Aldhi Chandra
Kamis, 23 April 2020 - 06:26 WIB

Pekerja Migran Di Yordania Yang Hilang 13 Tahun Bisa Dipulangkan

Foo/Dok-Kemnaker/ECONOMICZONE
Foo/Dok-Kemnaker/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Di tengah masa pandemik covid-19, KBRI Amman, Yordania  memfasilitasi kepulangan mandiri beberapa WNI dan seorang pekerja migran Indonesia (PMI) kembali ke tanah air.

Seorang pekerja migran Indonesia bernama Fika (36 tahun), warga Subang Jawa Barat, yang dikabarkan selama 13 tahun hilang kontak dengan keluarganya saat bekerja di Yordania, kini telah berhasil dibantu penyelesaian kasusnya dan difasilitasi kembali ke tanah air, dengan penerbangan khusus.

Dubes RI di Amman, Andy Rachmianto menyampaikan kasus ini berawal dari beredarnya video viral di media sosial, yang bersangkutan minta pertolongan bantuan untuk dipulangkan dari rumah majikannya.

Pencarian saudari Fika membutuhkan waktu yang agak lama, karena  dalam video singkat yang diunggah Fika, dirinya tidak menyebutkan nama dan lokasi dimana dia berada. Pada saat yang bersamaan, kontak keluarga Fika di Indonesia juga dicari, dan berhasil dihubungi. Pihak keluarga memberitahukan akun facebook Fika yang biasa dia gunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga secara sembunyi sembunyi.

"Melalui akun tersebut, Tim Satgas KBRI Amman selama lebih dari satu bulan berhasil menghubungi Fika dan mencoba mencari tahu identitas majikan, kata Dubes Andy dalam keterangan pers Biro Humas di Jakarta pada Selasa (21/ 4).

Majikan akhirnya berhasil dihubungi dan mau datang memenuhi panggilan KBRI. Pada awal bulan Desember 2019, Fika bersama majikannya datang ke KBRI Amman, dan berhasil membuat kesepakatan bahwa Fika akan dipulangkan pada akhir Desember 2019, dan Fika menyetujuinya.

Dengan berjalannya waktu ternyata majikan ingkar pada janjinya, akhirnya kasusnya dilaporkan pada kepolisian. Setelah proses mediasi yang panjang, majikan memenuhi semua hak-hak ketenagakerjaannya pada minggu pertama bulan Maret 2020.

Atase ketenagakerjaan  Atase Ketenagakerjaan (Atnaker) KBRI Amman di Yordania, Suseno Hadi menambahkan sebenarnya pemulangan  direncanakan pada minggu kedua Maret.

 Namun bersamaan dengan adanya keputusan pemerintah Yordania, untuk menutup semua perbatasan baik laut, darat dan udara, sehingga kepulangan menunggu adanya penerbangan khusus ke Indonesia.

Akhirnya setelah empat bulan tinggal di penampungan KBRI Amman, pada tanggal 20 April 2020 dini hari, Fika berangkat untuk kembali ke tanah air. Sebelum kepulangan ke Indonesia, keadaan Fika sudah dipastikan kesehatannya oleh tenaga medis.

Fika menyampaikan, terima kasih kepada Duta Besar RI dan semua pihak di KBRI Amman yang telah membantu dan mengembalikannya pada keluarganya di tanah air.

“Fika terlihat sangat gembira sekali dan memang sudah lama tidak bertemu dengan keluarganya. Dia mengatakan ingin segera pulang dan bertemu dengan kedua orang tuanya di kampung halamannya," ungkapnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
25/03/2024 20:57 WIB
Perluasan Layanan Sistem Pembayaran Kunci Transformasi Digital ARTAJASA Dalam Meningkatkan Customer Experience
PT Artajasa Pembayaran Elektronis (ARTAJASA), perusahaan penyedia infrastruktur sistem pembayaran terdepan di Indonesia, turut memperkuat berbagai layanan sistem pembayaran yang dikelolanya sebagai dukungan dalam perluasan akses digital sistem pembayaran menuju level yang lebih tinggi.
 
Nasional
24/03/2024 22:44 WIB
Peran Tenaga Kesehatan Berikan Pelayanan Terbaik dengan Pemanfaatan Teknologi Digital
Tenaga kesehatan di era digital ini memiliki tanggung jawab yang besar untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan pemanfaatan teknologi digital. Masyarakat sebagai penerima layanan kesehatan dapat terbantu dengan sumber daya tenaga kesehatan yang berkualitas serta…
 
Nasional
23/03/2024 14:35 WIB
Peran Aktif Masyarakat Kota Palu untuk Kenali Hoaks dan Minsinformasi
Kemenkominfo mengajak masyarakat Kota Palu berperan aktif untuk mengenal hoaks dan misinformasi. Perputaran informasi yang cenderung cepat membuat kita harus pandai memilah berita layak konsumsi.
 
Nasional
21/03/2024 23:27 WIB
Mau Tukar Uang Baru di Bank DKI? Simak Jadwal dan Lokasinya
Jelang lebaran, Bank DKI siap menyediakan layanan penukaran uang baru untuk memenuhi kebutuhan uang dan layanan penukaran uang rupiah bagi masyarakat dengan menyediakan sebanyak 15 kantor cabang Bank DKI dan layanan kas keliling.
 
Nasional
21/03/2024 20:14 WIB
Pendapatan Melonjak, Jaya Trishindo (HELI) Berbalik Untung di 2023
PT Jaya Trishindo Tbk (HELI) berhasil membalikkan kinerja dari posisi rugi di 2022 menjadi laba pada 2023. Adanya lonjakan pendapatan dan langkah efisiensi yang dilakukan manajemen menjadi pendongkrak bottomline perseroan di sepanjang tahun lalu.
 
Nasional
21/03/2024 14:41 WIB
Selisih Quick Count LSI Denny JA Dengan KPU 2024: 0,07%
Pilpres 2024 juga menjadi labolatorium untuk membuktikan sekali lagi bahwa suara 204 juta pemilih itu bisa diketahui secara akurat hanya dengan 1200 responden, yang diambil berdasarkan metodologi yang ketat. Hasil 823.220 TPS juga bisa diketahui dengan akurat hanya melalui sampel…
 
Nasional
20/03/2024 21:36 WIB
Dinilai Populer di Media Cetak dan Online, Bank DKI Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Awards 2024
Bank DKI kembali mengukir prestasi atas berbagai upaya publikasi, dan penyampaian informasi ke publik secara positif. Kali ini Bank DKI berhasil meraih penghargaan Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2024 dalam Kategori Terpopuler di Media Cetak dan Online selama tahun 2024.
Telkomsel