Aldhi Chandra
Kamis, 02 April 2020 - 19:26 WIB

RUPST Bank OCBC NISP Tetapkan Penggunaan Laba Bersih untuk Penguatan Bisnis

Foto/Dok-NISP/ECONOMICZONE
Foto/Dok-NISP/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Hari ini, Bank OCBC NISP menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) dan memperoleh persetujuan atas seluruh agenda rapat.

Para pemegang saham menyetujui kelima mata acara rapat, antara lain:

Laporan Tahunan Perseroan untuk Tahun Buku 2019 Penggunaan laba bersih Perseroan tahun buku 2019 untuk memperkuat posisi permodalan dan tidak dibagikan sebagai deviden. Penetapan ini dilakukan untuk memastikan pertumbuhan Bank yang sehat dan berkelanjutan. Pembelian kembali saham Perseroan maksimum 400.000 lembar dalam rangka pemberian remunerasi yang bersifat variabel sesuai dengan POJK No. 45/POJK.03/2015.Pemberian wewenang kepada Dewan Komisaris untuk penentuan Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik yang akan memeriksa atau mengaudit buku dan catatan Perseroan untuk tahun buku 2020.

Perubahan susunan pengurus Perseroan beserta penetapan remunerasinya, sebagai berikut:

- Pengangkatan kembali anggota Dewan Komisaris untuk masa jabatan terhitung sejak ditutupnya RUPST ini sampai dengan penutupan RUPST Perseroan pada tahun 2023, kecuali Peter Eko Sutioso karena telah mencapai batas usia maksimum yang ditentukan Perseroan.

- Menerima pengunduran diri Mirah Wiryoatmodjo sebagai Direktur efektif sejak ditutupnya RUPST ini dan mengangkat Lili S. Budiana dan Ka Jit sebagai Direktur dengan masa jabatan efektif setelah mendapat persetujuan OJK sampai dengan penutupan RUPST Perseroan pada tahun 2023.

- Pengangkatan kembali anggota Dewan Pengawas Syariah untuk masa jabatan terhitung sejak ditutupnya RUPST ini sampai dengan penutupan RUPST Perseroan pada tahun 2023.

Di tengah dinamika ekonomi global dan domestik sepanjang tahun 2019, Bank OCBC NISP berhasil menjaga performa keuangan yang stabil dengan membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 11% menjadi Rp2,9 Triliun dari Rp2,6 Triliun pada tahun 2018. Dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian, Bank OCBC NISP juga berhasil menjaga stabilitas fungsi intermediasi di tahun 2019. Memasuki tahun 2020, Bank OCBC NISP akan terus meningkatkan daya saing dengan memperkuat model bisnis dan jajaran manajemen. Langkah ini diambil untuk memastikan implementasi strategi dan inisiatif Bank dapat berjalan dengan baik dan mampu menghadapi persaingan yang kian intensif di industri keuangan.

“Upaya Bank OCBC NISP untuk mempertahankan bisnis yang sehat dan berkelanjutan sejalan dengan komitmen untuk terus menghadirkan dampak positif bagi masyarakat Indonesia dan lingkungan. Bank OCBC NISP berkomitmen menghadirkan praktik bisnis perbankan yang bertanggung jawab dan menciptakan talenta-talenta terbaik di Indonesia,” ujar Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP.

Sejalan dengan komitmen Bank untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia dan lingkungan, Bank OCBC NISP terus memperkuat komitmennya terhadap aspek keuangan keberlanjutan dan telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan sebesar Rp33,5 Triliun sampai dengan akhir tahun 2019. Bank OCBC NISP juga mengukuhkan komitmennya dengan bergabungnya Bank OCBC NISP menjadi anggota Inisiatif Keuangan Berkelanjutan Indonesia (IKBI) pada November 2019. Pada tahun 2020 ini, Bank OCBC NISP kembali mendapatkan fasilitas pendanaan berkelanjutan dari International Finance Corporation (IFC) dengan nilai sampai dengan sebesar IDR2,75 Triliun untuk memberikan pembiayaan hijau dan pemberdayaan UKM milik perempuan. Pembiayaan untuk pemberdayaan UKM milik perempuan ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Komitmen Bank OCBC NISP untuk menjalankan praktik bisnis perbankan yang bertanggung jawab juga akan diperkuat melalui berbagai inisiatif untuk memberdayakan masyarakat Indonesia agar dapat mencapai ‘Kemerdekaan Finansial’ sekaligus juga berperan dalam mengelola dampak terhadap lingkungan. Bank OCBC NISP menghadirkan berbagai inovasi digital sebagai bagian dari strategi ‘Beyond Traditional Banking’ untuk membantu masyarakat meraih aspirasi finansialnya. Salah satu dengan pengembangan aplikasi ONe Mobile yang memungkinkan nasabah tidak hanya melakukan transaksi tetapi juga mampu mengelola keuangan dan investasinya dengan mudah, cepat dan terjangkau. Bank OCBC NISP juga menghadirkan "RACHEL" (Reach Your Life Goals), sebuah inovasi chatbot pintar sebagai Financial Buddy yang siap membantu masyarakat untuk bisa mencapai aspirasi keuangannya.

