I.E.K
Minggu, 14 Juni 2020 - 06:01 WIB

Nicke (Tetap) Dirut Pertamina, Mamit: KPI-nya Bagus, bukan Endorsement

Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Menteri BUMN, Erick Thohir melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Pertamina (persero) kembali mengangkat Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama Pertamina. Erick Thohir memasang target agar sub holding Pertamina dapat melantai di bursa saham dalam kurun waktu dua tahun.

”Saya menganggap pemerintah memberikan nilai plus kepada Nicke Widyawati selama menjadi Dirut Pertamina. Dia berhasil untuk menunjukkan bahwa di tengah kondisi sulit seperti ini Pertamina masih tetap bertahan dengan baik,” kata Direktur Executive Energy Watch, Mamit Setiawan di Jakarta, Sabtu (13/6).

Menurutnya, Pertamina di bawah kepemimpinan Nicke berhasil menyelesaikan beberapa program penting dengan capaian yang positif. Sepanjang 2019, Pertamina melalui anak usahanya PHE Jambi Merang telah menyelesaikan survey siesmik laut regional 2D di wilayah terbuka sepanjang 23.063 km dimana itu merupakan survey seismic terbesar di Asia Pasifik dimana diharapkan bisa mendapatkan giant discovery.

Selain itu, kinerja Pertamina Hulu Mahakam (PHM) cukup memuaskan dengan melakukan pengeboran sebanyak 31 sumur sebagai upaya untuk menjaga penurunan produksi hingga di bawah 10 persen.

“Di sektor hilir, Nicke berhasil menjalankan program BBM Satu Harga mencapai 161 titik daerah 3 T di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, program bio solar juga telah dilaksanakan dengan maksimal bahkan saat ini sudah mencapai B30, lebih cepat dari target yang ditetapkan,” jelasnya.

Menurutnya, Pertamina berhasil membangun infrastruktur di Indonesia Timur seperti 21 lokasi storage TBBM, 8 storage LPG dan 7 storage avtur dimana bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan energy di wilayah Timur Indonesia. Selain itu, program GRR dan RDMP yang di tugaskan oleh Pemerintahsudah mencapai tahapan konstruksi dengan prosentase 17 persen, RMDP Cilacap sudah 16 persen untuk early works dan dalam tahap mencari partner.

“Program RDMP dan GRR ini saya kira harus tetap dijalankan dengan tujuan kemandirian energy bagi bangsa kita,” katanya.

Selain itu,sejak Maret 2019 Pertamina berhasil untuk menghentikan impor Avtur dan April 2019 bisa menghentikan impor solar. Pertamina juga mampu menurunkan import sejumlah 35 persen dan product sebesar 11 persen. Dengan demikian, Pertamina bisa mengurangi CAD sektor migas yang cukup besar.

“Dengan semua capaian yang dilakukan, penunjukan kembali Nicke Widyawati sebagai Dirut Pertamina karena memang KPI-nya bagus dan bukan karena endorsement pihak lain,” pungkasnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
18/04/2024 18:34 WIB
Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence
Mengupayakan perlindungan serta peningkatan kepercayaan dalam ekonomi digital Indonesia
 
Nasional
11/04/2024 23:03 WIB
HUT Bank DKI Ke-63, PJ Gubernur DKI Jakarta Harap Bank DKI Terus Bertumbuh Bersama Kota Jakarta
Memperingati perayaan ulang tahun Bank DKI yang ke-63 tahun pada (11/04), Penjabat (Pj.) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan harapan Bank DKI dapat terus menjadi mitra dalam mendukung Program Kerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
 
Nasional
08/04/2024 15:05 WIB
Tinjau Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen, Jokowi: Semuanya Rapi Sampai di Atas Kereta
Presiden Joko Widodo meninjau secara langsung arus mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/4/2024). Dalam kunjungannya, Presiden melihat secara langsung kesiapan infrastruktur serta manajemen pelaksanaan mudik yang terpantau baik.Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan…
 
Nasional
07/04/2024 20:05 WIB
Berbagi Bersama Insan Pers, BRI Kanwil Jakarta 2 Apresiasi Peran Media Dorong Inklusi Layanan di Sektor Urban
PT Bank BRI, Tbk (BRI) melalui Regional Office BRI Jakarta 2 mengapresiasi peran media massa dalam mendorong literasi keuangan dan inklusi keuangan di wilayah urban Jakarta yang sangat heterogen warganya.
 
Nasional
07/04/2024 15:58 WIB
BTN Mulai Implementasikan Transformasi Human Capital Berbasis Cloud
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) telah menegaskan komitmen kuatnya untuk menjadi "One of Home of Indonesia's Best Talent" dengan menggulirkan transformasi human capital melalui penerapan teknologi Human Capital berbasis cloud.
 
Nasional
05/04/2024 23:08 WIB
Mudik Asyik Bersama BUMN 2024: TelkomGroup Berangkatkan Lebih Dari 2.000 Pemudik melalui Jalur Darat dan Laut
TelkomGroup laksanakan program mudik gratis bagi karyawan, teknisi, pelanggan, UMKM binaan, serta masyarakat umum.
 
Nasional
05/04/2024 18:09 WIB
Antusiasme Pemudik Sangat Tinggi, Regional Office BRI Jakarta 2 Berangkatkan 1.781 Peserta
Regional Office BRI Jakarta 2 kembali menghadirkan program mudik gratis, sebagai bagian dari Program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024. Tahun ini, Regional Office BRI Jakarta 2 kebagian memberangkatkan 1.781 pemudik dari total pemudik yang diberangkatkan oleh BRI yakni sebanyak 8.706…
Telkomsel