Aldhi Chandra
Senin, 14 September 2020 - 19:29 WIB

BNP Paribas Asset Management dan Citi Indonesia Ikut Andil Dukung Perekonomian Perempuan

Foto/Dok-CitiIndonesia/ECONOMICZONE
Foto/Dok-CitiIndonesia/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT. BNP Paribas Asset Management (PT. BNP Paribas AM) bagian dari BNP Paribas Group bersama dengan Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) hari ini meresmikan Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Muda melalui Program Pengembangan Produk Lokal Unggulan. Program ini  meliputi  rangkaian  pelatihan  yang  dilakukan  secara  daring  bertemakan literasi keuangan dan kewirausahaan bagi kelompok perempuan muda Indonesia. Program  pengembangan  komunitas  ini merupakan inisiatif yang disusun  bersama  dengan  lembaga  terpilih,  Asosiasi  Pusat  Pengembangan  Sumberdaya  Wanita (PPSW ) dan sepenuhnya dibiayai melalui hasil dana sosial reksa dana indeks BNP Paribas IDX 30 Filantropi.

Dalam peluncuran yang dilakukan melalui kegiatan webinar tersebut, sebanyak 60 (enam puluh) pengusaha muda perempuan berpartisipasi  dan  mendapatkan  pengenalan produk  perbankan  dan  investasi,   perencanaan   pengelolaan   keuangan   serta wadah manajemen keuangan secara digital.

Program ini merupakah salah bentuk bentuk nyata dari penyaluran dana  sosial  yang  dilakukan  PT.  BNP  Paribas  AM  melalui salah satu Reksa Dana yang dikelolanya, Reksa Dana  Indeks  BNP  Paribas  IDX30 Filantropi (BNP Paribas IDX30 Filantropi) yang bertemakan Socially Responsible Investment (SRI). Dengan Program tersebut, PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia bermaksud untuk berpartipasi dalam meningkatkan literasi keuangan serta kemampuan wirausaha  para  perempuan  muda Indonesia, sehingga dapat menjadi bekal bagi para  perempuan  muda  Indonesia  tersebut  untuk  dapat  tetap  bertahan  dan memenuhi kebutuhan keluarga meski di tengah masa pandemi.

Saat ini, Program ini berfokus pada peningkatan kemampuan dan daya saing produk lokal yang dikembangkan oleh pengusaha perempuan di 4 (empat) wilayah di Indonesia, meliputi Aceh, Banten, Pontianak, dan DKI  Jakarta.  Bersama  dengan  PPSW, program ini akan berjalan kurang lebih selama 6 (enam) bulan. Peserta  yang  terpilih  berkesempatan  untuk  meningkatkan kompetensi pada bidang online marketing, manajemen bisnis, hingga desain kemasan produk. PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia turut memberikan pelatihan secara daring dengan membawakan modul terkait literasi dan perencanaan keuangan.

Maya Kamdani, Direktur PT. BNP Paribas  AM  menjelaskan,  “Di  masa  yang  sulit seperti  ini,  kesejahteraan  ekonomi menjadi hal yang krusial, dan kami ingin mendorong  perempuan  untuk  lebih  produktif  dan  mengoptimalkan  kemampuan  serta  sumber daya yang mereka miliki untuk membantu menopang keluarga. Kami  ingin  menunjukkan  kepada  masyarakat  bahwa  melalui produk investasi bertema SRI, kita bisa ikut andil memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat,  terutama  di masa pandemi ketika stabilitas ekonomi membutuhkan aksi kolaboratif. Ini juga  bagian  dari  upaya  kami  untuk  meningkatkan  kesadaran masyarakat bahwa berinvestasi pada produk  bertema  SRI  dapat  menciptakan  dampak  positif bagi  masyarakat  dan perekonomian dalam jangka panjang.”

Puni A. Anjungsari, Country Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia lebih lanjut menjelaskan, “Kita harus dapat melihat bahwa dalam setiap tantangan terletak peluang. Produk Reksa Dana ini menjadi  salah  satu  dari  upaya  Citi  Indonesia  yang terintegrasi untuk memberikan  dampak  yang  positif  dan  berarti  bagi  komunitas  di  lingkungan  sekitar  dimana  kami  beroperasi. Hal ini sejalan dengan prinsip kami yang diinisiasi secara global, yaitu, memberikan kesempatan ekonomi yang lebih baik untuk generasi muda. Karena kami percaya bahwa generasi muda adalah harapan dan penggerak roda perekonomian bangsa.”

