Endang Muchtar
Rabu, 25 Oktober 2023 - 15:57 WIB

Tingkatkan Customer Experience, CIMB Niaga Luncurkan Sistem Kustodian Terbaru Berskala Internasional

Foto/Endang Muchtar/ECONOMICZONE
Foto/Endang Muchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) meluncurkan sistem kustodian terbaru yang dibekali dengan fitur dan teknologi mutakhir berskala internasional. Inisiatif transformasi kustodian tersebut merupakan bentuk komitmen CIMB Niaga untuk terus meningkatkan customer experience dan mendukung kegiatan bisnis nasabah pengguna jasa kustodian yang semakin advance dan terus berkembang. 

Direktur Business Banking CIMB Niaga Rusly Johannes menyatakan, transformasi kustodian menjadi prioritas CIMB Niaga sejalan dengan perkembangan industri pasar modal serta terus meningkatnya minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal. Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per September 2023 jumlah investor di pasar modal meningkat menjadi 11,73 juta investor. 

“Untuk menangkap peluang pertumbuhan tersebut dan meningkatkan layanan bagi nasabah existing, kami terus berinovasi menghadirkan layanan kustodian terkini, baik dari sisi sistem teknologi, infrastruktur, produk, maupun proses layanan. Kami berharap, dengan inovasi ini CIMB Niaga dapat terus menjadi business partner yang tepat untuk nasabah dalam mengembangkan bisnis dan investasinya,” kata Rusly dalam Peluncuran Sistem Kustodian Baru CIMB Niaga yang mengusung tema “Innovation Unleashed: Redefining Custody Solutions”, di Jakarta, Rabu (25/10/2023). Prosesi peluncuran disaksikan oleh Direktur Utama KSEI Samsul Hidayat.

Adapun inovasi dan terobosan dalam transformasi sistem kustodian CIMB Niaga terbaru di antaranya Rapid Securities Services Newsflash yang menjadi sarana komunikasi informasi terkini bagi nasabah terkait pasar modal. Selain itu, terobosan dari sisi infrastruktur yaitu membuka akses ke global securities sehingga nasabah dapat mengakses seluruh efek dan fund di global market. Akses tersebut termasuk offshore fund on fund secara hybrid yang terkoneksi langsung ke platform Clearstream dan Vestima serta melalui hub Securities Services CIMB Bhd.

Transformasi kustodian tersebut memberikan manfaat yang menyeluruh untuk nasabah dari berbagai sektor seperti Reksa Dana, Dana Pensiun, Asuransi, Institusi Lokal/Asing, Pemerintah, Wealth Management, Sektor Swasta, Dana Provident, dan Dana Haji. Selain dapat mengakses berbagai inovasi terbaru di atas, nasabah tersebut juga bisa mendapatkan manfaat reporting package yang komprehensif, fitur-fitur produk investasi baru yang disediakan, produk dan solusi digital, serta beragam manfaat lainnya.

Rusly menegaskan, dalam transformasi kustodian ini, CIMB Niaga tidak hanya berinvestasi dalam bentuk sistem teknologi yang mutakhir dan berskala internasional, tapi juga mencakup seleksi perekrutan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat selektif dan berpengalaman. CIMB Niaga juga terus memberikan pelatihan serta peningkatan kapabilitas penyesuaian transformasi proses layanan kustodian secara menyeluruh, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan nasabah dan stakeholders kepada Bank Kustodian CIMB Niaga. 

Selain meluncurkan Sistem Kustodian Baru, acara ini juga memberikan insight melalui talkshow bertema “Sharia Fund Industry in Malaysia” yang menghadirkan pembicara Puan Noor Aini Binte Shaik Awab selaku CEO Hong Leong Islamic Asset Management Sdn Bhd. Melalui talkshow ini, CIMB Niaga sebagai bank yang memiliki akses investasi pada pasar lokal, regional, dan global, berbagi informasi sebagai benchmark untuk dapat memahami Sharia Capital Market Investment pada level regional, khususnya Malaysia.

“Kami berharap sistem kustodian baru yang kami luncurkan dapat semakin memudahkan nasabah dalam mengelola portofolio investasinya baik di pasar lokal maupun global. Kami berkomitmen untuk terus menjadi mitra strategis nasabah dengan menyediakan ekosistem perbankan bisnis yang komprehensif, termasuk layanan Bank Kustodian dengan sistem teknologi terkini untuk memberikan pengalaman perbankan yang memuaskan dalam mendukung aspirasi bisnis nasabah,” ujar Rusly. Foto/Endang Muchtar/ECONOMICZONE

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
21/06/2024 20:54 WIB
Kompak Mendorong Dana Abadi Perumahan
Pemerintah tengah mendorong adanya dana abadi perumahan untuk memastikan angka backlog rumah yang kini mencapai 12,7 juta unit dapat teratasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini masih menggodok skema dana abadi perumahan tersebut dengan berbagai pihak…
 
Nasional
21/06/2024 20:25 WIB
Berbagi Kebahagiaan ke Kaum Duafa, BRI KC Kebayoran Baru Salurkan Bantuan Sembako di Dua Lokasi
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melalui kantor cabang (KC) Kebayoran Baru kembali berbagi kebahagiaan bersama anak yatim dengan memberikan sembako di sejumlah wilayah operasioal. Kali ini pembagian sembako dilakukan di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan
 
Nasional
21/06/2024 16:48 WIB
BTN Nilai Iuran Tapera Program Bagus
Hal itu disampaikan dalam acara diskusi bertajuk "Demi Rakyat, Wujudkan Gagasan Dana Abadi Perumahan" di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2024) yang diselenggarakan Forum Wartawan Perumahan Rakyat (Forwapera).
 
Nasional
19/06/2024 21:53 WIB
Kärcher Bersihkan Bajra Sandhi, sebagai bagian dari Cultural Sponsorship Programme
Kärcher, penyedia sistem pembersihan yang efisien dan ramah lingkungan terkemuka di dunia, saat ini membersihkan Monumen Bajra Sandhi tanpa biaya, sebuah lambang bersejarah ikonik yang terletak di Jalan Raya Puputan No.142, Panjer, Denpasar, Bali. İnisiatif ini adalah bagian dari…
 
Nasional
19/06/2024 18:46 WIB
Lepas 15% Saham Via IPO, Intra Golflink Resorts (GOLF) Targetkan Listing 8 Juli 2024
PT Intra GolfLink Resorts Tbk berencana menerbitkan sebanyak-banyaknya 3.100.000.000 unit saham baru atau setara dengan 15,02% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh melalui penawaran umum perdana saham (IPO).
 
Nasional
18/06/2024 13:14 WIB
Demi Jakarta Sehat, Pemda Ajak Warga Dukung Gelaran Marathon Kelas Dunia
Pemda Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bakal menggelar ajang marathon berkelas dunia yakni BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu, 23 Juni 2024.
 
Nasional
18/06/2024 12:38 WIB
Dorong Kualitas Agen Asuransi, 7 Financial Planner Launcing Buku 'BIG DEALS'
Big Deals adalah seri yang ditulis bagi perencana keuangan yang ingin mengembangkan pasar berisikan para nasabah dengan kekayaan bersih yang tinggi. Harapannya buku ini dapat memberikan dorongan positif,membuka wawasan dan kesempatan untuk meningkatkan pendapatan, sekaligus juga…
Telkomsel