I.E.K
Senin, 01 Juni 2020 - 17:22 WIB

Tiga Rumusan Protokol ‘The New Normal’ di PT Angkasa Pura II

Foto/Ist/ECONOMICZONE
Foto/Ist/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Sesuai arahan dari Kementerian BUMN, protokol The New Normal diberlakukan bagi sumber daya manusia di perseroan (human capital & culture) dan mengatur cara kerja (process & technology), serta menjangkau pihak eksternal antara lain pelanggan (penumpang pesawat, maskapai, dsb), pemasok, mitra, dan stakholders lainnya. Protokol ini diberlakukan penuh dengan melihat kondisi terkini dan mengikuti keputusan pemerintah atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

“Yang jelas, dengan protokol baru ini target kami adalah mewujudkan organisasi yang siap beraktivitas secara efisien dan efektif dalam menjaga konektivitas udara nasional di tengah pandemi COVID-19. Kita mengetahui bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan, dan transportasi paling efektif untuk menjangkau pulau-pulau ini adalah dengan pesawat,” kata President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin di Jakarta, Minggu (31/5).

Skenario The New Normal PT Angkasa Pura II diwujudkan dalam operasional yang tangguh [resilient operation], cepat beradaptasi [agility operation], dan mengutamakan kerampingan [lean operation]. Guna mencapai resilient operation, perseroan misalnya menetapkan prosedur baru bagi karyawan dalam pola bekerja dan norma bekerja.

“Di dalam prosedur baru terdapat dua pola kerja bagi karyawan PT Angkasa Pura II yakni bekerja dari kantor [work from office/WFO], dan bekerja di mana saja [work from anywhere/WFA] yang artinya bisa bekerja di rumah atau tempat lain yang representatif,” terangnya.

Penerapan WFO atau WFA ini dibarengi dengan adanya mekanisme monitor dan evaluasi yang sudah dirumuskan. Sementara itu, penerapan resilient operation di bandara-bandara PT Angkasa Pura II misalnya mengatur mengenai aspek manusia, proses bisnis dan fasilitas di bandara terkait pencegahan dan penanganan COVID-19. Salah satu ketentuan di dalam pedoman itu misalnya kewajiban bagi personel menggunakan alat pelindung diri (APD) meliputi masker, sarung tangan, face shield, google, dan hazmat sesuai kondisi.

Di pedoman tersebut terdapat juga ketentuan bagi penumpang pesawat atau pengunjung bandara misalnya wajib menggunakan masker dan diimbau untuk melakukan self check in ketika memproses keberangkatan. Salah satu ketentuan dalam pedoman ini antara lain tenant di bandara wajib menyediakan hand sanitizer, menjaga physical distancing dan melakukan disinfeksi terhadap seluruh area tenant.

Muhammad Awaluddin menuturkan operasional yang adaptif dan tangkas (agility operation) sangat diperlukan di tengah kondisi pandemi COVID-19 guna mengantisipasi berbagai perubahan yang cepat.

“PT Angkasa Pura II selalu dinamis dalam menyusun standard operating procedure [SOP] dengan memperhatikan seluruh stakeholder. Melalui adanya SOP yang mengikuti perkembangan, maka kami dapat mewujudkan suatu agility operation,” terangnya.

Sedangkan Operasional yang ramping [lean operation] sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga kondisi bandara mematuhi berbagai peraturan guna mencegah penyebaran COVID-19. Lean operation menyangkut pengaturan yang berdampak kepada orang banyak, misalnya diimplementasikan sejumlah checkpoint bagi penumpang pesawat serta pembenahan jalur antrian sehingga mengedepankan physical distancing.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
8 jam yang lalu
Bentengi Diri dengan Kemampuan Literasi Digital untuk Capai Manfaat Positif Internet
Pengguna smartphone harus membentengi diri dengan kemampuan literasi digital yang mumpuni untuk dapat memanfaatkan modernisasi teknologi dengan hal yang positif. Di era melek internet sekarang ini, kemudahan mengakses internet dapat membawa kita pada imbas positif maupun negatif.
 
Nasional
17/03/2024 21:06 WIB
Peran Pentingnya Masyarakat Sebarkan Literasi Digital di Lingkungan Keluarga
Penyebaran literasi digital perlu melibatkan masyarakat khususnya dalam lingkup keluarga untuk menciptakan ekosistem digital nasional yang baik. Hal ini mendorong Direktorat Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Palu Provinsi Sulawesi Selatan…
 
Nasional
13/03/2024 18:29 WIB
BRI Kanca Tambun Serahkan Bantuan Ambulance untuk Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi
Dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, BRI Kantor Cabang Tambun menyerahkan bantuan program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa 1 (satu) unit Ambulance untuk Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi.
 
Nasional
12/03/2024 14:40 WIB
Kunci Wujudkan Masyarakat Cerdas di Ruang Digital
Pesatnya perkembangan internet sejalan dengan banyaknya informasi di media online, masyarakat yang cerdas harus dapat berpikir secara kritis dan objektif dalam mencari informasi.
 
Nasional
11/03/2024 18:09 WIB
Netralitas ASN Jadi Akar Ruang Digital yang Positif
Kemenkominfo berkolaborasi dengan BPSDM Kemendagri dalam kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada ASN dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan literasi pentingnya bersikap netral terhadap teknologi dan konten di ruang digital.
 
Nasional
11/03/2024 08:42 WIB
Rute Jakarta International Marathon 2024 Bakal Sterill
Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar acara grand launching event Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024. Acara tersebut dilaksanakan sebagai bentuk sosialisasi pelaksanaan Jakim 2024 kepada masyarakat pecinta olahraga.
 
Nasional
11/03/2024 08:00 WIB
Majukan Ekonomi Desa, BSI Bersinergi Dengan  BSI Maslahat Kembangkan Klaster Peternakan di Mojokerto
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bersama dengan BSI Maslahat berkomitmen untuk memajukan ekonomi desa secara berkelanjutan, lewat optimalisasi dana zakat.
Telkomsel