Hendra Wiradi
Selasa, 22 Oktober 2024 - 19:51 WIB

Mastercard dan Indosat Ooredoo Hutchison Bekerja Sama untuk Menyoroti Potensi Teknologi Masa Depan dalam Mobilitas Perkotaan  

Foto/HendraWiradi/ECONOMICZONE
Foto/HendraWiradi/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE

Jakarta, Indonesia – 22 Oktober 2024 – Di tengah kemajuan pesat teknologi yang mempengaruhi industri, pelaku usaha dituntut untuk terus berinovasi agar tetap kompetitif. Menjawab tantangan itu, Mastercard dan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bekerja sama dalam menampilkan teknologi mutakhir dalam sistem transportasi dan pembayaran,  melalui prototipe yang mengintegrasikan solusi pembayaran dalam kendaraan dari Mastercard dengan sistem manajemen armada berbasis kecerdasan buatan (AI) dari Indosat, NEXTFleet. Kolaborasi ini merupakan langkah penting bagi kedua belah pihak, yang menunjukkan potensi besar dari ekosistem transportasi yang terkoneksi, serta menggabungkan mobilitas dan transaksi untuk membentuk kembali mobilitas perkotaan di Indonesia.  

Inisiatif ini memanfaatkan keahlian global Mastercard dalam solusi mobilitas perkotaan dan memanfaatkan platform NEXTFleet dari Indosat. Setiap tahunnya, Mastercard memproses miliaran transaksi mobilitas perkotaan secara global di dalam jaringannya – mencapai US$59,4 miliar di 2022 – dan terus memenuhi kebutuhan perjalanan untuk semua orang, di mana pun mereka. Melalui prototipe solusi ini, kolaborasi Mastercard dan Indosat ini mengekplorasi berbagai cara untuk meningkatkan pengalaman pengemudi dan efisiensi operasional bagi operator armada dan pengelola transportasi umum, sekaligus memperkenalkan teknologi inovatif bagi produsen otomotif untuk meningkatkan nilai produknya bagi konsumen individu.  

Prototipe ini menampilkan solusi pembayaran dalam kendaraan Mastercard yang memungkinkan para pengemudi bertransaksi dengan aman dan mudah--baik untuk pengisian bahan bakar, pembayaran tol, pengisian baterai kendaraan listrik, ataupun lantatur (layanan pemesanan restoran secara drive-through) dari dasbor kendaraan, tanpa perlu meninggalkan kendaraan mereka. Dengan memanfaatkan inovasi tokenisasi dan biometrik Mastercard, pengemudi dapat menyimpan kredensial pembayaran secara aman dalam sistem infotainment kendaraannya, dan mengautentikasi pembayaran hanya dengan menggunakan sidik jari. NEXTFleet dari Indosat melengkapi ini dengan membantu perusahaan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan memantau armada secara real-time lewat aplikasi seluler dan perangkat IoT, mengurangi biaya operasional secara signifikan, meningkatkan efisiensi, serta mendorong produktivitas. Potensi penggunaan solusi pembayaran dalam kendaraan dan manajemen armada berbasis AI ini, memiliki ptensi tak terhingga baik untuk penggunaan pribadi, maupun terintegrasi, dan menekankan pada mobilitas yang terkoneksi bagi masa depan transportasi perkotaan, terutama seiring semakin tingginya mobilitas masyarakat dari area pedesaan menuju perkotaan.   

Peningkatan transaksi digital di Indonesia diproyeksi tumbuh sebesar 25,77 persen di 2024, bersamaan dengan bertambahnya kendaraan bermotor yang melebihi 157 juta di 2023 menghadirkan peluang signifikan bagi solusi inovatif yang meningkatkan pengalaman mobilitas. Melalui peningkatan efisiensi pembayaran dan manajemen armada, kolaborasi ini bertujuan menampilkan ekosistem mobilitas terhubung yang memenuhi kebutuhan Original Equipment Manufacturer (OEM), operator armada, dan bisnis lainnya.   

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer of Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Di Indosat Ooredoo Hutchison, kami berkomitmen untuk memanfaatkan AI dan teknologi inovatif guna merevolusi mobilitas perkotaan di Indonesia. Kemitraan dengan Mastercard menggarisbawahi ambisi kami menjadi AI TechCo, yang mencerminkan tujuan besar kami dalam memberdayakan Indonesia melalui solusi lebih cerdas dan efisien, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.”  

Aileen Goh, Country Manager and President Director, PT Mastercard Indonesia, mengatakan, “Mastercard berkomitmen secara global untuk mendorong inovasi di berbagai sektor, termasuk pembayaran digital, keberlanjutan, keamanan siber, dan pariwisata. Upaya Mastercard dalam mobility-as-a-service dan solusi pembayaran dalam kendaraan merupakan bagian dari upaya global kami untuk mengeksplorasi teknologi mutakhir bersama para pemimpin industri. Melalui kolaborasi ini dengan Indosat Ooredoo Hutchison, kami menampilkan berbagai kemungkinan yang dapat terwujud ketika inovasi, mobilitas, dan perdagangan dipadukan, serta apa yang akan datang di masa depan dengan ekosistem mobilitas perkotaan yang lebih terhubung, efisien, dan berkelanjutan di Indonesia.”   

