RM
Selasa, 18 Juni 2024 - 13:14 WIB

Demi Jakarta Sehat, Pemda Ajak Warga Dukung Gelaran Marathon Kelas Dunia

Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - JAKARTA– Pemda Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bakal menggelar ajang marathon berkelas dunia yakni BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu, 23 Juni 2024. Ajang ini dinilai akan membuat penduduk Jakarta semakin sehat dengan menggemari olahraga lari dan sekaligus mengukuhkan identitas kota Jakarta sebagai kota metropolitan yang mendorong “sports tourism” atau pariwisata berbasis olahraga. 

Tidak banyak kota di Indonesia yang mampu mencapai status tersebut, apalagi dengan pengakuan dari masyarakat internasional. Berdasarkan definisi UN Tourism, badan PBB yang menaungi kepariwisataan dunia, sports tourism merupakan jenis aktivitas pariwisata yang memberikan pengalaman berolahraga ataupun menyaksikan kompetisi olahraga kepada turis yang datang ke suatu tempat.

Lembaga dunia tersebut mencatat, sports tourism menyumbang sekitar 10% terhadap belanja pariwisata secara global, dengan pertumbuhannya diperkirakan mencapai 17,5% pada rentang 2023 hingga 2030 seiring dengan pergerakan turis di dalam maupun antar benua. Secara luas, sports tourism dapat berdampak positif terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup di sekitar, dan memicu pembangunan serta meninggalkan warisan yang tidak lekang oleh waktu.

Pemprov Jakarta telah mempromosikan Jakarta sebagai kota yang mendorong sports tourism sejak beberapa tahun lalu, termasuk dengan kampanye Jakarta Sports Week, untuk menarik lebih banyak turis dari mancanegara maupun domestik. Kali ini, dengan mengadakan BTN JAKIM 2024, Jakarta ingin menjadi kota yang tetap dikenal dunia, meskipun nantinya akan melepas statusnya sebagai ibukota negara setelah diambil alih oleh Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Salah satu kegiatan agar kota Jakarta itu tetap bisa dikenal dunia, maka kita harus melakukan kegiatan bertaraf internasional, salah satunya JAKIM,” kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta belum lama ini. 

BTN JAKIM 2024 merupakan salah satu ajang lari marathon berkelas dunia dan diakui oleh badan atletik dunia, yakni World Athletics. Ajang ini diadakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 kota Jakarta, dengan sponsor utama yakni PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Sebanyak 15.000 pelari baik dari dalam maupun luar negeri diharapkan berpartisipasi dalam BTN JAKIM 2024, yang akan melombakan tiga kategori, yakni Marathon (42,195K), Half Marathon (21,0975K), dan 10K. Sedangkan hadiah total yang disiapkan dalam ajang ini sekitar Rp3 miliar, termasuk grand prize sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon, khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Heru mengatakan, dengan mendorong Jakarta sebagai kota sports tourism, pertumbuhan perekonomian tidak hanya terjadi di Jakarta, melainkan juga Indonesia. Hal ini sejalan dengan harapan pemerintah pusat bahwa Jakarta akan menjadi kota istimewa sebagai pusat pertumbuhan bisnis dan ekonomi yang dikenal secara internasional, selepas menanggalkan statusnya sebagai ibukota negara. 

Keseriusan Pemprov Jakarta juga terlihat dari upaya riset yang dilakukan sebelum melaksanakan BTN JAKIM 2024. Heru mengatakan, untuk menyukseskan perhelatan BTN JAKIM 2024, pihaknya mengadakan studi banding ke beberapa negara yang telah sukses menggelar kegiatan marathon bertaraf internasional seperti Tokyo Marathon. Seperti halnya ajang lari internasional di banyak negara, Pemprov Jakarta memutuskan untuk mensterilkan rute-rute jalan yang dilalui oleh peserta BTN JAKIM 2024 dari kendaraan bermotor.

“Kami berharap pelaksanaan BTN JAKIM 2024 bisa sekelas dengan kegiatan marathon yang telah dilaksanakan oleh kota-kota besar lainnya di mancanegara seperti Tokyo Marathon,” ujar Heru.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
16 jam yang lalu
Titan Roti 88 Sukses Berkat Digitalisasi dari Indibiz-Moka Pos Yang Permudah Manajemen Operasional
Industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia harus bertransformasi digital agar tidak kalah saing. UKM dari semua sektor bisnis, tak terkecuali segmen kuliner,
 
Nasional
21 jam yang lalu
BPKH Tunjuk UUS Bank DKI Sebagai Bank Pengelola Keuangan Haji
Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI mendapatkan kepercayaan dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebagai salah satu Bank Umum Pengelola Keuangan Haji yang melaksanakan fungsi sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Periode Juli 2024 - Juni 2027.
 
Industri
22 jam yang lalu
Mengusung Alpha 11, TV LG OLED evo G4 Siap Meluncur
LG Electronics Indonesia (LG) resmi membuka opsi pre order bagi TV OLED terbarunya, LG OLED evo G4 dengan bentang layar 65 inci yang dapat diperoleh melalui website resmi LG Indonesia www.lg.com/id.
 
Nasional
22/07/2024 23:57 WIB
Bank DKI Peduli Berikan Bantuan Anak dengan HIV (ADHIV) melalui Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta
Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional dan sebagai wujud nyata dari Program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL), Bank DKI memberikan bantuan kepada 80 anak yang hidup dengan HIV (ADHIV).
 
Nasional
21/07/2024 10:49 WIB
Lewat Grand Final Proliga Bolavoli 2024, Bank DKI Ajak Warga Gunakan Transaksi Non Tunai
Melalui ajang Grand Final Proliga Bolavoli 2024 yang diselenggarakan di Jakarta pada 20 s.d. 21 Juli 2024, Bank DKI kembali mengajak warga untuk merasakan kemudahan dan keamanan bertransaksi secara non tunai menggunakan produk perbankan digital.
 
Nasional
19/07/2024 17:51 WIB
Bank Mandiri Taspen dan BSSN Gelar Seminar Memperkuat Kesadaran dan Keamanan Siber
Bank Mandiri Taspen telah mengambil langkah maju dalam memperkuat kesadaran dan keamanan siber di lingkungan internal.
 
Nasional
19/07/2024 16:24 WIB
Mulai Pasarkan Proyek Rumah Mewah di Bali, GOLF Targetkan Marketing Sales Rp465 Miliar
'The Links Golf Villa' merupakan kawasan perumahan dengan nuansa villa yang dibangun perseroan melalui anak usahanya, yaitu PT New Kuta Golf and Ocean View (NKG). Ini akan menjadi satu satunya perumahan di Bali yang berada di dalam area lapangan golf.
Telkomsel