Aldhi Chandra
Senin, 30 November 2020 - 17:09 WIB

Kendaraan Niaga Jadi Andalan Saat Pandemi, Ini Tips Memilih Ban yang Tepat

Foto/Ist/Economiczone
Foto/Ist/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Sejak pandemi, kendaraan niaga semakin diandalkan seiring kebutuhan ekspedisi dan logistik yang meningkat. Pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat serta alat kesehatan yang didistribusikan antar wilayah juga kian mengandalkan kendaraan niaga. Meskipun demikian, menurut data GAIKINDO, kendaraan niaga berdaya angkut besar seperti truk dan bis nyatanya mengalami penurunan penjualan sepanjang tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu.

Produsen ban premium tingkat global PT Hankook Tire Sales Indonesia memandang, lesunya penjualan kendaraan niaga disebabkan karena para pengusaha dan pelaku industri cenderung mengutamakan survival mode bagi bisnisnya melalui efisiensi biaya, sehingga penggunaan kendaraan niaga yang sudah menjadi aset perusahaan kian dioptimalkan alih-alih membeli unit baru.

“Langkah ini cukup wajar dilakukan oleh pengusaha di kondisi ekonomi yang belum stabil ini. Sebetulnya penjualan kendaraan niaga sendiri sudah mulai membaik sejak Agustus lalu tepatnya ketika aktivitas ekonomi mulai kembali digenjot, namun memang belum sepenuhnya pulih jika berangkat dari kondisi para mitra fleet kami di lapangan. Sebagai produsen ban, Hankook Tire berupaya membantu para pelanggan dari para mitra fleet kami dalam menerapkan optimalisasi kendaraan niaga dengan pemilihan ban yang tepat dan sesuai.” jelas National Sales Manager TBR (Tire & Bus Radial) PT. Hankook Tire Sales Indonesia Ahmad Juweni. Berikut dua tips dasar dalam memilih ban untuk kendaraan niaga, yaitu:

Pertama, pengendara perlu memahami jarak tempuh yang akan dilalui kendaraan, apakah jarak jauh, jarak menengah, atau jarak dalam kota. Kemudian pertimbangkan kondisi jalan, apakah off road, jalan perkotaan (on-road) atau kombinasi antara on dan off road. Hal ini akan menentukan spesifikasi ban yang diperlukan agar mampu menunjang kendaraan niaga dengan optimal. Bagi kendaraan yang beroperasional di jalan aspalt (on-road) dapat menggunakan tipe kembang ban halus, sedangkan untuk kondisi jalan kombinasi, dapat menggunakan tipe kembang mixed, dan untuk off-road dapat menggunakan tipe kembang ban off atau kasar. 

“Untuk mempermudah dalam menentukan pemilihan ban, Hankook memberikan kode-kode pada produk TBR-nya (Truck and Bus Radial), antara lain yaitu kode H untuk penggunaan regional atau on-road, kode M untuk penggunaan kombinasi atau mixed services. Kemudian ada kode penentu posisi yang terdiri dari kode A untuk semua posisi, kode D untuk posisi Drive, dan kode T untuk posisi Trailer. Sebagai contoh, ban AH31K adalah tipe ban TBR Hankook yang dapat digunakan untuk semua posisi (depan/belakang) untuk kondisi jalan regional (on-road)”, Jelas Ahmad.

Kedua, pengendara perlu memperhatikan Indeks Beban dan Kecepatan. Aspek ini menjadi salah satu penentu dalam menentukan kemampuan ban dalam menopang beban muatan dan kecepatan. Jika kendaraan menampung beban yang melebihi kapasitas ban, maka, tekanan angin harus disesuaikan (ditambah) dan kecepatan perlu diturunkan. Untuk menentukan hal ini, Hankook Tire melalui jaringan distributornya siap siaga membantu perusahaan angkutan dan bus.

