RM
Senin, 13 September 2021 - 20:39 WIB

Kunjungi PNM Jawa Barat, Ini Harapan Menparekraf Sandiaga Uno

Foto/Dok-PNM/ECONOMICZONE
Foto/Dok-PNM/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan ke Kantor Cabang Permodalan Nasional Madani (PNM) Cirebon, Cimahi dan Bandung didampingi oleh Kindaris, Direktur Bisnis PNM dan Sunar Basuki, Direktur Kelembagaan Perencanaan.

“Saya berharap sektor usaha mikro mampu untuk terus bertahan di masa pandemi seperti saat ini, yang terpenting adalah sehat, dan jangan sampai lengah ketika kasus COVID-19 sudah mulai melandai lagi. Hingga saat ini (2021) sudah ada lebih dari 10 juta nasabah, ini menunjukkan bahwa potensi para pelaku usaha mikro sangat luar biasa sekali dalam mendukung ekonomi kreatif nasional,” ujar Menparekraf, Sandiaga Uno dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (13/9).

Dalam kunjungannya di Cimahi, Sandiaga Uno menyoroti salah satu produk nasabah PNM Mekaar yang menghasilkan produk daur ulang kain perca dari limbah pabrik digabungkan dengan kain batik. Menurutnya, produk-produk yang telah dihasilkan dapat terus berkembang melalui PaDi UMKM, sebuah platform digital yang mampu menjadi fasilitator pelaku usaha lokal indonesia agar dapat terus mengembangkan potensinya.

“Dari Cimahi, data menunjukkan bahwa pertumbuhan mencapai 1 triliun, komposisi 600 miliar terdiri dari nasabah PNM Mekaar, 400 miliar terdiri dari nasabah PNM ULaMM. Jadi inilah akses permodalan dan momentum bagi kebangkitan sektor UMKM yang ada di kota Cimahi, mudah-mudahan dapat membuka lapangan kerja bagi seluruh rakyat Indonesia. Kami ingin meningkatkan kerjasama dengan PNM dalam kapasitas MoU dan perjanjian kerjasama untuk memberi akses kepada para pelaku parekraf sejumlah 34 juta yang membutuhkan sentuhan bantuan permodalan dari PNM,” ujar Sandiaga.

Kedepannya, Sandiaga Uno berharap dapat menjalin kerjasama dengan PNM melalui beberapa program kemenparekraf antara lain; kelas keuangan, temu bisnis, dan desa wisata. Kunjungan kali ini diakhiri dengan pemberian cinderamata kujang kepada Mas Menteri dari nasabah ULaMM PNM. Tukar menukar buah tangan dilanjutkan dengan balasan souvenir dari Sandiaga Uno kepada salah satu AO PNM, dan Walikota Cimahi.

Untuk diketahui, dalam kunjungannya ke Cirebon, Sandiaga menuturkan beberapa diskusinya terkait dengan ekonomi kreatif, seperti daya saing produk di tengah pandemi serta bagaimana upaya yang dapat dilakukan kedepannya untuk terus memberikan nilai tambah pada produk-produk yang dihasilkan oleh para nasabah PNM Mekaar, mulai dari segi kemasan hingga kualitas produk. Selain berdiskusi dengan para nasabah PNM Mekaar, Sandiaga Uno turut memberikan apresiasi dan motivasi pada Account Officer (AO) agar senantiasa bersemangat dalam mengelola pembiayaan 10,8 juta nasabah PNM.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
2 jam yang lalu
Transformasi Digital BRI Picu Sharing Economy di Tengah Masyarakat
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus melakukan transformasi digital untuk menciptakan pertumbuhan kinerja di masa depan. Transformasi digital tersebut memberikan dampak besar terhadap sharing economy di tengah masyarakat. Dalam transformasi digital hal utama adalah bukan…
 
Nasional
2 jam yang lalu
Layanan KRL Pagi Ini Berjalan Tertib, Pengguna Mulai Beradaptasi Dengan Layanan di Stasiun Manggarai
Pengguna KRL pada Senin pagi (27/9) tercatat meningkat jumlahnya dibanding Senin pekan lalu. Namun pengguna dapat tertib mengikuti penyekatan dan protokol kesehatan di stasiun maupun KRL. Para pengguna juga mulai beradaptasi dengan penyesuaian layanan di Stasiun Manggarai.
 
Nasional
21 jam yang lalu
Rawat Satwa yang Terluka, KPI Bangun Klinik Karantina Taman Wisata Alam Sorong
Sejumlah petugas di Taman Wisata Alam (TWA) Sorong, Papua Barat terlihat sibuk menerima kedatangan warga. Para warga datang ke TWA dengan membawa sejumlah satwa ilegal liar dalam kondisi terluka, seperti burung Kakak Tua Raja, Cenderawasih, Lau Lau, berbagai jenis kadal, dan lain-lain.
 
Nasional
23/09/2021 17:42 WIB
Penumpang dari Luar Negeri Wajib Tes PCR di Bandara Soetta
Berdasarkan surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 77/2021, salah satu ketentuan yang harus dipenuhi oleh seluruh penumpang dari luar negeri adalah menjalani tes COVID-19 yakni tes molekuler isotermal (NAAT/jenis lainnya) di bandara kedatangan yang hasilnya dapat diterbitkan…
 
Nasional
23/09/2021 17:30 WIB
Asyik, Rapid Test Antigen di Stasiun Kini Cukup Bayar Rp45.000
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan tarif baru untuk layanan Rapid Test Antigen di seluruh stasiun yang memiliki layanan antigen dari sebelumnya Rp85.000 menjadi Rp45.000 untuk setiap pemeriksaan. Tarif baru ini berlaku mulai 24 September 2021.
 
Nasional
23/09/2021 17:24 WIB
Dukung Prokes Terintegrasi, PeduliLindungi Sudah Digunakan 1 Juta di Bandara AP II
Sebagai upaya penerapan integrasi PeduliLindungi di berbagai sektor, PT Angkasa Pura II (Persero) berkolaborasi dengan stakeholder yakni maskapai,
 
Nasional
21/09/2021 20:54 WIB
Presiden RI Jokowi: Industri Baja Pilar Penting Pertumbuhan Ekonomi
Presiden Joko Widodo dalam peresmian Hot Strip Mill #2 PT Krakatau Steel (Persero) mengungkapkan transformasi BUMN menjadi keharusan agar BUMN-BUMN menjadi BUMN kelas dunia, semakin profesional, semakin kompetitif, semakin menguntungkan, untuk memberikan pelayanan yang lebih baik…
Telkomsel