“Tahun 2020 menghadirkan tantangan industri perbankan Tanah Air yang semakin kompleks di tengah situasi ekonomi global yang perlu mendapat perhatian khusus dari seluruh stakeholder industri keuangan. Optimisme, sinergi dan strategi bisnis yang tepat mutlak diperlukan untuk mendorong pembangunan berkelanjutan agar perekonomian Indonesia tetap tumbuh sehat. Oleh karena itu, dengan semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa, Bank OCBC NISP mengajak dan menginspirasi masyarakat berperan aktif menjadi agent of change dalam komunitas/lingkungannya, bahu-membahu membangun perekonomian dan menjadikan Indonesia lebih baik dan maju didukung oleh berbagai solusi perbankan, portofolio keuangan berkelanjutan, inisiatif digital dan program tanggung jawab sosial Bank. Terlebih dengan perkembangan situasi COVID-19 ini, Bank OCBC NISP terus memperkuat solusi Banking From Home baik untuk nasabah individu (yang selama ini dilayani oleh ONe Mobile) maupun korporasi (yang selama ini dilayani oleh Velocity) dan selanjutnya di bulan April ini untuk mendukung pelaku UKM agar dapat bertransaksi di mana saja dan kapan saja, Bank OCBC NISP menghadirkan Velocity Mobile sehingga operasional bisnis tetap berjalan lancar,” tutup Parwati.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
13 menit yang lalu
Perkuat Roadmap Menuju 5G, Telkomsel Hadirkan VoLTE
Telkomsel sebagai leading digital telco company berkomitmen untuk terus bergerak maju memimpin perkembangan inovasi teknologi seluler di Indonesia.
 
Nasional
9 jam yang lalu
Bantu Pelaku Usaha Hadapi New Normal, Hankook Tire Dukung Efisiensi Biaya Operasional Kendaraan
Menyambut aktivitas ekonomi di situasi new normal, lalu lintas transportasi logistik diperkirakan akan kembali produktif seperti sebelum periode karantina.
 
Nasional
9 jam yang lalu
Penerapan New Normal, PKB Jaksel Minta Gubernur DKI Jakarta Perhatikan Pondok Pesantren
Sejak disosialisasikan “New Normal” ditengah pandemic Covid-19 banyak masyarakat yang masih tanda tanya mengenai kesiapan dari pemerintah pemprov DKI Jakarta dalam menerapkan New Normal.
 
Nasional
9 jam yang lalu
Likee dan Xiaomi Berkolaborasi Hadirkan Online Live Music #MyHouseParty
Likee, platform pembuatan video pendek global terkemuka, dengan tool pengambilan dan pengeditan video dilengkapi efek khusus yang canggih, selalu mempunyai cara baru untuk menghibur penggunanya.
 
Nasional
28/05/2020 19:41 WIB
85,4% Pewarta Foto Terkena Dampak Ekonomi Pandemi Covid-19
Pandemi Covid-19 membawa dampak ekonomi yang sangat luas terhadap profesi wartawan foto di Indonesia. Berdasarkan survey yang dibuat oleh organisasi kewartawanan  Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat, sebanyak 85,4% pewarta foto mengaku terkena dampak ekonomi tersebut secara langsung.
 
Nasional
28/05/2020 19:30 WIB
Pfizer Bekerja sama dengan Halodoc dan YKI
Pfizer Indonesia mengumumkan kerja samanya dengan Halodoc sebagai platform kesehatan dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dalam meluncurkan sebuah solusi digital inovatif untuk pasien kanker payudara metastatik.
 
Nasional
28/05/2020 19:22 WIB
Indosat Ooredoo memilih Ericsson Operations Engine untuk Managed Services dan Network Automation berskala nasional
Ericsson (NASDAQ: ERIC) dan Indosat Ooredoo (IDX: ISAT)  menandatangani perjanjian kerja sama lima tahun untuk meluncurkan Ericsson Operations Engine, model yang didorong oleh data AI (Artificial Intelligence) dan berfokus pada konsumen di Indonesia.
Dummy