CIMB Niaga
Rabu, 21 Februari 2024 - 15:13 WIB

CIMB Niaga Menutup Tahun 2023 dengan Perolehan Kinerja Tertinggi

Dok CIMB Niaga
Dok CIMB Niaga
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Bank CIMB Niaga Tbk ("CIMB Niaga" atau "Bank"; IDX: BNGA) hari ini melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (audited) sebesar Rp8,4 triliun pada tahun 2023 ("FY2023"), naik sebesar 27,0% year-on-year (“Y-o-Y”), dan menghasilkan earnings per share Rp259,45.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, "Kinerja menggembirakan yang berhasil kami raih pada 2023 mencerminkan konsistensi kami dalam menjaga ketahanan, agility, dan pendekatan yang berorientasi pada nasabah. Kami senantiasa berusaha untuk meningkatkan pertumbuhan profit, seperti yang terlihat pada peningkatan laba sebelum pajak yang mencapai Rp8,4 triliun atau tertinggi hingga saat ini. Penting untuk digarisbawahi adalah perbaikan dalam kualitas aset, seperti yang ditunjukkan oleh penurunan signifikan pada rasio kredit bermasalah (“Gross Non Performing Loan - NPL”) yang turun dari 2,8% pada Desember 2022 menjadi 2,0% pada Desember 2023. Ke depan, kami akan tetap menyediakan solusi keuangan terbaik yang relevan guna menjawab kebutuhan nasabah yang beragam dan terus berkembang.”

“Seiring dengan dinamika perbankan dan keuangan, kami tetap menjaga komitmen terhadap prioritas strategis. Area fokus utama kami secara konsisten berfokus pada: memperluas basis nasabah, meningkatkan portofolio CASA, memastikan peningkatan kualitas aset yang berkelanjutan, dan mendorong peningkatan perbankan digital. Pendekatan strategis yang teguh menempatkan kami untuk menghadapi masa depan yang lebih baik, selaras dengan dedikasi kami untuk selalu memberikan layanan keuangan terbaik bagi seluruh nasabah,” jelas Lani.  

CIMB Niaga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (“CAR”) dan loan to deposit ratio (“LDR”) masing-masing sebesar 24,0% dan 89,3%.

Total aset konsolidasian adalah sebesar Rp334,4 triliun (+9,0% Y-o-Y) per 31 Desember 2023, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Total Dana Pihak Ketiga (“DPK”) meningkat menjadi Rp235,9 triliun (+3,8% Y-o-Y), menunjukkan rasio current account and savings account (CASA) yang baik sebesar 63,9%. Hal ini juga menegaskan komitmen CIMB Niaga dalam membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital CIMB Niaga. Hal tersebut terlihat bahwa 86% dari pembukaan deposito berjangka berasal dari digital channel.

"Di CIMB Niaga, kami juga berfokus pada Customer Centricity, salah satunya dengan terus memberikan nilai dan pengalaman yang unik, serta berbeda kepada nasabah dalam melakukan transaksi perbankan bersama CIMB Niaga. Di 2023, kami berhasil mempertahankan skor Net Promoter Score (NPS) sebesar 50%. Hal ini menunjukkan banyaknya jumlah nasabah yang tidak hanya setia, namun juga bersedia merekomendasikan CIMB Niaga kepada keluarga, teman, atau kolega mereka. Kami mengucapkan terima kasih kepada para nasabah, karyawan, dan stakeholders atas kepercayaan, dukungan, dan keyakinan terhadap CIMB Niaga selama ini," kata Lani.

Jumlah kredit/pembiayaan naik 8,5% Y-o-Y menjadi Rp213,4 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan pada bisnis Corporate Banking sebesar 11,7% Y-o-Y, diikuti Small Medium Enterprise (“SME”) yang naik 9,5% Y-o-Y dan Consumer Banking yang tumbuh 6,9% Y-o-Y. Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (“KPM”) yang meningkat sebesar 15,7% Y-o-Y.

Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (“UUS”) CIMB Niaga ("CIMB Niaga Syariah") berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan Rp55,2 triliun (+17,0% Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp44,9 triliun (+13,7% Y-o-Y) per 31 Desember 2023.

“Sejalan dengan komitmen teguh kami terhadap program lingkungan hidup, kami telah berhasil mencapai sejumlah perkembangan signifikan pada 2023, termasuk mencatat pembiayaan kredit berwawasan lingkungan hidup sebesar Rp55,45 triliun, atau 25,97% dari keseluruhan pembiayaan kami. Selain itu, kami juga telah berhasil memenuhi target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) Cakupan 1 dan 2 sebesar 22% dibandingkan dengan garis dasar emisi GRK 2019. Kami juga terus mendukung aksi mitigasi perubahan iklim, misalnya pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) melalui pembelian Renewable Energy Certificate (REC), pembelian unit karbon melalui Bursa Karbon Indonesia (Indonesia Carbon Exchange atau IDXCarbon), dan pemasangan solar panel. Selain itu, kami telah melampaui target awal kami sebesar 5% dengan mencapai pertumbuhan sebesar 17% dalam portofolio pembiayaan kelapa sawit berkelanjutan,” tambah Lani.

Bersama dengan CIMB Group, Bank juga menetapkan serta mengumumkan target dan strategi dekarbonisasi dan transisi berkeadilan (just transition) untuk beberapa sektor yang memiliki intensitas emisi GRK tinggi, yaitu batu bara, kelapa sawit, semen, dan ketenagalistrikan.

Jaringan

CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Di 2023, 96% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Bizchannel@CIMB, Automated Teller Machines (“ATM”), dan OCTO Pay (e-money). 

OCTO Mobile memimpin inisiatif digitalisasi di CIMB Niaga dengan menyajikan beragam kenyamanan perbankan dan kemampuan dalam menunjang transaksi, seperti BI-FAST dan Scan QRIS, serta memiliki fitur pinjaman yang komprehensif, seperti kartu kredit dan personal loan. Untuk memenuhi tingginya minat terhadap layanan travel, OCTO Mobile mempermudah pembukaan rekening tabungan secara digital dengan 14 pilihan mata uang asing. Pengguna OCTO Mobile dapat dengan mudah menggunakan rekening tersebut sebagai sumber dana untuk transaksi di negara lain dengan kartu debit CIMB Niaga. Hingga 31 Desember 2023, OCTO Mobile telah melayani hampir 3 juta pengguna.

Sementara itu, OCTO Clicks sebagai internet banking difokuskan untuk melayani nasabah high-valued dalam memenuhi berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian, dan Top-Up. Selain itu, anak perusahaan PT CIMB Niaga Auto Finance ("CNAF") juga telah mengembangkan aplikasi digitalnya sendiri bernama CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.

“Kami terus melakukan inovasi terhadap digital banking kami, dengan fokus untuk mentransformasikan layanan tersebut menjadi powerful wealth platform yang dapat memenuhi perkembangan kebutuhan masyarakat yang ingin berinvestasi pada berbagai instrumen, baik reksa dana, obligasi, serta deposito berjangka dengan tingkat suku bunga yang kompetitif,” ujar Lani.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 412 cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounge). Per 31 Desember 2023, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 3.893 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 544.056 EDC, QR dan e-Commerce.

Pada 2023, CIMB Niaga menghadirkan model terbaru kantor cabang berkonsep hybrid yaitu Digital Branch yang memadukan konsep Cabang Konvensional dan Digital Lounge. Konsep ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital dengan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga. Hingga 31 Desember 2023, CIMB Niaga telah meluncurkan 5 Digital Branch yang tersebar di Jakarta, Jawa Tengah, dan Bali. Adapun di 2024, Digital Branch akan diimplementasi secara nasional.

