Fery Pradolo
Selasa, 30 April 2024 - 21:42 WIB

Stanford Seed Umumkan Ekspansi ke Indonesia Melalui Program Seed Transformation

Stanford Seed Umumkan Ekspansi ke Indonesia Melalui Program Seed Transformation
Stanford Seed Umumkan Ekspansi ke Indonesia Melalui Program Seed Transformation
Dummy

ECONOMIC ZONE - Stanford Seed, program inisiasi dari Stanford Graduate School of Business (GSB) yang bermitra dengan para wirausahawan untuk mengembangkan sektor bisnis dunia, mengumumkan perluasan programnya di Indonesia. Misi untuk memberdayakan pengusaha lokal yang berpengalaman dan berpotensi, Stanford Seed memperkenalkan program Seed Transformation di Indonesia dengan mengundang 45 CEO dan pendiri bisnis lokal untuk berpartisipasi dalam perjalanan pertumbuhan bisnis yang eksponensial, serta pengembangan kepemimpinan.

“Sejalan dengan visi global, ekspansi program di luar kawasan Afrika dan Asia Selatan selalu menjadi bagian dari rencana kami, sehingga melebarkan sayap ke Indonesia merupakan langkah yang kami rasa patut diambil dalam perjalanan tersebut,” tutur Direktur Eksekutif Stanford Seed, Darius Teter. “Indonesia memiliki populasi yang banyak, tata kelola pemerintahan yang mendukung pertumbuhan usaha, dan jumlah perusahaan lokal yang masif untuk pertumbuhan eksponensial kedepannya. Ketika menentukan negara-negara untuk program ini, kami selalu mempertimbangkan faktor-faktor berikut dengan cermat, dimana kami selalu bertanya pada diri kami: Di negara mana kami bisa bekerjasama dengan para pelaku usaha beserta tim manajemen yang memiliki dedikasi tinggii dan siap untuk membuat dampak yang berarti bagi masyarakat?”

Tentang Stanford Seed

Stanford Seed, sebuah inisiatif oleh Stanford Graduate School of Business (GSB) yang bertujuan untuk mengentaskan siklus kemiskinan global dengan menjalin kemitraan bersama para wirausahawan berpengalaman di pasar yang sedang berkembang. Melalui pelatihan bisnis dan sumber daya kelas dunia, Seed membantu dan mendukung para CEO dan pendiri bisnis untuk meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja, dan memberikan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan. Berteguh pada potensi usaha kecil dan menengah (UKM) sebagai tulang punggung kemakmuran ekonomi, Stanford Seed menghadirkan program edukasi dan sumber daya yang dirancang untuk meningkatkan peluang kesuksesan bisnis.

Program Seed Transformation merupakan program pelatihan kepemimpinan unggulan dari Stanford Seed yang dirancang selama 10 bulan untuk CEO dan pendiri bisnis bersama dengan tim manajemennya untuk melihat peluang pertumbuhan dan merumuskan rencana strategis untuk perkembangan bisnis mereka. Program ini mengundang perusahaan di Indonesia yang memiliki pendapatan dari US$300 ribu atau setara dengan IDR 4.8 miliar (asumsi kurs Rp 16.266 per dolar US) hingga US$15 juta atau setara dengan IDR 243.9 miliar (asumsi kurs Rp 16.266 per dolar US). Menggunakan metode gabungan antara pembelajaran tatap muka dan daring, program ini akan memberikan pengalaman belajar yang fleksibel dan sesuai dengan para pemimpin bisnis.

Stanford Seed bangga dengan pencapaian para pesertanya, dimana pendapatan peserta meningkat 75 persen, 39 persen di antaranya menjalin kemitraan bisnis dengan peserta lain dan 34 persen peserta lainnya berhasil memperluas usahanya ke pasar yang baru. Saat ini, peserta dari Afrika dan Asia Selatan berhasil mengumpulkan modal lebih dari US$1.025 miliar atau setara dengan IDR 16 triliun (asumsi kurs Rp 16.266 per dolar US).

Program

Biaya Program: US $6,000*

  • *Disubsidi secara signifikan oleh para donatur Seed.

Beasiswa dan Persyaratan

Beasiswa tersedia untuk perusahaan kecil, pendiri bisnis perempuan, dan wirausahawan sosial yang disediakan bagi mereka yang maju ke tahap wawancara. Program ini dirancang untuk para CEO dan pendiri perusahaaan nirlaba atau wirausaha sosial dengan tujuan keberlanjutan sosial berbasis di Afrika, Asia Selatan, dan sekarang Indonesia, dengan pendapatan tahunan antara US$300 ribu atau setara dengan IDR 4.8 miliar (asumsi kurs Rp 16.266 per dolar US) hingga US$15 juta atau setara dengan IDR 243.9 miliar (asumsi kurs Rp 16.266 per dolar US). Program ini disampaikan sepenuhnya dalam Bahasa Inggris untuk para CEO atau pendiri bisnis, sementara materi untuk anggota tim lainnya disampaikan dalam Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris.

