Endang Muchtar
Senin, 31 Juli 2023 - 16:36 WIB

CIMB Niaga Laporkan Perolehan Keuangan Semester I 2023: Kinerja yang Baik dengan Peningkatan Laba Sebelum Pajak Konsolidasi sebesar 25,8% Y-o-Y menjadi Rp4,2 Triliun 

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk ("CIMB Niaga" atau "Bank"; IDX: BNGA) hari ini melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasian (unaudited) sebesar Rp4,2 triliun pada semester pertama tahun 2023 ("1H23"), naik sebesar 25,8% year-on-year ("Y-o-Y") dan menghasilkan earnings per share Rp129,67.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, "Kinerja bisnis dan pertumbuhan pendapatan Bank tetap solid pada paruh pertama tahun 2023. Dengan pengendalian biaya yang efektif, perbaikan kualitas aset, dan penurunan biaya kredit, kami dapat terus memberikan keuntungan yang lebih baik bagi para pemegang saham, tercermin pada return on equity ("ROE") yang mencapai 15,4%. Salah satu yang patut digarisbawahi adalah perbaikan dalam kualitas aset, seperti ditunjukkan dari penurunan signifikan pada rasio gross non-performing loans ("NPL") menjadi 2,5% pada Juni 2023 dari 3,5% pada Juni 2022. Dengan raihan positif ini kami meyakini dapat mencapai target 2023 dengan baik."

"Meskipun dalam kondisi ekonomi yang penuh tantangan, strategi yang kami terapkan dengan cermat dan pendekatan yang berorientasi pada nasabah telah membuahkan hasil yang baik. Kami akan terus fokus dalam menyediakan solusi keuangan yang inovatif, berkelanjutan, dan kemudahan akses keuangan bagi seluruh stakeholders, senantiasa memberikan dukungan untuk aspirasi keuangan nasabah, sekaligus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi."

Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, indikator profitabilitas utama CIMB Niaga yaitu ROE meningkat menjadi 15,4%. Bank senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio ("CAR") dan loan to deposit ratio ("LDR") masing-masing sebesar 23,2% dan 86,0%. Total aset konsolidasian adalah sebesar Rp329,7 triliun per 30 Juni 2023, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Total Dana Pihak Ketiga ("DPK") mencapai Rp235,8 triliun dengan rasio CASA sebesar 64,3%, sebagai hasil upaya Bank membangun hubungan yang lebih erat sekaligus meningkatkan pengalaman nasabah dalam memanfaatkan layanan digital CIMB Niaga.

Jumlah kredit/pembiayaan naik 8,6% Y-o-Y menjadi Rp206,0 triliun (atau Rp205,1 triliun di luar pembiayaan Salam), didukung pertumbuhan bisnis Corporate Banking (+13,2% Y-o-Y) dan Consumer Banking (+8,0% Y-o-Y). Kredit Pemilikan Rumah ("KPR") tumbuh 4,8% Y-o-Y, sementara Kredit Pemilikan Mobil ("KPM") meningkat sebesar 14,6% Y-o-Y, termasuk kontribusi dari anak perusahaan, PT CIMB Niaga Auto Finance ("CNAF").

"Kami tetap fokus menjaga komitmen kami terhadap praktik perbankan yang senantiasa berinisiatif dan bertanggung jawab pada kegiatan sosial dan lingkungan yang memiliki dampak positif bagi masyarakat. Di antaranya melalui program KPR One House One Tree yang mendukung upaya pelestarian bambu dan tanaman agroforest, bekerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI). Melalui inisiatif ini, kami memberikan kesempatan kepada nasabah KPR CIMB Niaga untuk turut berkontribusi dalam gerakan penanaman 1 pohon untuk keberlanjutan bumi. Kami juga mengajak nasabah untuk berkontribusi dalam menjaga hutan sebagai upaya mitigasi perubahan iklim, memberi nilai tambah keanekaragaman hayati Indonesia, serta sumber ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat petani di sekitar kawasan hutan," kata Lani.

Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah ("UUS") CIMB Niaga ("CIMB Niaga Syariah") berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan mencapai Rp53,0 triliun (+25,3%) (termasuk pembiayaan Salam) dan DPK sebesar Rp44,5 triliun (+20,4%) per 30 Juni 2023.

"CIMB Niaga Syariah juga terus menyediakan layanan terbaik untuk calon jemaah Haji. Salah satunya dengan meningkatkan sistem untuk mempermudah layanan pembukaan rekening dan pendaftaran Haji melalui digital channel.

Melalui internet banking OCTO Clicks, proses pendaftaran Haji semakin praktis tanpa harus datang ke Bank dan Kantor Kementerian Agama. Semua proses mulai dari registrasi hingga mendapatkan validasi dan porsi Haji bisa dilakukan secara online," tambah Lani.

Jaringan

CIMB Niaga terus mengembangkan berbagai produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Per 30 Juni 2023, 98% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Automated Teller Machines ("ATM") dan Rekening Ponsel. OCTO Mobile memimpin tren digitalisasi dan menyediakan berbagai kemudahan perbankan. Mulai dari penyediaan transaksi yang lengkap, pilihan investasi dan pinjaman hingga kemudahan gaya hidup, seperti pembelian tiket pesawat. Sementara OCTO Clicks difokuskan untuk melayani nasabah high-valued dalam melakukan berbagai transaksi yang bersifat kompleks.

dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian dan Top-Up. Fitur-fitur seperti financial check-up dan lifestyle, termasuk pemesanan pesawat, hotel serta voucher melengkapi rangkaian solusi yang tersedia. Selain itu, CNAF juga telah mengembangkan aplikasi digital CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.