 Kerja Sama Strategis Atasi Gizi Buruk Cegah Stunting Sebagai bagian dari corporate citizenship, CIMB Niaga berkolaborasi dengan United Nations Children's Fund (UNICEF) menginisiasi kerja sama strategis untuk membantu Pemerintah dalam mengatasi masalah gizi buruk sebagai upaya mencegah stunting di Indonesia. Program yang berlangsung tiga tahun ini difokuskan di Nusa Tenggara Timur (NTT).  “Kami menyadari masalah wasting dan stunting merupakan tantangan yang harus dihadapi secara gotong royong. Karena itu, dalam program ini CIMB Niaga berkolaborasi dengan UNICEF serta juga memberikan kesempatan kepada masyarakat dan nasabah yang ingin berkontribusi dengan berdonasi melalui Rekening CIMB Niaga Peduli,” kata Lani.

Selain bersama UNICEF, sebelumnya CIMB Niaga melalui Unit Usaha Syariah (CIMB Niaga Syariah) juga telah mencanangkan progam Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dan Kompas Gramedia Group. “Dengan upaya bersama ini, kami berharap program dapat berdampak positif untuk mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia,” tambah Lani.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
9 jam yang lalu
Telkom Dukung Entrepreneur Hub dan Bertekad Jadikan Transformasi Digital sebagai Katalisator Pertumbuhan Bisnis
Telkom Indonesia terus menunjukkan komitmennya dalam melakukan akselerasi pembangunan masyarakat digital untuk peningkatan ekonomi digitalisasi dan pemberdayaan UMKM di Indonesia, salah satunya dituangkan dalam Entrepreneur Hub 2025
 
Nasional
9 jam yang lalu
Telkom Solution Hadirkan Solusi Digital Inovatif untuk Segmen Market Enterprise Business di Indonesia
Telkom Solution menghadirkan tiga solusi unggulan, Connectivity+, Cyber Security dan Artificial Intelligence untuk market B2B
 
Nasional
12 jam yang lalu
Berbagi Berkah Momentum Ramadan, Krom Bank Bagikan Donasi ke Ratusan Anak Yatim – Dhuafa
Kegiatan ini merupakan wujud komitmen perusahaan kepada masyarakat khususnya bagi warga sekitar dengan membagikan ratusan paket sembako dan paket Iftar. Krom Bank juga berkolaborasi dengan TCare Foundation turut guna menyukseskan kegiatan tersebut.
 
Nasional
19/03/2025 22:47 WIB
BenQ Board RE04FVD: Interactive Flat Panel Canggih dengan Skor TKDN Tertinggi di Kelasnya
BenQ melalui PT Datascrip sebagai distributor resmi produknya di Indonesia menghadirkan BenQ Board RE04FVD, sebuah Interactive Flat Panel (IFP) terbaru yang dirancang untuk mendukung kemajuan dunia pendidikan dan bisnis agar lebih interaktif, efisien, dan selaras dengan perkembangan…
 
Nasional
19/03/2025 21:12 WIB
IFG Life Berbagi Kebahagiaan Ramadan dengan Anak Panti Asuhan: Belanja Baju Lebaran & Buka Puasa Bersama
PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life), anggota BUMN holding asuransi, penjaminan, dan investasi, mengadakan program donasi untuk anak-anak dari Panti Asuhan Harapan Remaja, Rawamangun.
 
Nasional
18/03/2025 06:56 WIB
Universitas Logistik dan Bisnis Internasional Perkuat Daya Saing Global
(ULBI Bandung perkuat daya saing dengan Transformasi Akademik dan Kolaborasi Internasional)
 
Bisnis
16/03/2025 13:47 WIB
BNI Luncurkan Wholesale Innovation Hub, Percepat Transformasi Digital Perbankan
BNI resmikan Wholesale Innovation Hub di RDTX Square, mendukung inovasi digital & layanan perbankan bagi nasabah korporasi.
Telkomsel