MA
Rabu, 10 Maret 2021 - 20:20 WIB

Kasum TNI Buka Rakorter TNI Tahun 2021

Foto/Dok Puspen TNI/Economiczone
Foto/Dok Puspen TNI/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Kasum TNI Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M, membuka Rapat Koordinasi bidang Teritorial (Rakorter) TNI Tahun 2021, bertempat di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Kasum TNI Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan bahwa Rakorter TNI tahun ini diselenggarakan sebagai forum penyampaian evaluasi pelaksanaan Program Kerja dan anggaran tahun 2020 sekaligus menyamakan persepsi, visi dan misi dalam rangka keberhasilan program kerja dan anggaran bidang Teritorial tahun 2021.

Lebih lanjut Kasum TNI mengatakan keberhasilan tugas operasi TNI tidak terlepas dari program Pembinaan Teritorial (Binter) dan Operasi Teritorial (Opster) yang dilaksanakan aparat Teritorial TNI. “Pada dasarnya penyelenggaraan Binter melalui kegiatan Ketahanan Wilayah, Komunikasi Sosial dan Bakti TNI, bertujuan membangun kemanunggalan TNI dan rakyat,” ujarnya.

“Selain itu, Binter juga bertujuan untuk memberdayakan potensi wilayah menjadi kekuatan pertahanan fisik maupun non fisik guna mewujudkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh,” tambah Kasum TNI.

Kasum TNI juga menyampaikan, untuk mencapai Binter dan Opster yang optimal diperlukan kemampuan Aparat Teritorial yang mumpuni dan andal. “Program peningkatan kemampuan Teritorial bagi Aparat Komando Kewilayahan TNI (Babinsa, Babinpotmar dan Babinpotdirga) yang sudah dilaksanakan pada tahun 2020, hendaknya ditindaklanjuti oleh masing-masing Angkatan guna meningkatkan profesionalisme, sinergitas dan keterpaduan antar Aparat Teritorial TNI,” katanya.

Sejak awal terjadi pandemi, TNI telah berkomitmen menjadi garda terdepan dalam hal mengatasi kesulitan rakyat. Berbagai program dan kegiatan Binter dan Opster diprioritaskan untuk mendukung penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. “Pengerahan dan pelatihan tenaga tracer dan vaksinator TNI serta serbuan vaksinasi yang kesemuanya melibatkan Aparat Teritorial sebagai ujung tombak dan bersinergi dengan unsur Tiga Pilar lainnya,” ucap Kasum TNI.

“Saya atas nama Pimpinan TNI menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja aparat dan satuan jajaran Teritorial TNI yang dinilai mampu mewujudkan Ruang Alat Kondisi Juang yang tangguh khususnya selama masa pandemi ini. Lanjutkan dan tingkatkan kreativitas serta inovasi penyelenggaraan Binter agar manfaatnya dapat lebih dirasakan oleh masyarakat,” pungkas Kasum TNI.

Rapat koordinasi tahun ini diikuti oleh 16 peserta secara tatap muka dan 47 peserta secara virtual yang terdiri dari Angkatan Darat, Laut, Udara, dan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan TNI dengan mengusung tema “Melalui Rakorter TNI Kita Wujudkan Apkowil TNI Yang Kuat, Solid, Profesional dan Dicintai Rakyat Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Masyarakat Guna Tercapainya Tugas Pokok TNI”.

 
 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
07/04/2021 11:33 WIB
Jokowi Sampaikan Arahan Percepat Penanganan Bencana NTT Dan NTB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk mempercepat penanganan banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) dan Nusa Tenggara Barat(NTB).
 
Nasional
05/04/2021 16:23 WIB
Kapolri Pastikan Perayaan Jumat Agung Hingga Paskah Berjalan Lancar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan rangkaian perayaan mulai dari Jumat Agung hingga perayaan Paskah tahun 2021 berjalan dengan lancar, aman dan damai. 
 
Nasional
31/03/2021 23:14 WIB
Kronologis Penyerangan Terduga Teroris Di Mabes Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kronologi terkait penyerangan yang dilakukan terduga teroris di Mabes Polri.
 
Nasional
31/03/2021 16:45 WIB
Kronologis Ditemukannya CVR Sriwijaya SJ-182
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerdjanto Tjahjanto mengungkap kronologi ditemukannya Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada 9 Januari Lalu.
 
Nasional
31/03/2021 16:11 WIB
Tim Gabungan Basarnas Akhirnya Temukan CVR Sriwijaya SJ-182
Menteri Perhubungan(Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja dari tim gabungan Basarnas yang terus melakukan pencarian CVR guna melengkapi data dari Flight Data Recorder(FDR) yang sudah lebih dulu ditemukan.
 
Nasional
30/03/2021 20:23 WIB
Nadiem Makarim Tentang Sekolah Tatap Muka: Tanya Pemda Masing-Masing
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, meminta masyarakat untuk menanyakan kapan sekolah dibuka, kepada Bupati/Walikota dan Gubernur ebagai pimpinan pemerintah daerah.
 
Nasional
29/03/2021 20:50 WIB
Densus 88 Ringkus Empat Orang Teroris Di Bekasi Dan Condet
Detasemen Khusus(Densus) 88 meringkus empat orang teroris di Desa Sukasari, Bekasi dan Condet Jakarta Timur pada Senin(29/3/2021) pukul 09.38 WIB.
Telkomsel