RM
Jumat, 19 November 2021 - 16:06 WIB

Inovasi dan Kolaborasi, Komitmen INALUM Majukan Industri Aluminium Nasional

Foto/Dok-Inalum/ECONOMICZONE
Foto/Dok-Inalum/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) INALUM siap tancap gas dalam memajukan industri aluminium nasional ke level yang lebih maju, inovatif, dan kompetitif. Potensi aluminium masih memiliki potensi yang sangat besar di Indonesia dan regional. Hal itu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh INALUM dengan inovasi dan kolaborasi bersama berbagai pihak seperti PT PLN (Persero). Diharapkan dengan kolaborasi tersebut PT INALUM (Persero) akan memiliki kemampuan bersaing yang tinggi sebagai BUMN industri pertambangan untuk meningkatkan manfaat yang berkelanjutan untuk masyarakat dan Indonesia.

“Potensi aluminium di Indonesia baik dalam hal hilirisasi ataupun market masih sangat besar. Oleh karena itu, sejak PT INALUM (Persero) menjadi BUMN, perusahaan membutuhkan banyak komitment dalam bersinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk PT PLN (Persero). Harapannya INALUM bisa lebih strategis, bisa menambah kapasitas produksinya dari 250.000 ton menjadi lebih besar, dan terutama akan memiliki competitiveness yang baik, sehingga memberikan kebermanfaatan yang lebih besar dan lebih baik untuk masyarakat,” ujar Direktur Operasi dan Portofolio PT INALUM (Persero), Danny Praditya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (19/11).

Saat ini PT INALUM (Persero) sebagai perusahaan BUMN sedang melakukan beberapa aksi korporasi strategis antara lain Proyek Upgrading Teknologi Tungku Reduksi, Optimalisasi Smelter Kuala Tanjung, Pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery di Mempawah, dan Pembangunan Aluminium Remelt IAA. Proyek strategis tersebut diharapkan bisa membuat INALUM mampu memenuhi kebutuhan pasar aluminium yang masih memiliki potensi besar di Indonesia dan Regional serta membantu Indonesia dalam mendorong sektor industrialisasi nasional yang lebih modern.

Komisi VII DPR RI melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi PT INALUM (Persero) antara lain PLTA PT INALUM Persero PLTA Sigura-Gura, PLTA Asahan 3 PT PLN (Persero), dan PLTA 1 Asahan PT Bajradaya Sentranusa (BDSN). “Komisi VII DPR RI sangat mendukung langkah-langkah sinergitas seluruh BUMN yang stategis dalam rangka pengembangan bangsa dan negara. Oleh karena itu kami sangat mendukung kerja sama antara INALUM dan PLN bisa bersinergi untuk meningkatkan industrialisasi di Indonesia dalam penyediaan energi sekaligus akan menambah kekuatan untuk INALUM dalam meningkatkan kapasitas produksinya sehingga lebih banyak manfaat bisa dirasakan oleh masyarakat,” ujar Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto.

Pernyataan dukungan terhadap INALUM juga disampaikan oleh Anggota DPR RI Komisi VII Lamhot Sinaga dan Nasril Bahar. Menurut mereka, INALUM sebagai perusahaan terus menunjukan komitmennya dalam menjadi rekanan masyarakat dan Indonesia dalam menciptakan kemajuan dalam hilirisasi dan industrialisasi di era modern dan hal tersebut harus terus didukung oleh seluruh pemangku kepentingan di Indonesia.

“Visi INALUM untuk menjadi big player dalam market aluminium di nasional dan regional harus didukung oleh seluruh pemangku kepentingan. Karena INALUM merupakan satu-satunya perusahaan peleburan dan pengolahan aluminium yang ada dan dimiliki oleh Indonesia. Dukungan tersebut akan menjadikan INALUM mampu memenuhi kebutuhan aluminium yang di Indonesia yang mencapai 500.000 ton pertahun,” ujar Lamhot.

Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan PT PLN (Persero) Muhammad Iqbal Nur menyatakan siap untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan PT INALUM (Persero) demi mewujudkan hilirisasi, industrialisasi, dan kebermanfaatan yang berkelanjutan untuk masyarakat.

“PT PLN (Persero) sebagai salah satu BUMN yang bergerak dalam penyediaan energi mendukung dan siap bersinergi dan berkolaborasi bersama PT INALUM (Persero) untuk meningkatkan kapasitas produksi sekaligus sebagai langkah kami untuk bisa memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya untuk sektor industri dan masyarakat di Indonesia,” ujar M.Iqbal.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementrian ESDM RI Rida Mulyana. Ia menyebut bahwa Kementrian ESDM terus mendorong langkah-langkah strategis dari pelaku industri khususnya BUMN untuk bersinergi, mempercepat hilirisasi, dan meningkatkan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan dalam setiap operasional.

“Kementrian ESDM RI sebagai lembaga eksekutif terus mendorong sinergi dan integrasi dari BUMN-BUMN di Indonesia karena sinergi tersebut akan mempercepat visi hilirisasi industri nasional. Selain itu, kami juga mendorong BUMN yang bergerak dalam sektor industri untuk terus memanfaatkan dan mengembangkan Energi Baru Terbarukan sebagai komitmen Indonesia untuk melakukan pengembangan ekonomi hijau dan transisi energi fosil ke energi baru terbarukan,” ujar Rida.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
02/12/2021 16:29 WIB
Antisipasi Pengalihan Arus, KA Jarak Jauh Bisa Naik dari Stasiun Jatinegara
Dalam rangka mengantisipasi pengalihan Arus Lalu Lintas pada Kamis (2/12), ada 12 Nomor KA keberangkatan Stasiun Gambir berhenti di Stasiun Jatinegara untuk melayani naik penumpang KA Jarak Jauh.
 
Nasional
02/12/2021 16:26 WIB
Demi BUMN yang Kuat dan Mampu Bersaing, Erick Thohir Tutup 74 Anak Cucu Perusahaan
Kementerian BUMN terus melakukan efisiensi dan konsolidasi BUMN, terutama terkait dengan anak dan cucu perusahaan BUMN. Sampai dengan saat ini, 74 anak dan cucu perusahaan BUMN telah ditutup oleh Kementerian BUMN.
 
Nasional
01/12/2021 15:59 WIB
DPR: Barata Indonesia Harus Jadi Leader Industri Manufaktur Nasional
Komisi VI DPR RI melakukan lawatan ke PT Barata Indonesia (Persero) dalam rangka mendukung program restrukturasi yang dijalankan PT Perusahaan Pengelola Aset ( Persero) kepada Barata Indonesia.
 
Nasional
01/12/2021 15:56 WIB
Awal Tahun 2021, BNI Life Bayarkan Klaim Hingga Rp1,25 Triliun
Di umur yang ke-25, BNI Life mengadakan rangkaian acara syukuran ulang tahun secara virtual dangan tema “Silve25ary”.
 
Nasional
30/11/2021 11:59 WIB
TNI Proses Hukum Oknum Prajurit yang Terlibat Bentrokan
Adapun kasus pelanggaran hukum antara lain, bentrok di Ambon antara Oknum TNI AD Provost Denmadam XVI/PTM dengan Oknum Satlantas Polresta Ambon pada pukul 18.07 WIT, Rabu, 24 November 2021.
 
Nasional
24/11/2021 18:24 WIB
Promo Naik Bus DAMRI, Beli Tiket Dapat Cashback Rp20.000
Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 yang jatuh pada 25 November 2021, DAMRI terus memberikan pelayanan terbaiknya. Salah satunya menggandeng LinkAja dengan menghadirkan promo cashback maksimal Rp20.000.
 
Nasional
24/11/2021 18:20 WIB
KemenPPPA dan PNM Kolaborasi Dorong Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Bali
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mendorong program kesetaraan gender melalui program Training of Trainer (TOT) Kesetaraan Gender, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Pada Anak kepada…
Telkomsel