Kami melihat bahwa potensi tekanan terhadap Rupiah masih cukup besar meskipun indeks Dollar (DXY) saat ini cenderung mengalami tren pelemahan dan berada di bawah level 99 dalam dua hari terakhir.
 
Nasional
23/04/2025 10:03 WIB
Lippo Mall Kemang Raih Sertifikasi EDGE, Bukti Komitmen Green Building di Hari Bumi 
Lippo Mall Kemang berhasil meraih sertifikasi EDGE dari IFC berkat penerapan sistem hemat energi dan air. Sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan PT Lippo Malls Indonesia, mal ini berhasil menghemat Rp4 miliar per tahun sekaligus mengurangi emisi karbon.
 
Nasional
21/04/2025 23:06 WIB
Ramai-ramai Beli Emas: Blibli Ajak Pelanggan #IngatVOMO, Bukan FOMO
Bertepatan dengan peringatan Hari Konsumen Nasional dan tren investasi emas yang melonjak, Blibli tekankan pentingnya pendekatan teknologi dan edukasi keamanan belanja lewat panduan hindari tipu-tipu #IngatVOMO.
 
Nasional
21/04/2025 16:43 WIB
CIMB Niaga Gelar Halalbihalal dan Silaturahmi Bersama Media
Sejalan dengan semangat perayaan Hari Kartini, acara ini berlangsung dalam nuansa budaya yang kental seperti penggunaan dekorasi yang mencerminkan Warna Nusantara, pakaian Javanese Heritage, dan memberikan apresiasi khusus kepada para jurnalis perempuan.
Telkomsel