RM
Kamis, 09 September 2021 - 13:42 WIB

Semeter I/2021, Laba Bersih BNI Naik 12,8 Persen Capai Rp5,0 triliun

Foto/Dok-BNI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-BNI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Sepanjang semester I/2021, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, atau emiten dengan kode saham BBNI, mencetak kinerja yang solid dan konsisten melampaui kinerja perusahaan sebelum pandemi. Beberapa poin dapat menjadi catatan pendukung bagi investor BBNI adalah Pertama, Perseroan termasuk entitas bisnis keuangan yang terdepan dalam melaksanakan transformasi digital untuk mempersiapkan pondasi bisnis di masa depan. Kedua, Perusahaan juga melakukan transformasi secara menyeluruh menjadi bank yang berfokus pada profitabilitas. Ketiga, BBNI memiliki valuasi atraktif yang belum mencerminkan kondisi fundamental sebenarnya.

“Dari sisi transformasi, BNI juga kini sudah berbeda dengan kondisi satu atau bahkan dua tahun yang lalu, didukung upaya transformasi yang terus berjalan pada aspek penguatan permodalan, digitalisasi, serta perbaikan kualitas aset. Dalam jangka Panjang, upaya transformasi ini diarahkan untuk membawa BNI menjadi bank dengan profitabilitas yang tinggi di industri. Sementara dari sisi valuasi, rasio Price to Book Value (PBV) BBNI masih di kisaran 0,8x, belum mencerminkan kondisi fundamental yang sebenarnya,” kata Direktur Keuangan BNI, Novita Widya Anggraini dalam public expose secara virtual ditulis Kamis (9/9).

Perseroan menghasilkan Pendapatan Operasional Sebelum Pencadangan atau Pre-Provisioning Operating Profit (PPOP) yang terus tumbuh dalam 5 kuartal terakhir, dimana pada Semester I – 2021 mencapai Rp16,1 triliun. PPOP ini didukung pertumbuhan Pendapatan Bunga Bersih (NII) sebesar 18,2 persen YoY atau mencapai Rp19,3 triliun dan Fee Based Income (FIB) yang tumbuh hingga 19,2 persen YoY dari posisi Juni tahun lalu sebesar Rp6,8 triliun. Pencapaian ini diperoleh dengan tidak mudah, di tengah situasi Pandemi yang masih berlangsung dan masih berjalannya program restrukturisasi kredit bagi debitur yang bisnisnya terdampak pandemik. Terdapat tekanan terhadap pendapatan, namun dengan strategi yang tepat, perseroan dapat mempertahankan Net Interest Margin atau NIM pada kisaran 4,9 persen.

Pertumbuhan bisnis terus dilakukan secara selektif dan prudent. Total kredit yang disalurkan naik 4,5 persen YoY dibandingkan Juni tahun lalu, lebih tinggi dari rata-rata total perbankan yang hanya mencatatkan pertumbuhan kredit 0,6 persen, dengan fokus pada sektorsektor usaha prospektif dengan risiko rendah, baik pada segmen Business Banking maupun Consumer Banking. Adapun Dana Pihak Ketiga (DPK) dapat tumbuh 4,5 persen YoY dengan fokus pada Giro dan Tabungan. Kualitas Aset terus membaik. Jika memperhitungkan pencadangan atau CKPN yang telah dibentuk secara prudent sejak tahun lalu, maka Net NPL hanya 0,9 persen.

“Laba bersih BNI meningkat 12,8 persen secara YoY atau sebesar Rp5,0 triliun pada Semester I – 2021, diikuti pondasi keuangan yang kuat dalam bentuk pencadangan sebesar 215,3 persen. Adapun level efisiensi operasional yang baik dengan Cost to Income Ratio di level 40,7 persen, serta rasio kecukupan permodalan atau Capital Adequacy Ratio di level 18,2 persen. Dengan demikian, arah pergerakan saham BBNI tetap prospektif seiring dengan kemampuan perseroan menjaga kinerja fungsi intermediasi tengah tahun ini. Kinerja BBNI tetap kokoh di tengah persaingan dan tekanan pandemi Covid-19,” tutupnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
5 jam yang lalu
Sumber Daya Melimpah, Erick Thohir Genjot Transformasi PLN
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengungkapkan kondisi dunia saat ini tengah mengalami ketidakpastian terhadap rantai pasok seharusnya dapat dimanfaatkan oleh Indonesia yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah.
 
Nasional
5 jam yang lalu
Bisnis Minerba Merangkak Naik, IPCC Panen Kargo Alat Berat
Meningkatnya sejumlah harga komoditas tambang di Indonesia yang diikuti dengan sejumlah pemulihan berimbas positif pada pertumbuhan industri Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).
 
Nasional
5 jam yang lalu
Dukung UMKM, BSI Gelar Kompetisi Talenta Wirausaha
Guna mendorong UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional serta membangkitkan ekonomi ummat, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengelar kompetisi Talenta Wirausaha BSI.
 
Nasional
19/01/2022 15:50 WIB
Layani Penerbangan Haji 2022, Garuda Indonesia Siapkan Armada B777-300 ER hingga A330-300
Maskapai Garuda Indonesia mengoptimalkan langkah kesiapan operasional penerbangan haji salah satunya dengan memastikan ketersediaan dan kesiapan armada.
 
Nasional
19/01/2022 15:48 WIB
WIKA Laksanakan Apel Upacara dan Sarasehan Peringati Bulan K3 Nasional
Direktur Operasi II PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., Harum Akhmad Zuhdi memimpin pelaksanaan upacara peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2022 di Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), Halim.
 
Nasional
19/01/2022 15:44 WIB
Indonesia Power Siapkan Lahan Ribuan Hektar Hutan Tanaman Energi
Sekali dayung dua pulau terlampaui, tak hanya dorong penggunaan Energi Baru Terbarukan(EBT), Indonesia Power juga lakukan gerakan untuk kelestarian alam Indonesia dengan tanam lebih dari 5.000 pohon tanaman energi. Acara penanaman perdana dilakukan serentak di seluruh unit kerja…
 
Nasional
18/01/2022 16:00 WIB
DiIndonesiaAja, Garuda Indonesia Hadirkan Program Wisata Nusantara
Maskapai Garuda Indonesia menggelar program “Wisata Nusantara” yang merupakan bagian dari dukungan berkelanjutan Perusahaan terhadap gerakan #DiIndonesiaAja yang menjadi rangkaian dalam inisitiatif Kementerian Pariwisata RI dalam mengakselerasikan pemulihan sektor pariwisata…
Telkomsel