Endang Muchtar
Sabtu, 08 Oktober 2022 - 22:11 WIB

PT Jasa Armada Indonesia Tbk Lakukan Penanaman Terumbu Karang  Dukung Pelestarian Ekosistem Laut

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Jakarta, 8 Oktober 2022. PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IDX: IPCM) berkolaborasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu dan Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok pada 5 Oktober lalu melaksanakan penanaman terumbu karang di perairan wilayah Pulau Damar Besar, Kepulauan Seribu, yang merupakan salah satu dari lingkungan kerja perusahaan. Kegiatan ini adalah wujud kepedulian dan dukungan IPCM terhadap pelestarian ekosistem terumbu karang. Sebanyak 400 bibit terumbu karang ditanam yang terdiri dari 10 jenis yaitu Acropora Mellepora, Acropora Pormosa, Acropora Cerealis, Acropora Nobilis, Hyascintus, Styllora SP, Pocillopora CP, Cereatopora, Acropora Tenuis dan Acropora Diparicata.

Penanaman terumbu karang secara simbolis dilakukan oleh Direksi IPCM beserta tim, Tim KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu, Tim Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok serta melibatkan Lions Club Jakarta Madhava, sebuah wadah anak-anak muda yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Direktur Armada dan Operasi IPCM, M. Iqbal menyampaikan, “Penanaman terumbu karang ini diharapkan akan menambah kelestarian lingkungan biota perairan sehingga ekosistemnya tetap terjaga. Kegiatan ini adalah salah satu wujud tanggung jawab sosial dan komitmen kami dalam memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar.” 

Dalam kesempatan yang sama dilakukan juga pemberian edukasi serta simulasi penanaman bibit terumbu karang yang dipandu oleh Perkumpulan Pondok Karang sebagai lembaga resmi konservasi terumbu karang. Bibit terumbu karang disiapkan melalui pencangkokan atau pemotongan karang hidup sesuai dengan prosedur untuk kemudian ditanamkan di media semen, garam, dan paralon. Setelah itu, bibit terumbu karang yang telah ditanamkan di media tersebut dibawa ke dasar laut agar dapat tumbuh dengan baik dan mampu meningkatkan kualitas ekosistem laut di Kepulauan Seribu. Penanaman terumbu karang di dasar laut ini juga secara langsung dimonitor oleh 2 penyelam IPCM.

Upaya restorasi ekosistem laut dan pesisir yang digelar IPCM dengan melibatkan para stakeholder ini diharapkan menjadi awal yang baik dan ke depannya memberikan dampak positif yang semakin luas.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
29/11/2022 17:06 WIB
Bank DKI Raih Tiga Penghargaan Sekaligus Dalam Top 20 Financial Institution Award 2022
Bank DKI kembali membuktikan kualitas dan eksistensinya, pasalnya Bank DKI berhasil meraih tiga kategori penghargaan sekaligus, yaitu Top 20 Financial Institution Kategori Aset Rp50T s.d
 
Nasional
28/11/2022 20:47 WIB
Roadshow Sukses, BTN Semakin Percaya Diri
PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) telah merampungkan roadshow ke investor institusi di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Eropa dan Singapura.
 
Nasional
28/11/2022 19:45 WIB
Jelang Akhir Tahun, OCTO Mobile Siap Manjakan Liburan Nasabah
Per 30 September 2022 total jumlah transaksi mencapai 139 juta, tumbuh sebesar 87,2% YoY
 
Nasional
27/11/2022 21:25 WIB
XLFL National Conference 2022 Mahasiswa Ciptakan Proyek AI - IoT Berbasis 5G
XL Axiata kembali menggelar National Conference. Sebanyak 138 mahasiswa awardee yang telah menyelesaikan program XL Axiata Future Leaders (XLFL) Batch 9 selama dua tahun penuh akan diwisuda. Mereka berasal dari 52 kampus yang berada di 6 provinsi, seperti Institut Teknologi Bandung…
 
Nasional
27/11/2022 21:16 WIB
Di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global, Sektor Properti Diyakini Tetap Tumbuh Positif
Optimisme ini didasari atas fakta masih tingginya backlog perumahan di Indonesia yang mencapai 12,7 juta unit berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2021. Backlog adalah kondisi kesenjangan antara jumlah rumah terbangun dengan jumlah rumah yang dibutuhkan rakyat. 
 
Nasional
23/11/2022 06:46 WIB
CIMB Niaga Raih Tiga Penghargaan pada ABF Corporate & Investment Banking Awards 2022
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali meraih tiga penghargaan bergengsi pada ajang Asian Banking and Finance (ABF) Corporate & Investment Banking Awards 2022.
 
Nasional
19/11/2022 20:03 WIB
GOTO Merumahkan Sebanyak 1.300 Karyawan
Salah satu investor GOTO, Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) Telkomsel, menyampaikan pandangannya terkait aksi pemutusan hubungan kerja (PHK) 1.300 karyawan yang dilakukan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO).
Telkomsel