Kolaborasi ini didasari oleh perjalanan Mastercard selama satu dekade untuk menciptakan solusi mobilitas yang terhubung tanpa hambatan, serta pengalaman pembayaran yang lebih terintegrasi dan intuitif bagi para komuter di seluruh dunia. Di Jerman, Mastercard telah bekerja sama dengan Mercedes Benz untuk memperkenalkan pembayaran dalam mobil untuk pengemudi melakukan pembayaran di pom bensin langsung dari kendaraan mereka, hanya dengan sidik jari. Seperti yang ditunjukkan di Urban Mobility Center Mastercard di Amsterdam, Mastercard berkomitmen untuk mengubah cara orang bergerak tempat dalam kota, serta berbagi keahlian, praktik terbaik, inovasi, dan kemampuan prototipe cepat dengan mitra dari seluruh dunia untuk mengatasi tantangan jaman yang mendesak.   

Kolaborasi Mastercard dan Indosat menegaskan kepemimpinan kedua perusahaan dalam inovasi teknologi. Dengan menentukan arah masa depan solusi teknologi pembayaran dalam kendaraan dan manajemen armada digital, keduanya tak hanya melewati batas standar industri, namun juga mempercepat hadirnya inovasi. Kolaborasi ini membuktikan komitmen kedua perusahaan mendukung transformasi dan meningkatkan pengalaman mobilitas perkotaan di Indonesia.  

 

 

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
31/10/2024 18:22 WIB
Resmi Rilis di Indonesia, POCO C75 Jadi Hape Sejutaan dengan Performa Ekstrem Paling Savage!
POCO, brand teknologi yang populer di kalangan tech-enthusiast muda, hari ini mengumumkan peluncuran POCO C75 di Indonesia. Memadukan desain ramping dengan layar imersif berukuran 6,88 inci dan refresh rate 120Hz, POCO C75 siap menjadi pilihan paling savage bagi pengguna yang menginginkan…
 
Nasional
31/10/2024 04:57 WIB
UR Festival 2024
Erajaya Active Lifestyle (ticker code: ERAL) melalui merek ritel Urban Republic, menggelar UR Festival 2024, festival belanja yang digelar pada tanggal 28 Oktober-3 November 2024 bertempat di The Forum, Mall Kelapa Gading 3.
 
Nasional
30/10/2024 22:40 WIB
Bank DKI Mencatat Pertumbuhan Kredit dan Pembiayaan UMKM Sebesar 15,54% di Q3/2024
Bank DKI melaporkan pertumbuhan kredit dan pembiayaan di sektor UMKM sebesar 15,54% secara Year-on-Year (YoY), dari Rp4,93 triliun pada September 2023 menjadi Rp5,70 triliun pada September 2024. Pertumbuhan ini mencakup peningkatan sebesar 14,33%
 
Nasional
30/10/2024 16:32 WIB
Langkah Membumi Festival Kembali Digelar, Dorong Potensi Green Jobs dan Ekonomi Sirkular di Lintas Sektor
Blibli Tiket Action bersama Ecoxyztem Rangkul 70 Kolaborator Ciptakan Kesempatan di Tengah Perubahan Iklim
 
Nasional
30/10/2024 05:41 WIB
Gerakan Solidaritas Nasional, Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat dalam Membangun Bangsa
Presiden Prabowo Subianto meluncurkan Gerakan Solidaritas Nasional (GSN) untuk menyatukan kekuatan bangsa demi masyarakat yang adil dan makmur. GSN berperan sebagai pilar kelima demokrasi dengan gagasan besar untuk kemajuan Indonesia.
 
Nasional
29/10/2024 20:21 WIB
BMW Indonesia Mengumumkan Ekspansi Jaringan Diler Resmi Guna Permintaan Pelanggan
BMW Indonesia dengan bangga membuka era baru untuk subbrand kendaraan performa tingginya: BMW M, dengan perkenalkan dua model terbarunya BMW M4 CS dan BMW M2 Special Edition.
 
Nasional
29/10/2024 17:29 WIB
bank bjb Raih Penghargaan Best Brand Popularity dan Best Social Contribution Reputation di Indonesia Best Financial Awards 2024
Keberhasilan bank bjb dalam meraih dua penghargaan ini tidak terlepas dari dukungan manajemen yang solid serta dedikasi karyawan dalam memberikan layanan terbaik. Penghargaan untuk brand popularity menegaskan bahwa kepercayaan publik terhadap bank bjb semakin meningkat.
Telkomsel