"Kami terus mendorong inisiatif transformasi digital, meningkatkan digital channel, dan senantiasa memperkenalkan solusi inovatif untuk meningkatkan pengalaman dan kenyamanan nasabah," tambah Lani.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 412 cabang dan jaringan (termasuk 36 digital lounge). Per 30 Juni 2023, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 3.996 ATM (termasuk cash remittance machine and multidenom deposit machine) dan 453.483 electronic data capture ("EDC & QR").

Apresiasi nasabah loyal, hadirkan XTRA XPO 2023 di 3 kota: Jakarta, Surabaya, Medan

Sebagai salah satu wujud komitmen CIMB Niaga untuk memberikan customer experience terbaik kepada para nasabah, CIMB Niaga menyelenggarakan XTRA XPO 2023 yang berlangsung tiga hari (19-21 Mei 2023) serentak di 3 kota, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Pada acara ini, nasabah dapat mengoptimalkan Poin Xtra yang dimiliki untuk mendapatkan berbagai produk impian dari merchant mitra CIMB Niaga. Adapun Poin Xtra adalah program loyalitas yang diberikan kepada nasabah ritel CIMB Niaga berupa poin reward atas beragam aktivitas keuangan dan transaksi perbankan yang dilakukan nasabah.

"Selama acara XTRA XPO, kami memberikan kesempatan istimewa kepada nasabah untuk menukarkan Poin Xtra menjadi voucher merchant dengan diskon sebesar 50%. Dengan voucher tersebut nasabah dapat membeli berbagai produk dari mitra CIMB Niaga secara lebih hemat dan dengan waktu yang lebih fleksibel, sampai batas akhir masa berlaku voucher. Adapun produk-produk yang tersedia mulai dari rumah, mobil, gadget, tiket travel, belanja berbagai kebutuhan (shopping), hingga membeli makanan dan minuman (dining)," kata Lani.

XTRA XPO semakin dipercaya publik, dengan berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). XTRA XPO dinobatkan sebagai "Acara Tukar Poin Reward Terbanyak di Perbankan Indonesia"

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
13/07/2024 09:28 WIB
Pemasangan Akhir Sayap Kiri Bilah Burung Garuda Kantor Presiden Ibu Kota Nusantara
Sebagai informasi, bilah selubung sayap garuda terakhir untuk Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah tuntas dikirim dari lokakarya PT Siluet Nyoman Nuarta di NuArt Sculpture Park Bandung ke ibu kota negara baru di Sepaku, Penajam Paser, Kalimantan Timur.
 
Nasional
12/07/2024 08:17 WIB
BSI Targetkan Top 3 Bank Syariah Global: Perjalanan dan Tantangan di Balik Mega Merger
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengukuhkan visi untuk menjadi Top 3 Bank Syariah Global dari sisi kapitalisasi pasar dalam waktu 10 tahun mendatang.
 
Nasional
11/07/2024 18:58 WIB
Sinergi Bank DKI dan Transjakarta Resmikan Penamaan Halte Transjakarta Senayan Bank DKI
Bank DKI kembali menjalin kemitraan bersama Transjakarta, melalui penamaan halte dari Halte Gelora Bung Karno menjadi Halte Senayan Bank DKI. Peresmian Penamaan Halte Senayan Bank DKI tersebut dilakukan pada Kamis di Jakarta (11/7) oleh Kepala Badan Pembina Badan Usaha Milik Daerah…
 
Nasional
11/07/2024 18:52 WIB
PT Sang Hyang Seri Lakukan Pengamanan Aset Strategis, Gelar Dialog dan Siapkan Kompensansi Agar Proses Sesuai Prosedur dan Berkeadilan
PT Sang Hyang Seri (SHS) segera mengambil langkah konkrit untuk mengamankan aset strategis perusahaan yang saat ini masih dikuasai pihak ketiga. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan melindungi aset negara agar dapat dioptimalkan untuk pengembangan bisnis dan pelayanan…
 
Industri
10/07/2024 14:45 WIB
Hana Bank Dukung Pemberdayaan Komunitas Disabilitas Lovely Hands
Dilibatkannya anak-anak berkebutuhan khusus karena mereka mempunyai hak yang sama di dalam masyarakat, hal ini menjadi bagian untuk mempersiapkan masa depan mereka lebih baik.
 
Nasional
08/07/2024 15:46 WIB
Peringati 25 Tahun Hadir di Indonesia, Acer Mempertegas Komitmen untuk Terus Berkontribusi dalam Kemajuan Industri dan Bisnis Nasional
Acer, salah satu perusahaan ICT terkemuka di dunia, hari ini (08/07) dengan bangga merayakan 25 tahun kiprahnya di Indonesia. Sejak berdiri di Indonesia pada tahun 1999, Acer terus menghadirkan inovasi teknologi terbaik untuk pelanggan di Tanah Air.
 
Nasional
08/07/2024 15:40 WIB
Kerjasama XL Axiata – Apple Hadirkan Paket Bundling myPRIO DEAL iPhone Dapatkan Bonus Kuota Dua Kali Lipat Hingga 240GB
Melalui Program bundling myPRIO DEAL iPhone, pelanggan yang membeli iPhone tipe apa saja di XL Center dan toko mitra XL PRIORITAS, bisa mendapatkan bonus kuota dua kali lipat lebih besar hingga 240GB. Program ini bisa dinikmati pelanggan mulai 7 Juli 2024.
Telkomsel