Pada Maret lalu, pemerintah dan pelaku usaha sedang mendiskusikan wacana pembatasan usia pakai kendaraan niaga yang terbagi menjadi 25 tahun untuk bis komersial, 20 tahun untuk truk, dan 15 tahun untuk bis pariwisata. Adapun dari sisi pelaku usaha, penentuan regulasi masa pakai kendaraan sangat penting karena akan berdampak pada nilai asset dan biaya operasional bisnis.[1]

Melihat hal ini, President Director PT. Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin mengungkapkan “Sebagai produsen ban, kami berusaha menjawab tantangan dan kebutuhan pelaku bisnis di Indonesia lewat inovasi produk yang mengakomodir kebutuhan tersebut. Untuk membantu mengelola biaya operasional dengan efisien, pemilihan ban yang tepat dapat memungkinkan pengeluaran rupiah per kilometer yang lebih rendah. Sedangkan untuk budget planning pembelian ban bagi kendaraan niaga dapat dihitung berdasarkan data umur pakai ban dan jumlah kendaraan. Kami selalu berupaya membantu pengusaha angkutan untuk menekan biaya operasional dengan produk yang inovatif dan dan pelayanan untuk memaksimalkan pemakaian ban.” ungkap Shin.

Hankook Tire memiliki ragam produk ban yang dirancang khusus untuk pengguna kendaraan niaga yang mengutamakan aspek kenyamanan, keamanan, kemudahan, dan kualitas. Misalnya Smart Flex AH31K yang menawarkan teknologi dan desain untuk membuat keausan ban lebih merata dan kinerja jarak tempuh (umur) yang lebih tinggi. Ban AH31K adalah ban radial tubeless Hankook dengan ukuran 11R22.5 untuk semua posisi dan kondisi jalan regional (on-road) yang dapat digunakan untuk angkutan bis atau barang. Produk dan layanan Hankook ini dapat diperoleh di seluruh jaringan distribusi Hankook Tire yang tersebar di Indonesia.

TAGS
  1. Hankook
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
09/06/2021 15:36 WIB
Pembayaran Produk Tugu Insurance Syariah Kini Bisa Pakai LinkAja dan Layanan Syariah LinkAja
Kerja sama Tugu Insurance dengan LinkAja pada kesempatan ini mencakup pembayaran LinkAja dan Layanan Syariah LinkAja untuk pembelian produk asuransi syariah seperti Produk Asuransi (Ta’min) kendaraan bermotor roda dua, roda empat, dan asuransi kebakaran.
 
Nasional
09/06/2021 15:21 WIB
Presiden Joko Widodo Tinjau Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meninjau aktivitas vaksinasi anti Covid-19 di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit, Depok, yang diselenggarakan oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI). Pada kunjungan ini, Presiden menyaksikan langsung…
 
Nasional
07/06/2021 15:11 WIB
BTN Edukasi Santri Jadi Pengembang Perumahan
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggandeng Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur menggelar Pelatihan BTN Santri Developer Kebangsaan 2021. 
 
Nasional
06/06/2021 21:49 WIB
BP Tapera Gelar Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik 2021
Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) sebagai lembaga pengelola tabungan perumahan rakyat berkomitmen membantu masyarakat memiliki rumah yang layak huni, sejalan dengan program pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan program sejuta rumah.
 
Nasional
05/06/2021 00:08 WIB
ASABRI bayarkan SRKK Praka Alif Nur M. Angkotasan
PT ASABRI (Persero) diwakili Direktur Investasi Jeffry Haryadi P. M. menyerahkan Santunan Risiko Kematian Khusus (SRKK) sebesar Rp450 juta dan hak Nilai Tunai Tabungan Asuransi (NTTA) Rp7.743.400 kepada Dalimahu Talaohu istri dari Ahli waris Alm. Praka Alif secara simbolis di Markas…
 
Nasional
04/06/2021 15:33 WIB
KAI Resmikan KA Barang Peti Kemas, Distribusi Logistik Pelabuhan Jadi Lebih Efisien
PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan perjalanan KA Barang Peti Kemas dengan rangkaian 10 gerbong berkapasitas 20 TEUs dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Stasiun Pasoso,
 
Nasional
04/06/2021 13:15 WIB
Telkomsel Perkuat Komitmen Membuka Peluang Masa Depan Lebih Luas, Luncurkan Layanan Telkomsel 5G Serentak di Kota Balikpapan, Medan, dan Surakarta
Telkomsel melanjutkan komitmennya untuk membuka dunia penuh peluang dengan meluncurkan 5G di tiga kota lainnya, yaitu Balikpapan, Medan, dan Surakarta. Peluncuran  dilakukan secara serentak di GraPARI Telkom Group Medan, Kantor Balai Kota Surakarta, dan GraPARI Balikpapan (3/6).…
Telkomsel