Fery Pradolo
Minggu, 27 Agustus 2023 - 11:54 WIB

Bank DBS Indonesia Gandeng BenihBaik.com untuk Program “Jaga Alam dan Budaya untuk Jakarta yang Lebih Berkelanjutan” di Setu Babakan, Jagakarsa

Foto/FeryPradolo/ECONOMICZONE
Foto/FeryPradolo/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Jakarta, 24 Agustus 2023 – Dalam semangat keberlanjutan dan komitmen untuk melestarikan lingkungan serta kearifan budaya lokal, Bank DBS Indonesia menjalin kolaborasi dengan BenihBaik.com dalam upaya menghidupkan kembali Kampung Budaya Betawi, Setu Babakan yang berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan melalui program yang bertajuk “Jaga Alam dan Budaya Jakarta untuk Jakarta yang Lebih Berkelanjutan”. Turut dihadiri oleh Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Lim Chu Chong serta CEO & Founder BenihBaik.com Andy F. Noya, kegiatan ini merupakan kolaborasi lebih dari 250 karyawan Bank DBS Indonesia dan masyarakat sekitar. Dengan semangat untuk menjadi bank yang berbeda dari bank lainnya, komitmen Bank DBS Indonesia akan keberlanjutan menginspirasi masyarakat untuk ‘Live to preserve more, Bank less’.

Selain sebagai ikon budaya Betawi, Setu Babakan juga memiliki peran sebagai salah satu titik pengendali banjir sehingga perlu dijaga agar kebudayaan dan lingkungannya terus lestari. Sebagai bank yang memiliki tujuan positif atau purpose-driven bank, Bank DBS Indonesia memiliki kepedulian terhadap isu terkait keberlanjutan dan komitmen untuk environment, social dan governance (ESG). Guna mewujudkan komitmen tersebut, Bank DBS Indonesia memberikan dukungan dalam kelestarian Setu Babakan diantaranya dengan pembersihan lingkungan Setu Babakan yang berhasil mengumpulkan 292,8 kg sampah dalam durasi satu jam, menanam pohon trembesi untuk penghijauan, serta penyaluran sarana umum tempat sampah portable untuk mendorong kebiasaan hidup bersih. Selain itu, Bank DBS Indonesia juga memberikan edukasi terkait daur ulang sampah untuk dijadikan produk bernilai guna, serta kelas literasi keuangan dasar untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Rangkaian edukasi ini disampaikan langsung oleh karyawan Bank DBS Indonesia sebagai bagian dari kegiatan sukarelawan (volunteering) yang disebut People of Purpose.

Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Lim Chu Chong menjelaskan, "Setu Babakan bukan hanya sebuah ruang terbuka publik, tetapi juga ruang yang menggambarkan sejarah dan kebudayaan khas Betawi yang tentunya perlu bersama-sama kita lestarikan. Kolaborasi dengan BenihBaik.com ini adalah wujud nyata dari pilar keberlanjutan Bank DBS Indonesia yang ketiga, yakni Impact Beyond Banking yang menggarisbawahi dedikasi kami untuk berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat, sejalan dengan misi kami untuk menjadi ‘Best Bank for a Better World’. Kami berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan Setu Babakan serta warga sekitar dan menjadi pendorong bagi kami agar semakin giat untuk menjangkau lebih banyak komunitas dengan beragam inisiatif yang berdampak positif.”

BenihBaik.com yang menjadi mitra Bank DBS Indonesia dalam kegiatan ini adalah sebuah platform crowdfunding dan CSR Marketplace yang telah terverifikasi, berkualitas, dan terpercaya yang menyediakan solusi berkelanjutan untuk masalah sosial yang yang dihadapi oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Sebagai jembatan kebaikan, BenihBaik.com berkomitmen untuk menciptakan dampak positif dan membawa perubahan nyata untuk Indonesia yang lebih baik.

Menanggapi inisiatif Bank DBS Indonesia, CEO & Founder BenihBaik.com Andy F. Noya menyampaikan, "Kami sangat bersyukur atas sinergi yang luar biasa antara BenihBaik.com, Bank DBS Indonesia, dan seluruh komunitas yang terlibat dalam kegiatan ini. Kolaborasi ini membuktikan bahwa bersama-sama, kita memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan yang positif. Besar harapan kami agar dampak positif yang dihasilkan dari inisiatif ini tidak hanya akan memberi manfaat bagi Setu Babakan, Jagakarsa saat ini, tetapi juga akan menjadi benih baru yang akan tumbuh menjadi lebih besar dan lebih berarti di masa yang akan datang. Mari kita jaga bersama keberlanjutan program ini untuk masa depan yang lebih baik.”

