RM
Sabtu, 16 Desember 2023 - 06:46 WIB

Komitmen Terapkan Bisnis Berkelanjutan, Bank DKI Raih Penghargaan Anugerah CSR IDX Channel 2023

Foto/Dok-BankDKI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-BankDKI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Jakarta – Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung penerapan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui penyelenggaraan program Corporate Social Responsibility (CSR) Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK), kembali diapresiasi dengan meraih penghargaan dari IDX Channel sebagai Program CSR Category Economic Development Initiatives. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Pengembangan Infrastruktur dan Manajemen Informasi PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, Dharma Setyadi pada gelaran Anugerah CSR IDX Channel 2023 bertajuk ‘Enhancing CSR Strategy To Drive Impactful Transformation’ yang diselenggarakan di Jakarta pada Selasa (12/12).

Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas Direktur Utama, Amirul Wicaksono menyampaikan bahwa sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank DKI turut menjalankan peran sebagai fasilitator pertumbuhan dan penyetaraan ekonomi masyarakat di DKI Jakarta, "Bank DKI memiliki fokus khusus pada inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat lokal dan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan serta peningkatan kualitas hidup," ujar Amirul.

Lebih lanjut, Amirul menjelaskan Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK) merupakan program CSR unggulan Bank DKI yang telah dilaksanakan sejak tahun 2014. Program ini melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengembangkan kebun hidroponik yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Saat ini, JAKONIK telah memiliki 9 kelompok anggota yang tersebar di 9 wilayah rusun di Jakarta. Para anggota JAKONIK telah dibekali pelatihan dan pendampingan untuk memaksimalkan hasil panen serta pengelolaan bisnis hidroponik dari hulu hingga hilir, dengan cakupan peran sebagai pusat pemasaran hidroponik, pusat pendampingan usaha hidroponik, penyedia layanan edukasi, penyedia sarana dan prasarana seperti pupuk, bibit dan peralatan.

Anugerah CSR IDX Channel 2023 merupakan bentuk apresiasi dari IDX Channel kepada perusahaan yang telah menunjukkan kinerja CSR yang unggul dan konsisten. Beberapa indikator yang dijadikan kriteria penilaian, terdiri atas 3 aspek utama, yaitu aspek kepatuhan (compliance) terhadap ISO 26000 tentang social responsibility, aspek Good Corporate Governance, dan aspek keselarasan program CSR dengan strategi dan daya saing bisnis. Adapun tema bertajuk ‘Enhancing CSR Strategy To Drive Impactful Transformation’ bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menjalankan inisiatif CSR yang berdampak kepada bisnis, masyarakat dan lingkungan di masa perbaikan ekonomi.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan keberhasilan CSR dapat dilihat dari manfaat yang dihasilkan bagi masyarakat, “Sebagai CSR unggulan Bank DKI, JAKONIK diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi komunitas sekitar dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memberdayakan perekonomian lokal. Keberhasilan Jakonik terbukti mampu membantu mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh,” ucap Arie.

Salah satu program CSR dan bentuk nyata dukungan dalam pemberdayaan UMKM di DKI Jakarta, Bank DKI bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah meresmikan Kampung UMKM di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Dalam implementasinya, Bank DKI melakukan penataan ulang dengan pendekatan digitalisasi melalui aplikasi JakOne Abank, dan JakOne Merchant terhadap lokasi sementara (loksem) bagi para pedagang UMKM. Melalui program ini, Bank DKI berharap dapat meningkatkan pemahaman dan inklusi keuangan masyarakat lokal, maupun pengunjung Kepulauan Seribu.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Industri
28/02/2024 12:10 WIB
Dua Perusahaan Indonesia Umumkan Komitmen Bebas Sangkar
Setelah dialog dengan Act For Farmed Animals, perusahaan cepat saji, Subway Indonesia serta restoran dan toko retail, Bali Buda, mengumumkan komitmennya untuk tidak menggunakan telur dari sangkar dalam rantai pasokan mereka.
 
Nasional
25/02/2024 21:47 WIB
Berkolaborasi dengan Sinarmas Land, Kemenkominfo Memaksimalkan Pembangunan Ekonomi Digital
Kemenkominfo dan Sinarmas Land berkolaborasi menggelar seminar kegiatan literasi digital untuk meningkatkan masyarakat akan pentingnya empat pilar literasi digital dalam memaksimalkan media sosial sebagai alat pemasaran dan pembangunan ekonomi digital.
 
Nasional
25/02/2024 15:51 WIB
BTN Bangun Peradaban dan Masa Depan Bangsa
Siapa tidak kenal dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN)? Seluruh Indonesia mengenalnya sebagai Raja KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Hampir seluruh rumah pertama yang dimiliki masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dibiayai oleh Bank BTN.
 
Nasional
24/02/2024 07:50 WIB
Kemenkominfo Mengukuhkan Mahasiswa Universitas Negeri Malang Sebagai Agen Perubahan
Kemenkominfo mendukung Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) lewat Seminar Literasi Digital Sektor Pendidikan yang bertujuan untuk mengasah kemampuan kritis mahasiswa di tengah gempuran distorsi informasi.
 
Nasional
22/02/2024 20:33 WIB
BMW Group Indonesia Gandeng PLN , PT Haleyora Power, dan PT Tri Energi Berkarya , Melalui Layanan HomeCharging Untuk Pelanggannya
BMW Group Indonesia bersama dengan PT PLN (Persero), PT Haleyora Power, dan PT Tri Energi Berkarya umumkan kolaborasi strategis melalui penandatanganan layanan home-charging untuk pembeli kendaraan listrik dari BMW i dan MINI Electric di Jakarta, Kamis (22/2/2024).
 
Nasional
22/02/2024 15:40 WIB
Apresiasi Nasabah Istimewa di Makassar, CIMB Niaga Gelar Wealth Xpo
Untuk membangkitkan semangat optimisme nasabah dan masyarakat di awal tahun dan tahun baru Imlek 2024, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan signature event Wealth Xpo di Makassar, Kamis (22/2/2024).
 
Nasional
22/02/2024 14:12 WIB
Mendukung dan Memupuk Impian Generasi Muda Indonesia, Hana Bank kembali Salukan Beasiswa Pendidikan Total Rp1 Miliar
PT Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank) kembali menyalurkan bantuan beasiswa pendidikan dengan total nilai Rp1 miliar kepada 100 orang Mahasiswa yang tersebar di 6 Universitas bergengsi di seluruh Indonesia dalam rangka mendukung meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Telkomsel