Komitmen Program

  • Durasi Program: Januari – November 2025
  • Format: Paruh waktu, gabungan sesi kelas tatap muka dan daring
  • Sesi Tatap Muka: 2x (dua kali) per minggu, diadakan di Jakarta dan/atau Bali
  • Lokakarya Perusahaan: 2 (dua) hari di perusahaan terkait bersama tim manajemen perusahaan.
  • Pembelajaran Daring: Jadwal fleksibel dan menyesuaikan dengan CEO/pendiri bisnis (5-8 jam/minggu) dan tim manajemen (2-4 jam/minggu)

Manfaat utama

  • Menggunakan kurikulum kelas dunia dari Stanford GSB untuk mengembangkan bisnis
  • Melibatkan hingga lima anggota tim manajemen perusahaan untuk pengembangan yang komprehensif
  • Membuat growth action plan yang rinci
  • Berkolaborasi dengan penasihat bisnis yang berdedikasi
  • Memeroleh sertifikat dari Stanford Graduate School of Business
  • Bergabung dalam jaringan Seed Transformation yang beranggotakan lebih dari 1.000 CEO/pendiri dari 30 negara di dunia
  • Mendapatkan akses ke pelatih Seed, konsultan, dan mahasiswa magang Stanford

Stanford Seed mengajak para CEO dan pendiri bisnis di Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan ini dalam mengembangkan sektor bisnis dan menjadi agen perubahan ekonomi.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
14 jam yang lalu
Sukseskan World Water Forum Ke-10 XL Axiata Siapkan Jaringan Berkualitas dan Body Worn Camera
T XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan kesiapan jaringan 4G miliknya guna mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum (WWF) ke-10, yang berlangsung pada 18-25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali.
 
Nasional
24 jam yang lalu
Peringati Hari Kesehatan Mulut Sedunia, Sensodyne Tingkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Kesehatan Gigi
Memperingati Hari Kesehatan Mulut Sedunia, brand Haleon, Sensodyne berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia Pengurus Wilayah (PDGI Pengwil) Jakarta dan para retailer menyelenggarakan Fun Walk dan edukasi kesehatan gigi di Jakarta.
 
Nasional
14/05/2024 21:43 WIB
Bank DKI Gandeng Perumda Pasar Pakuan Jaya, Berikan Fasilitas Kredit Kepemilikan Tempat Usaha di Pasar Sukasari Bogor
Bank DKI dan Perumda Pasar Pakuan Jaya menjalin kerja sama, khusus untuk memberikan dukungan finansial kepada para pelaku usaha dalam mendapatkan kepemilikan tempat usaha agar lebih mudah dan terjangkau di wilayah Pasar Sukasari Bogor.
 
Nasional
14/05/2024 14:56 WIB
Naik 32,61%, PertaLife Insurance Cetak Laba Bersih Rp96,14 Miliar di 2023
PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) membukukan laba bersih perusahaan sebesar Rp96,14 miliar di 2023 atau naik 32,61 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp72,49 Miliar. Pencapaian itu menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah di perusahaan tersebut.
 
Nasional
13/05/2024 16:03 WIB
CIMB Niaga Syariah Kembangkan Ekosistem Haji dan Umrah
Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) terus memperkuat sinergi dengan stakeholders, termasuk Kementerian Agama (Kemenag), Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), serta asosiasi dan penyelenggara travel Haji dan Umrah.
 
Nasional
13/05/2024 12:13 WIB
Kemenkominfo Berkolaborasi Dorong Ekonomi Digital Masyarakat Desa di Blitar
Kemenkominfo RI bersama dengan Kemendes-PDTT, Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur (UPN Veteran Jatim) dan Relawan TIK menyelenggarakan Sarasehan Nasional dan Workshop Literasi Digital Sektor Pendidikan dengan tema ‚ÄúLiterasi Digital dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui…
 
Nasional
12/05/2024 19:16 WIB
Ruas Padang-Bukittinggi Putus Diterjang Banjir Bandang dan Luapan Sungai
Musibah banjir bandang, luapan sungai dan musibah lahar dingin melanda sejumlah titik di wilayah hukum Polres Padangpanjang, terutama Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanahdatar, Minggu (12/05/2024). Hingga saat ini, jalan nasional Padangpanjang-Padang di kawasan Lembah Anai sama sekali…
Telkomsel