Endang Muchtar
Rabu, 26 Oktober 2022 - 20:39 WIB

THE 8 X JEFF KOONS Satu-Satunya di Asia Tenggara dan Salah Satu dari 99 Unit di Dunia Hadir di Indonesia

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE -  Jakarta. Dalam edisi eksklusif yang hanya 99 unit di seluruh dunia, BMW M850i​​xDrive Gran Coupé yang diciptakan oleh Jeff Koons dan BMW hari ini ditampilkan di Indonesia. THE 8 X JEFF KOONS, kendaraan paling rumit yang dirancang sepanjang sejarah BMW pertama kali dipresentasikan kepada khalayak global pada acara Frieze Los Angeles. BMW adalah mitra jangka panjang dari pameran seni dan Jeff Koons diwakili secara global, dan di Frieze Los Angeles, oleh Pace Gallery. Hal ini diimplementasikan juga pada peluncurannya hari ini di Indonesia, melalui mitra dari BMW Indonesia: Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara).

Penampilan satu-satunya THE 8 X JEFF KOONS di Asia Tenggara ini diperuntukkan untuk rekan media serta para pelanggan setia BMW serta kolektor seni melalui acara yang disiapkan secara ekslusif, dimulai dari hari peluncuran hingga 6 November 2022. Pada peluncurannya dihadiri oleh Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia dan dari pihak Museum MACAN oleh Aaron Seeto, Director Museum MACAN.

Jeff Koons, memberikan komentar saat peluncuran global, “Edisi BMW Seri 8 kolaborasi ini adalah kendaraan impian saya! Ini sangat istimewa bagi saya dan saya sudah lama ingin membuat BMW edisi khusus. Sporty dan mencolok serta minimalis dan konseptual. Saya tidak sabar untuk mengendarainya, dan saya berharap orang-orang akan menikmati Gran Coupé ini sama seperti saya. Pada kendaraan, garis-garisnya semakin lebar dalam perjalanannya dari kap mesin menuju bagasi, menciptakan kesan gerakan maju seperti yang dilakukan elemen desain 'POP!'. Warna birunya menyerupai luasnya angkasa dan saya menyukai gagasan bahwa kendaraan tersebut adalah sebuah kendaraan global. Yang penting adalah bagaimana kita berhubungan satu sama lain dan kesadaran kita akan segala sesuatu yang mengelilingi kita. Untuk pengemudi dan semua penumpang, ada kesenangan di level berbeda. Inilah yang ditawarkan kendaraan saya”.

Pada peluncuran di Indonesia, Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia mengatakan, “BMW terus berkembang dalam mencari tantangan baru. Kolaborasi global dengan Jeff Koons sekali lagi telah menginspirasi kami semua di  BMW. Belum pernah sebelumnya dalam sejarah sebuah BMW dibuat dengan visi desain yang luas seperti THE 8 X JEFF KOONS. Bagaikan sebuah 'patung bergerak' yang tidak hanya akan ditampilkan sebagai barang koleksi yang dipajang di museum tetapi juga berjalan dinamis sebagai kendaraan BMW.

Di Indonesia kami bekerjasama dengan mitra kami, Museum MACAN. Kolaborasi dengan Museum MACAN sudah berjalan cukup lama sejak tahun 2018, dan berbagai model luar biasa yang sangat kental dengan nilai seni telah diluncurkan di sini. Termasuk diantaranya BMW X4 dan BMW X7. Kali ini, untuk model istimewa THE 8 X JEFF KOONS, penjualan akan dilakukan secara lelang dimulai dari 30 Oktober 2022 melalui Aaron Seeto, Director Museum MACAN juga berikan komentarnya, ‘‘Kami merasa bangga bisa bekerja sama kembali dengan BMW tahun ini, dan memamerkan art car THE 8 X JEFF KOONS yang istimewa di Museum MACAN”. 

Lebih dari 200 jam waktu kerja hanya untuk pekerjaan cat eksterior.

