RM
Selasa, 16 November 2021 - 17:06 WIB

Ramah Lingkungan, PIEP Gunakan Base Fluid SF-05 di Algeria

Foto/Dok-PIEP/ECONOMICZONE
Foto/Dok-PIEP/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP) menerapkan aspek-aspek Health, Safety, Security and Environment (HSSE) salah satunya yaitu ‘lingkungan’ atau environment. Wilayah kerja operasi yang berada di luar negeri, memiliki tantangan tersendiri dimana harus melakukan penyesuaian di negara-negara tertentu agar Good Corporate Governance (GCG) tetap terjaga.

Bermula dari adanya aturan penghapusan lumpur pemboran berbasis diesel di Algeria, PIEP memiliki solusi untuk mengantisipasi aturan tersebut yaitu dengan menggunakan Produk SF-05 sebuah produk ‘Pertamina Base Fluid’ yang ramah lingkungan untuk diterapkan dalam kegiatan pemboran di Lapangan MLN-405, Algeria.

Penggunaan SF-05 ini memiliki beberapa dampak yang positif, diantaranya melindungi ‘Albian Formation’ yang merupakan sumber air di Afrika Utara serta melindungi pekerja dari penggunaan lumpur berbasis diesel yang apabila digunakan secara jangka panjang dapat menimbulkan leukemia, Alzheimer, tumor dan juga kanker. Keuntungan lainnya dari segi operasional, SF-05 memiliki spesifikasi ‘low aromatic’ dan juga ‘non-toxic’, performanya pun terbukti pada pemboran High Pressure High Temperature (HPHT), Offshore and deep water.

“Keberhasilan perwira PIEP dalam menggunakan produk SF-05 sebagai pengganti oil-based mud diapresiasi dengan baik oleh Pemerintah Algeria dalam penerapan teknologi baru. Melalui penggunaan produk SF-05 untuk pemboran di Algeria, hal ini membuktikan sinergi anak perusahaan yang luar biasa di kancah Internasional,” kata Direktur Utama PIEP, John Anis dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (16/11).

PIEP selaku anak perusahaan Subholding Upstream memiliki komitmen untuk menjaga ketahanan energi Nasional melalui wilayah kerja operasi di luar negeri dengan hasil produksi minyak dan gas YTD 2021 sebesar 153.595 BOEPD.

Manager Relations PIEP, Khairul Saleh menegaskan bahwa seluruh perwira PIEP sebagai salah satu anak perusahaan Subholding Upstream memiliki kesadaran dan pemahaman yang tinggi dalam memegang amanat untuk terus menjunjung nilai-nilai HSSE dalam seluruh proses bisnisnya di luar negeri.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
02/12/2021 16:29 WIB
Antisipasi Pengalihan Arus, KA Jarak Jauh Bisa Naik dari Stasiun Jatinegara
Dalam rangka mengantisipasi pengalihan Arus Lalu Lintas pada Kamis (2/12), ada 12 Nomor KA keberangkatan Stasiun Gambir berhenti di Stasiun Jatinegara untuk melayani naik penumpang KA Jarak Jauh.
 
Nasional
02/12/2021 16:26 WIB
Demi BUMN yang Kuat dan Mampu Bersaing, Erick Thohir Tutup 74 Anak Cucu Perusahaan
Kementerian BUMN terus melakukan efisiensi dan konsolidasi BUMN, terutama terkait dengan anak dan cucu perusahaan BUMN. Sampai dengan saat ini, 74 anak dan cucu perusahaan BUMN telah ditutup oleh Kementerian BUMN.
 
Nasional
01/12/2021 16:02 WIB
Keunggulan Kompor Induksi
PT PLN (Persero) terus mendorong electrifying lifestyle atau gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan.
 
Nasional
01/12/2021 15:59 WIB
DPR: Barata Indonesia Harus Jadi Leader Industri Manufaktur Nasional
Komisi VI DPR RI melakukan lawatan ke PT Barata Indonesia (Persero) dalam rangka mendukung program restrukturasi yang dijalankan PT Perusahaan Pengelola Aset ( Persero) kepada Barata Indonesia.
 
Nasional
01/12/2021 15:56 WIB
Awal Tahun 2021, BNI Life Bayarkan Klaim Hingga Rp1,25 Triliun
Di umur yang ke-25, BNI Life mengadakan rangkaian acara syukuran ulang tahun secara virtual dangan tema “Silve25ary”.
 
Nasional
30/11/2021 11:59 WIB
TNI Proses Hukum Oknum Prajurit yang Terlibat Bentrokan
Adapun kasus pelanggaran hukum antara lain, bentrok di Ambon antara Oknum TNI AD Provost Denmadam XVI/PTM dengan Oknum Satlantas Polresta Ambon pada pukul 18.07 WIT, Rabu, 24 November 2021.
 
Nasional
24/11/2021 18:24 WIB
Promo Naik Bus DAMRI, Beli Tiket Dapat Cashback Rp20.000
Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 yang jatuh pada 25 November 2021, DAMRI terus memberikan pelayanan terbaiknya. Salah satunya menggandeng LinkAja dengan menghadirkan promo cashback maksimal Rp20.000.
Telkomsel