BPMI Setpres
Senin, 01 Februari 2021 - 21:30 WIB

Pesan Presiden Jokowi untuk Bank Syariah Indonesia

Foto/BPMI Setpres/ECONOMICZONE
Foto/BPMI Setpres/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Presiden Joko Widodo menaruh harapan besar bagi Bank Syariah Indonesia (BSI) yang baru saja terbentuk untuk dapat berkontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah dan menyejahterakan umat serta rakyat Indonesia.

Oleh karena itu, saat meresmikan berdirinya PT Bank Syariah Indonesia Tbk sebagai hasil penggabungan tiga bank syariah Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah pesan bagi BSI dalam menjalankan operasinya di Indonesia.

“Yang pertama, Bank Syariah Indonesia harus benar-benar menjadi bank syariah yang universal. Artinya, harus terbuka, inklusif, menyambut baik siapapun yang ingin menjadi nasabah agar menjangkau lebih banyak masyarakat di Tanah Air,” ujarnya pada Senin, 1 Februari 2021, di Istana Negara, Jakarta.

Meski berlandaskan pada prinsip ekonomi dan keuangan syariah, operasional BSI tidak hanya terbuka bagi umat muslim saja, tapi juga dapat diikuti oleh nasabah dari berbagai kalangan.

“Semua yang mau bertransaksi atau berinvestasi secara syariah harus disambut sebaik-baiknya,” kata Presiden.

Selanjutnya, Kepala Negara berpesan agar BSI mampu memaksimalkan penggunaan teknologi digital. Digitalisasi tersebut wajib dilakukan untuk dapat menjangkau mereka yang selama ini belum dapat dilayani oleh layanan perbankan.

Berkaitan dengan itu, BSI juga harus mampu menarik minat generasi muda untuk menjadi nasabah dan turut berperan dalam memajukan ekonomi serta keuangan syariah di Indonesia. Sebab, jumlah generasi muda Indonesia saat ini yang cukup besar menjadi peluang bagus bagi perwujudan hal tersebut.

“Jumlah generasi muda milenial Indonesia saat ini mencapai 25,87 persen dari total 270 juta penduduk Indonesia. Ini sebuah jumlah yang sangat besar,” ucapnya.

Untuk menjangkau lebih banyak nasabah, produk dan layanan keuangan syariah milik BSI harus kompetitif dan dapat memenuhi kebutuhan berbagai segmen nasabahnya, mulai dari UMKM, korporasi, hingga retail. Tak kalah penting, BSI juga diharapkan dapat memfasilitasi nasabah agar cepat naik kelas dan menjadi tulang punggung ekonomi negara.

“Sebagai barometer perbankan syariah Indonesia, serta insyaallah nantinya regional dan dunia, saya mengharapkan agar Bank Syariah Indonesia harus jeli dan gesit menangkap peluang, mampu menciptakan tren-tren baru dalam perbankan syariah, dan bukan hanya mengikuti tren yang sudah ada,” tandasnya.

Hadir secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan dalam acara peresmian tersebut di antaranya ialah Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk Hery Gunardi.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
09/06/2021 15:21 WIB
Presiden Joko Widodo Tinjau Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meninjau aktivitas vaksinasi anti Covid-19 di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit, Depok, yang diselenggarakan oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI). Pada kunjungan ini, Presiden menyaksikan langsung…
 
Nasional
07/06/2021 15:11 WIB
BTN Edukasi Santri Jadi Pengembang Perumahan
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggandeng Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur menggelar Pelatihan BTN Santri Developer Kebangsaan 2021. 
 
Nasional
06/06/2021 21:49 WIB
BP Tapera Gelar Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik 2021
Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) sebagai lembaga pengelola tabungan perumahan rakyat berkomitmen membantu masyarakat memiliki rumah yang layak huni, sejalan dengan program pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan program sejuta rumah.
 
Nasional
05/06/2021 00:08 WIB
ASABRI bayarkan SRKK Praka Alif Nur M. Angkotasan
PT ASABRI (Persero) diwakili Direktur Investasi Jeffry Haryadi P. M. menyerahkan Santunan Risiko Kematian Khusus (SRKK) sebesar Rp450 juta dan hak Nilai Tunai Tabungan Asuransi (NTTA) Rp7.743.400 kepada Dalimahu Talaohu istri dari Ahli waris Alm. Praka Alif secara simbolis di Markas…
 
Nasional
04/06/2021 15:38 WIB
Melalui CRI, PTPP Teken Fasilitas Pembiayaan Proyek Jalur Kereta Api Makassar-Parepare
PT PP (Persero) Tbk melalui PT Celebes Railway Indonesia (CRI) melakukan penandatanganan fasilitas sindikasi pinjaman berjangka senior dan pembiayaan musyarakah mutanaqisah. Penandatanganan fasilitas pembiayaan tersebut akan digunakan penyelenggaraan prasarana perkeretaapian umum…
 
Nasional
04/06/2021 15:33 WIB
KAI Resmikan KA Barang Peti Kemas, Distribusi Logistik Pelabuhan Jadi Lebih Efisien
PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan perjalanan KA Barang Peti Kemas dengan rangkaian 10 gerbong berkapasitas 20 TEUs dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Stasiun Pasoso,
 
Nasional
04/06/2021 13:15 WIB
Telkomsel Perkuat Komitmen Membuka Peluang Masa Depan Lebih Luas, Luncurkan Layanan Telkomsel 5G Serentak di Kota Balikpapan, Medan, dan Surakarta
Telkomsel melanjutkan komitmennya untuk membuka dunia penuh peluang dengan meluncurkan 5G di tiga kota lainnya, yaitu Balikpapan, Medan, dan Surakarta. Peluncuran¬†¬†dilakukan secara serentak di GraPARI Telkom Group Medan, Kantor Balai Kota Surakarta, dan GraPARI Balikpapan (3/6).…
Telkomsel