Aldhi Chandra
Jumat, 27 Desember 2019 - 15:37 WIB

Kontrak Baru Wijaya Karya Gedung (WEGE) Mencapai Nilai Rp 9,6 Triliun

Foto/Dok-Roni.M/ECONOMICZONE
Foto/Dok-Roni.M/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Kontrak baru PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) telah mencapai Rp.9,6 triliun pada akhir pekan kedua Desember 2019. Angka ini setara 80% dari target kontrak baru tahun 2019 sebesar Rp 11,98 triliun.

"Kontrak Baru tersebut belum termasuk kontrak dengan penawaran terendah sekitar Rp500 milar yang rencananya akan diperoleh di akhir Desember 2019,” tambah Direktur Operasi I WEGE Rudy Hartono melalui rilis yang diterima EconomicZone.id.

Kontrak-kontrak baru yang telah diperoleh antara lain,  Mall CBD Citraland Surabaya, Apartemen Barsa City Yogyakarta, Kampus UC-4 Surabaya, Apartemen Embarcadero Bintaro, Collins Boulevard Serpong, The Park Mall Semarang, Jakarta International Stadium, Pakubowono Patra Kuningan, Bandara Hasanuddin Makasar, Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Jakarta,Hotel Domestik T3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Universitas Muhammadiyah Lampung, Apartemen Sun City Surabaya, Pengembangan Industri Teknologi Kepolisian Program Kreditor Swasta Asing dan Site Office Halim.

Menurut Direktur Utama WEGE Nariman Prasetyo, komposisi kontrak baru tersebut terdiri dari proyek pemerintah 9%, BUMN 64% dan swasta 27%. Adapun tipe proyeknya adalah perkantoran 6%, fasilitas umum 46%, komersial 6% dan residensial 42%.

Sementara itu di Kinerja Triwulan III-2019 WEGE meraih laba Rp 304,15 miliar atau naik 5,79 % (yoy) dari capaian laba bersih di periode yang sama tahun lalu Rp 287,50 miliar. Adapun, penjualan (tidak termasuk penjualan KSO) per 30 September 2019 sebesar Rp 3,37 triliun.

“Di tahun ini, dimana masa penawaran proyek-proyek dari pemerintah dan BUMN yang biasanya dilakukan di awal tahun mundur dari rencana karena siklus pemilu di Indonesia, namun WEGE tetap dapat mencatatkan pertumbuhan kinerja positif,” ujar Nariman.

WEGE akan terus mengembangkan usahanya di Lini Konsesi, saat ini perusahaan sedang dalam proses tender Konsesi Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) bandar udara, rumah sakit, dan badan usaha yang menjadi konsesi pada social & city infrastructure lainnya. Sebelumnya WEGE juga telah memiliki bisnis konsesi di de Braga Hotel Bandung dan Perkantoran Mandiri Proklamasi.

Sementara itu terkait ekspansi luar negeri, Wege bersinergi dengan Wika untuk menggarap proyek mixed use building senilai Rp 3,4 triliun di Senegal, Afrika Barat. Porsi WEGE di proyek ini 60% atau senilai kurang lebih Rp 2 triliun.

Terkait rencana perpindahan ibukota ke Kalimantan, menjadi peluang bagi WEGE dalam mengembangkan jasanya sebagai Total Solution Contractor dengan bisnisnya yang terintegrasi dari hulu ke hilir. Dengan alokasi biaya Rp300-500 triliun yang direncanakan (Bappenas), akan meningkatkan pertumbuhan pembanguan insfrastruktur dan properti di area tersebut. 

“Hal ini menjadi peluang besar bagi WEGE masuk sebagai kontraktor Gedung, termasuk bagi industri precast dan modular,” tegas Nariman.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
06/12/2021 10:48 WIB
Program Penanaman Pohon PEPC Capai 25.000 Pohon,  Bukti Komitmen Dalam Upaya Kurangi Emisi
Bojonegoro - PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 (Jambaran Tiung Biru/ JTB) Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina terus berupaya mengambil peran penting pada pengurangan emisi karbon. Bersamaan dalam momentum Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap tanggal…
 
Nasional
02/12/2021 16:29 WIB
Antisipasi Pengalihan Arus, KA Jarak Jauh Bisa Naik dari Stasiun Jatinegara
Dalam rangka mengantisipasi pengalihan Arus Lalu Lintas pada Kamis (2/12), ada 12 Nomor KA keberangkatan Stasiun Gambir berhenti di Stasiun Jatinegara untuk melayani naik penumpang KA Jarak Jauh.
 
Nasional
02/12/2021 16:26 WIB
Demi BUMN yang Kuat dan Mampu Bersaing, Erick Thohir Tutup 74 Anak Cucu Perusahaan
Kementerian BUMN terus melakukan efisiensi dan konsolidasi BUMN, terutama terkait dengan anak dan cucu perusahaan BUMN. Sampai dengan saat ini, 74 anak dan cucu perusahaan BUMN telah ditutup oleh Kementerian BUMN.
 
Nasional
01/12/2021 23:47 WIB
Optimalkan Layanan, ASABRI Luncurkan Pembaruan Aplikasi Mobile
PT ASABRI (Persero) meluncurkan pembaruan aplikasi ASABRI Mobile untuk pengguna iOS dan Android. Pembaruan aplikasi ASABRI Mobile membawa banyak perubahan penting dari mulai tampilan, fungsi, penambahan fitur, dan hadirnya versi iOS.
 
Nasional
01/12/2021 16:02 WIB
Keunggulan Kompor Induksi
PT PLN (Persero) terus mendorong electrifying lifestyle atau gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan.
 
Nasional
01/12/2021 15:59 WIB
DPR: Barata Indonesia Harus Jadi Leader Industri Manufaktur Nasional
Komisi VI DPR RI melakukan lawatan ke PT Barata Indonesia (Persero) dalam rangka mendukung program restrukturasi yang dijalankan PT Perusahaan Pengelola Aset ( Persero) kepada Barata Indonesia.
 
Nasional
01/12/2021 15:56 WIB
Awal Tahun 2021, BNI Life Bayarkan Klaim Hingga Rp1,25 Triliun
Di umur yang ke-25, BNI Life mengadakan rangkaian acara syukuran ulang tahun secara virtual dangan tema “Silve25ary”.
Telkomsel