Desain yang ekspresif dan mencolok menggabungkan sebelas warna eksterior yang berbeda mulai dari biru hingga silver serta dari kuning hingga hitam. Hanya empat unit yang dicat setiap minggu. Interior multi-warna terdiri dari bahan yang sangat premium, leather yang halus, dan tutup cupholder dengan badge edisi dan tanda tangan sang seniman. Kulit pelapis jok terbuat dari warna merah dan biru yang mencolok, cerminkan warna pahlawan super beriorientasi dari buku komik serta warna BMW M. Secara keseluruhan, desain yang penuh semangat dan tangguh mencakup kedua elemen seni pop serta pola geometrisnya memberi kesan pada kontur dan bentuk rumit Gran Coupé Seri 8 yang sporty. Garis-garis warna yang meledak di bagian belakang, adalah penghormatan tanpa perantara kepada BMW Art Car 2010, sementara "POP!" di setiap sisi serta gambar uap melambangkan kekuatan dan kecepatan THE 8 X JEFF KOONS, menurut Jeff Koons.
Lebih dari 200 jam pekerjaan manual dihabiskan oleh para profesional yang sangat terspesialisasi di pabrik BMW Group di Dingolfing dan Landshut khusus untuk pengecatan eksterior, di mana sampel warna sering diaplikasikan dengan kaca pembesar. "Energik (Energetic)," "Menggoda (Tantalizing)," dan "Kuat (Strong)" adalah cara media internasional menggambarkan art car tersebut, menyusul publikasi studi desain pertama pada kesempatan pengumuman kerja sama pada awal September 2021 di museum Pinakothek der Moderne Munich.Puluhan insinyur dan desainer telah memberikan segalanya untuk memastikan visi kolaborasi BMW dan Jeff Koons ini menjadi kenyataan. Jeff Koons sendiri telah menghabiskan waktu berhari-hari di pabrik Dingolfing selama beberapa bulan untuk mendiskusikan pilihan desain dengan karyawan BMW yang terlibat.

“Saya sangat memikirkannya: Apa inti dari BMW Seri 8 Gran Coupé? Apa inti dari kekuasaan? Bagaimana menciptakan sesuatu yang merepresentasikan semua energi BMW Seri 8 yang juga mampu menyentuh elemen manusia?” tambah Jeff.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
30/11/2022 04:54 WIB
Gelar Wealth Wisdom 2022 "Mindfully Recover", PermataBank Berikan Inspirasi Esensi
PermataBank kembali menggelar acara Wealth Wisdom, acara wholistic wealth tahunan terbesar yang telah diselenggarakan secara konsisten untuk ke-8 kalinya. Dalam Wealth Wisdom 2022, PermataBank menghadirkan 15 seminar dan 4 workshops dengan lebih dari 35 pembicara inspiratif, yang…
 
Nasional
29/11/2022 17:06 WIB
Bank DKI Raih Tiga Penghargaan Sekaligus Dalam Top 20 Financial Institution Award 2022
Bank DKI kembali membuktikan kualitas dan eksistensinya, pasalnya Bank DKI berhasil meraih tiga kategori penghargaan sekaligus, yaitu Top 20 Financial Institution Kategori Aset Rp50T s.d
 
Nasional
27/11/2022 21:25 WIB
XLFL National Conference 2022 Mahasiswa Ciptakan Proyek AI - IoT Berbasis 5G
XL Axiata kembali menggelar National Conference. Sebanyak 138 mahasiswa awardee yang telah menyelesaikan program XL Axiata Future Leaders (XLFL) Batch 9 selama dua tahun penuh akan diwisuda. Mereka berasal dari 52 kampus yang berada di 6 provinsi, seperti Institut Teknologi Bandung…
 
Nasional
27/11/2022 21:16 WIB
Di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global, Sektor Properti Diyakini Tetap Tumbuh Positif
Optimisme ini didasari atas fakta masih tingginya backlog perumahan di Indonesia yang mencapai 12,7 juta unit berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2021. Backlog adalah kondisi kesenjangan antara jumlah rumah terbangun dengan jumlah rumah yang dibutuhkan rakyat. 
 
Nasional
23/11/2022 06:46 WIB
CIMB Niaga Raih Tiga Penghargaan pada ABF Corporate & Investment Banking Awards 2022
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali meraih tiga penghargaan bergengsi pada ajang Asian Banking and Finance (ABF) Corporate & Investment Banking Awards 2022.
 
Nasional
19/11/2022 20:03 WIB
GOTO Merumahkan Sebanyak 1.300 Karyawan
Salah satu investor GOTO, Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) Telkomsel, menyampaikan pandangannya terkait aksi pemutusan hubungan kerja (PHK) 1.300 karyawan yang dilakukan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO).
 
Nasional
18/11/2022 18:23 WIB
YDBA Hadirkan 4 Stakeholder ke Banyumas Dalam Rangka Link and Match Bersama UMKM
Kolaborasi menjadi semangat Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dalam mengembangkan UMKM di tanah air.
Telkomsel