MA
Jumat, 19 Februari 2021 - 20:05 WIB

Menggunakan Masker Yang Benar Cara Ampuh Menangkal Virus

Foto/Dok BNPB/Economiczone
Foto/Dok BNPB/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Penggunaan masker yang benar sebagai upaya disiplin protokol kesehatan terbukti ampuh mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Dan baru-baru ini Centre for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat pada 13 Februari 2021, merekomendasikan cara baru memakai masker, yaitu masker ganda. Yaitu masker medis berlapis masker kain. 

"Sebuah penelitian baru yang dilakukan di laboratorium, bahwa kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pemakainya, dan orang lain dibandingkan memakai masker kain saja atau masker medis saja," Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (18/2/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat. 

Namun, ada beberapa kombinasi masker yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Seperti menggunakan 2 masker medis secara bersamaan. Sebab, masker medis tidak dirancang untuk digunakan 2 lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker. 

Lalu, jangan menggabungkan masker KN95 dengan masker lainnya. Karena masker KN95 sebaiknya digunakan sendiri dan tidak diperuntukkan melapisi masker apapun, baik sebagai lapis pertama maupun seterusnya. 

Hindari menggunakan masker yang memiliki katup udara, karena berpotensi sebagai celah masuknya virus. Baik masker kain atau masker medis dapat ditingkatkan ketepatannya menangkal virus. Berbagai cari itu, sepeti menggunakan masker yang terdapat kawat menyesuaikan bentuk hidung, penyangga masker dapat digunakan agar masker dipakai sempurna menyesuaikan bentuk wajah. 

Cara selanjutnya, mengikat karet telinga dan melipat sisa masker jika ukuran masker lebih besar dari ukuran wajah, sehingga masker dapat dengan tepat menutupi hidung dan mulut dengan sempurna. Dan perlu diperhatikan juga kemampuan filtrasi dalam menyaring masuknya virus.

"Mengenakan masker adalah salah satu cara terpenting mengurangi risiko tertular dan menyebarkan Covid-19. Karena memakai masker yang benar lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali," lanjut Wiku. 

Masyarakat juga diminta konsisten memakai masker saat bersama siapapun yang tidak tinggal bersama termasuk dalam rumah. Dengan kepatuhan memakai masker yang benar dan semakin meningkat, harapannya dapat menurunkan penularan sehingga kasus positif dapat segera turun hingga tidak ada sama sekali. 

TAGS
  1. BNPB
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
19 jam yang lalu
Bendungan Sindangheula Perkuat Sektor Pertanian dan Industri Banten
Presiden Joko Widodo meresmikan dan meninjau Bendungan Sindangheula yang berada di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Banten pada Kamis, 4 Maret 2021.
 
Nasional
19 jam yang lalu
Rakornas PB Tahun 2021 Tetap Patuhi Prokes
Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (RAKORNAS PB) tahun 2021 memasuki hari ke dua, Kamis (4/3) di hotel Sari Pacific, Jakarta.
 
Nasional
19 jam yang lalu
Joy Sailing KRI Dewaruci Akhiri Rangkaian Kegiatan Pelayaran Kebaharian di Cirebon
Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon dengan Komandan Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera, S.E., M.M., M.A, bersama unsur Forkopimda Kota Cirebon serta Mahasiswa Telkom University Bandung sebanyak 15 orang melaksanakan kegiatan Joy Sailing bersama KRI Dewa Ruci pada akhir rangkaian…
 
Nasional
19 jam yang lalu
Personel Pos TNI AL Muntok Laksanakan Vaksin Pertama
Personel Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Muntok jajaran Lanal Bangka Belitung dan Personil Patkamla Menumbing 1.3-46 bersama personel Satpol PP yang tergabung dalam Satgas Angkutan Laut Muntok melaksanakan Vaksin pertama di wilayah Kab. Bangka Barat yang dilaksanakan di Gedung Majapahit…
 
Nasional
20 jam yang lalu
Pertama di Asia Tenggara, Samsung dan Kredivo Bermitra untuk Hadirkan Layanan Pembiayaan Baru
Samsung Electronics Co. Ltd., perusahaan consumer electronics global terkemuka, mengumumkan kolaborasi strategisnya dengan Kredivo, platform pembiayaan digital terdepan di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, Kredivo kini menjadi partner resmi dan eksklusif di Indonesia untuk Samsung…
 
Nasional
20 jam yang lalu
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI gandeng Bridgestone Indonesia Selenggarakan Seminar Internasional 18th Economix Global Economic Challenges
PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), bagian dari Bridgestone Corporation pemimpin global dalam Layanan Mobilitas Berkelanjutan dan Solusi Tingkat Tinggi, berkolaborasi dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dalam penyelenggaraan Seminar…
 
Nasional
20 jam yang lalu
PT Hyundai Motors Indonesia Perluas Jaringan Dealer untuk Memperkuat Kehadiran Hyundai di Indonesia
Seiring dengan komitmen Hyundai untuk meningkatkan akses produk serta layanan Hyundai, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmikan tiga dealer terbarunya. Hyundai Gatot Subroto di Medan, Hyundai Gubeng di Surabaya, dan Hyundai Lampung secara resmi telah hadir untuk memberikan kemudahan…
Telkomsel