MA
Selasa, 02 Maret 2021 - 15:01 WIB

Danjen Akademi TNI Pimpin Acara Taklimat Akhir Audit Kinerja Itjen TNI

Foto/Dok Puspen TNI/Economiczone
Foto/Dok Puspen TNI/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Marsdya TNI Tamsil Gustari Malik, S.E., S.H., M.H., M.Tr.(Han) memimpin acara Taklimat Akhir Audit Kinerja Itjen TNI Periode I Tahun Anggaran 2021 Satuan Kerja Unit Organisasi Mabes TNI dan Balakpus di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (2/3/2021).

Pada kesempatan tersebut Danjen Akademi TNI membacakan amanat Kasum TNI Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., yang mengatakan bahwa kegiatan audit secara intern dimaksudkan untuk mendeteksi lebih dini permasalahan yang terjadi di tiap-tiap Satuan Kerja (Satker) sebelum diketahui oleh pengawas ekstrem dalam hal ini BPK RI. “Seluruh kegiatan pengawasan pada dasarnya akan bermuara kepada upaya institusi TNI mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” jelasnya.

Kasum TNI menyampaikan bahwa kegiatan audit oleh Itjen TNI selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), bukan lagi wujud dari peran watchdog sesuai paradigma lama, namun lebih menonjolkan paradigma baru pengawas intern selaku konsultan dan katalis yang memberi dampak/nilai positif jangka menengah dan jangka panjang terhadap pencapaian tujuan organisasi.

“Temuan-temuan hasil audit perlu ditindaklanjuti dan dilakukan perbaikan untuk menjadi perhatian kita semua, agar tidak menjadi temuan berulang. Artinya kita maknai sebagai kondisi yang dapat memperbaiki kinerja satuan dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran dimasa mendatang,” harap Kasum TNI.

Letjen TNI Ganip Warsito memberikan beberapa penekanan kepada seluruh Pimpinan Satker/Balakpus di Unit Organisasi Mabes TNI untuk menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan Tim Audit secara tuntas dan disertai bukti dukungan yang solid dan valid agar semakin memperkuat komitmen TNI dalam mewujudkan good governance and clean government.

“Laksanakan upaya-upaya pembenahan dan penyempurnaan sistem dan prosedur administrasi pertanggungjawaban agar pelaksanaan program kerja dan anggaran seluruh Satker dapat terselenggara dengan baik dan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang berlaku,” tegasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, diantaranya Irjen TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) dan para Pejabat Utama Mabes TNI.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
12/04/2021 18:44 WIB
Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Idul Fitri 2021
Pemerintah melalui memastikan stok pangan selama Ramadan aman hingga Hari Raya Idul Fitri 2021.
 
Nasional
07/04/2021 15:25 WIB
Jokowi Terbitkan Perpres Nomor 19, TMII Diambil Alih Negara
"Presiden telah menerbitkan Perpres nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII. Yang di dalamnya mengatur penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg," ujar Menteri Sekretaris
 
Nasional
07/04/2021 11:33 WIB
Jokowi Sampaikan Arahan Percepat Penanganan Bencana NTT Dan NTB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk mempercepat penanganan banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) dan Nusa Tenggara Barat(NTB).
 
Nasional
05/04/2021 16:23 WIB
Kapolri Pastikan Perayaan Jumat Agung Hingga Paskah Berjalan Lancar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan rangkaian perayaan mulai dari Jumat Agung hingga perayaan Paskah tahun 2021 berjalan dengan lancar, aman dan damai. 
 
Nasional
31/03/2021 23:14 WIB
Kronologis Penyerangan Terduga Teroris Di Mabes Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kronologi terkait penyerangan yang dilakukan terduga teroris di Mabes Polri.
 
Nasional
31/03/2021 16:45 WIB
Kronologis Ditemukannya CVR Sriwijaya SJ-182
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerdjanto Tjahjanto mengungkap kronologi ditemukannya Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada 9 Januari Lalu.
 
Nasional
31/03/2021 16:11 WIB
Tim Gabungan Basarnas Akhirnya Temukan CVR Sriwijaya SJ-182
Menteri Perhubungan(Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja dari tim gabungan Basarnas yang terus melakukan pencarian CVR guna melengkapi data dari Flight Data Recorder(FDR) yang sudah lebih dulu ditemukan.
Telkomsel