Endang Muchtar
Senin, 28 Agustus 2023 - 19:39 WIB

CIMB Niaga Syariah Inisiasi Program Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem 

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - JAKARTA. Sebagai wujud kepedulian dan dukungan nyata terhadap program pemerintah untuk mengentaskan masalah stunting dan kemiskinan ekstrem di Indonesia, Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) bersama Kamar Dagang Indonesia (KADIN), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas), dan Kompas Gramedia Group meluncurkan progam Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem.

Masalah stunting dan kemiskinan ekstrem menjadi isu penting yang perlu mendapatkan perhatian semua pihak. Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) dari Kementerian Kesehatan 2022, prevalensi stunting di Indonesia berada di angka 21,6%. Hal inia tentu menjadi masalah serius yang harus segera dituntaskan dengan gotong royong oleh seluruh elemen bangsa. Karena, tingginya angka stunting dapat mengancam bonus demografi Indonesia pada 2030, di mana generasi usia produktif yang seharusnya memiliki kualitas dan daya saing tinggi justru tidak memiliki kemampuan yang memadai akibat stunting.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara menyatakan, sebagai upaya nyata untuk mencegah sekaligus mengurangi kejadian stunting pada bayi dan anak Indonesia sesuai target pemerintah yaitu menjadi 14% pada tahun 2024, CIMB Niaga Syariah menginisiasi program Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem yang akan diselenggarakan dalam bentuk penghimpunan donasi melalui produk iB Goal Savers dan Giro iB dan penyaluran donasi/implementasi program bekerja sama dengan lembaga mitra terpercaya. Adapun donasi akan disalurkan oleh lembaga mitra di berbagai provinsi di Indonesia yang menjadi target area kampanye pencegahan

stunting, terutama di 14 provinsi yang memiliki proporsi balita stunting tertinggi di atas nasional. Lembaga mitra tersebut di antaranya Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadagah Muhammadiyah (Lazismu) dan Baitul Maal Hidayatullah. Dengan menggandeng lembaga mitra yang kompeten dan berpengalaman dalam penyaluran donasi dan wakaf tersebut serta memiliki rekam jejak yang baik dalam program pengentasan stunting tersebut, CIMB Niaga Syariah optimis dapat menyukseskan program ini.

"Program Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem sejalan dengan komitmen kami dalam mendukung Sustainable Developmenta Goals (SDGs), salah satunya menghapuskan semua bentuk kekurangan gizi pada tahun 2030. CIMB Niaga Syariah memandang penting program ini agar Indonesia dapat memanfaatkan momentum bonus demografi dengan menghasilkan generasi yang cerdas dan produktif untuk mendukung Indonesia Berdaya," kata Pandji dalam Soft Launching Program Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem di Jakarta, Senin (25/8/2023).

Menabung Sambil Berdonasi

Dalam program ini, CIMB Niaga Syariah mengajak segenap elemen masyarakat untuk berpartisipasi mencegah stunting serta kemiskinan ekstrem dengan menabung dan berdonasi pada produk iB Goal Savers dan Giro iB. Melalui kedua produk tersebut, nasabah bisa menikmati beragam benefit sekaligus mendapatkan hadiah khusus donasi untuk berpartisipasi secara langsung dalam Programa Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem.

Adapun benefit dari tabungan berjangka iB Goal Savers di antaranya mendisiplinkan menabung dengan pilihan setoran rutin harian. mingguan, dan bulanan secara autodebet untuk mencapai impian atau tujuan keuangan nasabah. Sementara Giro iB membantu nasabah individu maupun perusahaan dengan beragam fasilitas yang memberikan kemudahan dan keuntungan maksimal seperti biaya rekening giro yang rendah, skema nisbah/bagi hasil menarik, dan refund biaya transaksi. Nasabah juga bisa memantau dan bertransaksi melalui dukungan layanan perbankan digital yang lengkap seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, maupun BizChannel@CIMB.

Kami berharap, program yang kami hadırkan ini me manfaat di daerah-daerah rawan cambutan positif dari masyarakat, seningga ini Dengan demikian a makin banyak bantuan dapat dihimpun dan disalurkan untuk membantu para masalah stunting dan kemiskinan ekstrem dapat terus berkurang sehingga anak-anak Indonesia tumbuh sehat dan optimal," ujar Pandji.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
13/07/2024 09:28 WIB
Pemasangan Akhir Sayap Kiri Bilah Burung Garuda Kantor Presiden Ibu Kota Nusantara
Sebagai informasi, bilah selubung sayap garuda terakhir untuk Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah tuntas dikirim dari lokakarya PT Siluet Nyoman Nuarta di NuArt Sculpture Park Bandung ke ibu kota negara baru di Sepaku, Penajam Paser, Kalimantan Timur.
 
Nasional
11/07/2024 19:00 WIB
Bank DKI Raih Penghargaan Best Bank 2024
Atas pencapaian kinerja tahun buku 2023, Bank DKI kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan The Best Bank Awards 2024 kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) II: Sampai dengan Rp14 Triliun, dari media Investortrust.id. Penghargaan…
 
Nasional
11/07/2024 18:58 WIB
Sinergi Bank DKI dan Transjakarta Resmikan Penamaan Halte Transjakarta Senayan Bank DKI
Bank DKI kembali menjalin kemitraan bersama Transjakarta, melalui penamaan halte dari Halte Gelora Bung Karno menjadi Halte Senayan Bank DKI. Peresmian Penamaan Halte Senayan Bank DKI tersebut dilakukan pada Kamis di Jakarta (11/7) oleh Kepala Badan Pembina Badan Usaha Milik Daerah…
 
Nasional
11/07/2024 18:52 WIB
PT Sang Hyang Seri Lakukan Pengamanan Aset Strategis, Gelar Dialog dan Siapkan Kompensansi Agar Proses Sesuai Prosedur dan Berkeadilan
PT Sang Hyang Seri (SHS) segera mengambil langkah konkrit untuk mengamankan aset strategis perusahaan yang saat ini masih dikuasai pihak ketiga. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan melindungi aset negara agar dapat dioptimalkan untuk pengembangan bisnis dan pelayanan…
 
Industri
10/07/2024 14:45 WIB
Hana Bank Dukung Pemberdayaan Komunitas Disabilitas Lovely Hands
Dilibatkannya anak-anak berkebutuhan khusus karena mereka mempunyai hak yang sama di dalam masyarakat, hal ini menjadi bagian untuk mempersiapkan masa depan mereka lebih baik.
 
Nasional
08/07/2024 15:46 WIB
Peringati 25 Tahun Hadir di Indonesia, Acer Mempertegas Komitmen untuk Terus Berkontribusi dalam Kemajuan Industri dan Bisnis Nasional
Acer, salah satu perusahaan ICT terkemuka di dunia, hari ini (08/07) dengan bangga merayakan 25 tahun kiprahnya di Indonesia. Sejak berdiri di Indonesia pada tahun 1999, Acer terus menghadirkan inovasi teknologi terbaik untuk pelanggan di Tanah Air.
 
Nasional
08/07/2024 15:40 WIB
Kerjasama XL Axiata – Apple Hadirkan Paket Bundling myPRIO DEAL iPhone Dapatkan Bonus Kuota Dua Kali Lipat Hingga 240GB
Melalui Program bundling myPRIO DEAL iPhone, pelanggan yang membeli iPhone tipe apa saja di XL Center dan toko mitra XL PRIORITAS, bisa mendapatkan bonus kuota dua kali lipat lebih besar hingga 240GB. Program ini bisa dinikmati pelanggan mulai 7 Juli 2024.
Telkomsel