I.E.K
Kamis, 26 Maret 2020 - 18:51 WIB

Cegah Penyebaran Covid-19, PLN Hitung Pemakaian Listrik Rata-Rata Tiga Bulan Terakhir

Foto/Dok-PLN/ECONOMICZONE
Foto/Dok-PLN/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Upaya mencegah penyebaran wabah virus corona, pencatatan dan pemeriksaan stand meter pelanggan ditangguhkan sementara waktu. Sebagai gantinya PLN menerapkan kebijakan perhitungan rata-rata pemakaian listrik selama 3 bulan terakhir untuk pelanggan paska bayar. Hal ini berlaku untuk pembayaran rekening bulan april.

“Artinya, untuk pembayaran rekening bulan april, perhitungannya menggunakan data dari historis rata-rata pemakaian kWh pada bulan Desember, Januari dan Februari. Hal ini kami lakukan untuk menghindari pembaca/pencatat meter melakukan kunjungan ke rumah-rumah pelanggan sehinggai upaya pencegahan penyebaran virus corona sebagaimana yang menjadi himbauan pemerintan untuk melaksanakan Work From Home dan Physical Distancing dapat berhasil. Kebijakan ini diberlakukan agar pelanggan merasa tenang dan tidak perlu repot dan kuatir untuk berinteraksi dengan petugas,” kata Senior Executive Vice President (SEVP) Dept. Bisnis & Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono di Jakarta, Kamis (26/3).

Dirinya menambahkan, jika ada pengaduan atau keluhan pelanggan terkait ketidaksesuaian pencatatan stand akhir kWh meter dan perhitungan rekening, akan diperhitungkan pada rekening bulan depan, sehingga pelanggan tetap tidak akan dirugikan. Pengaduan bisa langsung disampaikan ke contact center PLN 123. PLN juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pembayaran secara online untuk meminimalisir kontak fisik antara pelanggan dengan petugas.

“Jadi sebagai upaya preventif mencegah penularan corona virus/ covid 19 kami mengajak pelanggan untuk memaksimalkan pembayaran listrik secara online,” imbuhnya.

Pembayaran listrik dapat dilakukan di mana saja tanpa harus mendatangi kantor PLN.Diantaranya melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking, Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) seperti Link Aja, Gopay, dan sebagainya ataupun melalui aplikasi E-Commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan sebagainya.

Tidak hanya pembayaran, pelanggan PLN juga dapat memaksimalkan pelayanan PLN secara online melalui Contact Center PLN 123 ataupun Aplikasi PLN Mobile, baik untuk layanan informasi tagihan, sambung baru, perubahan daya, penyambungan sementara maupun pengaduan pelanggan.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
11 jam yang lalu
DKI Jakarta Tetapkan Bulan Juni Sebagai Masa PSBB Transisi
Pemerintah Provinsi(Pemprov) DKI Jakarta memutuskan PSBB di wilayah Ibukota diperpanjang dan menetapkan bulan Juni, sebagai masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.
 
Nasional
11 jam yang lalu
Kerjasama XL HOME – AirConsole
 Untuk terus memberikan layanan home entertainment yang terbaik dan lengkap bagi pelanggan XL HOME, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus melakukan terobosan-terobosan baru bekerjasama dengan para penyedia layanan home entertainment terkemuka.
 
Nasional
11 jam yang lalu
AQUA Japan Hadirkan Kulkas Berteknologi 360 derajat AirFlow
AQUA Japan. Selalu hadir dengan produk-produk inovatif terbaru, AQUA Japan kali ini menghadirkan kulkas AQR-405IG dan AQR-350RBG dengan teknologi 360 derajat AirFlow. Teknologi ini mampu menjaga bahan makanan segar lebih lama melalui udara dingin yang merata di setiap sudut kompartemen…
 
Nasional
12 jam yang lalu
Semakin Seru Nonton Film Indonesia di GoPlay Lewat ChromeCast & AirPlay
GoPlay, platform video-on-demand dari Gojek hadirkan inovasi terbaru dalam pengalaman menonton lewat fitur Cast dari aplikasi GoPlay ke televisi layar lebar. Tambahan fitur ini dipercaya akan memberikan pengalaman menonton lebih baik bagi pengguna Gojek. 
 
Nasional
03/06/2020 23:29 WIB
Menaker Minta Gubernur Dorong Perusahaan Jaga Kelangsungan Usaha dan Terapkan Protokol Kesehatan Pekerja
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, meminta Gubernur se-Indonesia untuk mendorong pimpinan perusahaan atau dunia usaha mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 dengan menyusun perencanaan keberlangsungan usaha, serta menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19.
 
Nasional
03/06/2020 23:26 WIB
Periode 1 Mei-30 Juni 2020, Beli Chest Freezer AQUA Japan Bisa Dapat Hadiah Langsung
Di tengah pandemi Covid-19, saat ini kita dianjurkan untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah saja. Namun hal tersebut tentu tak harus mengurangi keceriaan keluarga Indonesia, sebab selama periode 1 Mei-30 Juni 2020 produsen elektronik rumah tangga AQUA Japan menghadirkan program…
 
Nasional
03/06/2020 17:50 WIB
Sasar Jasa Kargo, Garuda Indonesia Luncurkan Aplikasi “KirimAja”
Garuda Indonesia Group melalui lini usaha transportasi dan logistik-PT Aerojasa Cargo secara resmi meluncurkan “KirimAja” yang merupakan layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital dengan jangkauan pengiriman barang ke sejumlah destinasi penerbangan yang dilayani oleh…
Dummy