Tahun ini Bank DBS Indonesia berkomitmen untuk menanam sekitar 5.000 pohon bakau, trembesi dan jenis pohon hutan tropis lainnya yang tersebar di Jakarta, Cilegon, Bogor, hingga Bali. Lebih dari itu, hingga Juli 2023, karyawan Bank DBS Indonesia telah mencatatkan 12.169 jam yang didedikasikan untuk kegiatan sukarelawan sebagai bagian dari People of Purpose.

Literasi finansial diberikan Bank DBS Indonesia kepada masyarakat di Setu Babakan, Jagakarsa juga sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan literasi keuangan dan digital masyarakat Indonesia. Baru-baru ini, Bank DBS Indonesia telah menjalankan edukasi literasi finansial seperti cara mengatur sumber daya, pendapatan, aset, dan modal kerja dengan lebih efektif kepada pelaku UMKM di beberapa kota termasuk Makassar, Medan, Pontianak dan Balikpapan.

Dalam lingkup regional, komitmen DBS Bank Ltd (Bank DBS) akan keberlanjutan baru-baru ini memperoleh pengakuan melalui beberapa penghargaan, diantaranya World’s Best Bank for Corporate Responsibility untuk Awards for Excellence 2023 oleh Euromoney.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
11/07/2024 18:58 WIB
Sinergi Bank DKI dan Transjakarta Resmikan Penamaan Halte Transjakarta Senayan Bank DKI
Bank DKI kembali menjalin kemitraan bersama Transjakarta, melalui penamaan halte dari Halte Gelora Bung Karno menjadi Halte Senayan Bank DKI. Peresmian Penamaan Halte Senayan Bank DKI tersebut dilakukan pada Kamis di Jakarta (11/7) oleh Kepala Badan Pembina Badan Usaha Milik Daerah…
 
Nasional
11/07/2024 18:52 WIB
PT Sang Hyang Seri Lakukan Pengamanan Aset Strategis, Gelar Dialog dan Siapkan Kompensansi Agar Proses Sesuai Prosedur dan Berkeadilan
PT Sang Hyang Seri (SHS) segera mengambil langkah konkrit untuk mengamankan aset strategis perusahaan yang saat ini masih dikuasai pihak ketiga. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan melindungi aset negara agar dapat dioptimalkan untuk pengembangan bisnis dan pelayanan…
 
Industri
10/07/2024 14:45 WIB
Hana Bank Dukung Pemberdayaan Komunitas Disabilitas Lovely Hands
Dilibatkannya anak-anak berkebutuhan khusus karena mereka mempunyai hak yang sama di dalam masyarakat, hal ini menjadi bagian untuk mempersiapkan masa depan mereka lebih baik.
 
Nasional
08/07/2024 15:46 WIB
Peringati 25 Tahun Hadir di Indonesia, Acer Mempertegas Komitmen untuk Terus Berkontribusi dalam Kemajuan Industri dan Bisnis Nasional
Acer, salah satu perusahaan ICT terkemuka di dunia, hari ini (08/07) dengan bangga merayakan 25 tahun kiprahnya di Indonesia. Sejak berdiri di Indonesia pada tahun 1999, Acer terus menghadirkan inovasi teknologi terbaik untuk pelanggan di Tanah Air.
 
Nasional
08/07/2024 15:40 WIB
Kerjasama XL Axiata – Apple Hadirkan Paket Bundling myPRIO DEAL iPhone Dapatkan Bonus Kuota Dua Kali Lipat Hingga 240GB
Melalui Program bundling myPRIO DEAL iPhone, pelanggan yang membeli iPhone tipe apa saja di XL Center dan toko mitra XL PRIORITAS, bisa mendapatkan bonus kuota dua kali lipat lebih besar hingga 240GB. Program ini bisa dinikmati pelanggan mulai 7 Juli 2024.
 
Nasional
08/07/2024 14:30 WIB
Resmi Listing di BEI, GOLF Siap Ekspansi Agresif
PT Intra Golflink Resorts Tbk (GOLF) resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini. Perseroan telah menerbitkan saham baru melalui penawaran umum perdana (IPO) sebanyak 1.950.000.000 unit atau setara dengan 10,01% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh setelah…
 
Nasional
08/07/2024 14:00 WIB
Telkomsel Awards 2024: Rayakan Prestasi Talenta Inspiratif dan Dukung Industri Kreatif Digital Indonesia
Telkomsel Awards 2024 akan dimeriahkan oleh penampilan dari Rina Nose, Desta, Vincent, Teddy Adhitya, Sal Priadi, Praz Teguh, El Rumi, Dicky Difie, Assia Keva, Albert Fakdawer, Yura Yunita, Tulus, RAN, Maliq & D'Essentials, JKT48, Isyana Sarasvati, dan NIKI.
Telkomsel