Fitriani Sunarto, Sekretaris Eksekutif  Asosiasi  PPSW  menambahkan,  “Generasi  perempuan  muda  adalah  yang  paling adaptif terhadap perubahan. Program Pemberdayaan Perempuan Muda ini  berpotensi  untuk  mendorong  perubahan  dari  pola hidup konsumtif menjadi produktif, yang lebih bermanfaat terutama dalam masa pandemi seperti saat ini. Untuk itu kami sangat berterimakasih kepada PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia yang telah mempercayakan kami sebagai mitra dalam menyalurkan dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi.”

Penyaluran dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi senilai Rp 250.000.000 telah dialokasikan khusus untuk pemberdayaan perempuan muda Indonesia melalui program ini. Komitmen ini bertujuan untuk membantu  mengatasi  kesulitan  ekonomi  yang dihadapi oleh kelompok berpenghasilan rendah, di mana perempuan memiliki peran yang signifikan sebagaimana hasil temuan UNFPA dan UN Women (2020)* bahwa 64% dari total pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia adalah perempuan.

Sejak diluncurkan secara eksklusif bersama PT. BNP Paribas AM dan Citi  Indonesia,  ini  merupakan  penyaluran  dana  sosial ketiga dari BNP Paribas IDX30 Filantropi. Sebelumnya pada Mei 2020, dana sosial telah tersalurkan  melalui  Palang  Merah Indonesia dan UNICEF Indonesia untuk bantuan darurat Pandemi COVID-19 di Indonesia.
 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
09/06/2021 15:36 WIB
Pembayaran Produk Tugu Insurance Syariah Kini Bisa Pakai LinkAja dan Layanan Syariah LinkAja
Kerja sama Tugu Insurance dengan LinkAja pada kesempatan ini mencakup pembayaran LinkAja dan Layanan Syariah LinkAja untuk pembelian produk asuransi syariah seperti Produk Asuransi (Ta’min) kendaraan bermotor roda dua, roda empat, dan asuransi kebakaran.
 
Nasional
09/06/2021 15:27 WIB
BRI Targetkan Komposisi UMKM Capai 85 Persen
BRI mengakselerasi pertumbuhan kredit mikro melalui optimalisasi transformasi digital, guna meraih target portofolio kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar 85 persen dari total kredit perseroan.
 
Nasional
09/06/2021 15:21 WIB
Presiden Joko Widodo Tinjau Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meninjau aktivitas vaksinasi anti Covid-19 di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit, Depok, yang diselenggarakan oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI). Pada kunjungan ini, Presiden menyaksikan langsung…
 
Nasional
07/06/2021 15:23 WIB
Akselerasikan Penguatan Ekosistem 5G Lintas Sektor di Indonesia, Telkomsel Kembali Luncurkan Layanan Telkomsel 5G Serentak di Lima Kota
Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, “Hadirnya layanan Telkomsel 5G di lima kota ini menjadi wujud komitmen Telkomsel sebagai the first 5G operator in Indonesia dalam menghadirkan akses konektivitas digital terdepan yang akan semakin mendorong keterbukaan peluang-peluang…
 
Nasional
07/06/2021 15:11 WIB
BTN Edukasi Santri Jadi Pengembang Perumahan
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggandeng Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur menggelar Pelatihan BTN Santri Developer Kebangsaan 2021. 
 
Nasional
06/06/2021 21:49 WIB
BP Tapera Gelar Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik 2021
Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) sebagai lembaga pengelola tabungan perumahan rakyat berkomitmen membantu masyarakat memiliki rumah yang layak huni, sejalan dengan program pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan program sejuta rumah.
 
Nasional
05/06/2021 00:08 WIB
ASABRI bayarkan SRKK Praka Alif Nur M. Angkotasan
PT ASABRI (Persero) diwakili Direktur Investasi Jeffry Haryadi P. M. menyerahkan Santunan Risiko Kematian Khusus (SRKK) sebesar Rp450 juta dan hak Nilai Tunai Tabungan Asuransi (NTTA) Rp7.743.400 kepada Dalimahu Talaohu istri dari Ahli waris Alm. Praka Alif secara simbolis di Markas…
Telkomsel