I.E.K
Senin, 23 Maret 2020 - 19:40 WIB

PLN Pastikan Kelistrikan Rumah Sakit Rujukan Penanganan COVID-19

Foto/Dok-PLN/ECONOMICZONE
Foto/Dok-PLN/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Dalam rangka memastikan pasokan listrik andal, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan pemantauan secara khusus untuk rumah sakit besar di Jakarta. Di rumah sakit tersebut terdapat pasien yang diisolasi karena masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maupun yang sudah positif terjangkit corona. Standard Operational Procedure (SOP) yang diterapkan terhadap rumah sakit besar tersebut antara lain, Pertama, Sistem kelistrikan dipasok dari dua sumber, sehingga apabila sumber listrik utama mengalami gangguan maka langsung dipindahkan ke sumber listrik cadangan.

“Jaringan pemasok rumah sakit, kantor pemerintah fasilitas lain yang menjadi bagian vital untuk siaga Penanganan Covid-19. Ini kita buat siaga dengan dua sumber dari gardu yang berbeda, sumber utama dan sumber cadangan, bebannya pun dimonitor berkala setiap 3 jam,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, M.Ikhsan Asaad di Jakarta, Senin (23/3).

PLN juga memberikan bantuan supervisi instalasi listrik milik pelanggan rumah sakit agar pasokan listrik selalu tersedia dan andal. “Listrik menjadi salah satu sumber energi vital pelayanan di rumah sakit apalagi dalam kondisi wabah Corona Virus seperti sekarang ini. PLN siap memberikan keandalan dan pasokan listrik yang cukup,” jelas Ikhsan.

Dalam masa siaga COVID-19 ini, PLN menyiagakan 2.271 personil, 41 unit UPS dengan total kapasitas 7.070 kilo Volt Ampere (kVA), 15 unit trafo bergerak dengan total kapasitas 1.745 kVA, 7 unit kabel bergerak sepanjang 2.600 meter, 23 Unit Gardu Bergerak dengan total kapasitas 17.080 kVA, 10 unit genset dengan total kapasitas 1.745 kVA.

Petugas PLN juga telah dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) termasuk masker, sarung tangan dan hand sanitizer. Petugas juga bekerja secara split work sebagai langkah social distancing. Pengaturan jarak antar petugas dan juga dengan orang lain di lapangan juga diterapkan oleh petugas PLN saat menjalankan tugasnya.

Selain rumah sakit milik pemerintah, Wisma Atlet dan RS Pertamina Jaya sebagai rumah sakit BUMN juga disiapkan untuk menjadi rumah sakit khusus penanganan pasien virus corona. Untuk mendukung beroperasinya kedua rumah sakit tersebut, PLN juga telah menyiapkan kebutuhan listrik secara khusus di Komplek Wisma Atlet dengan memasok dari dua sub sistem yang berbeda dan dilengkapi ACO (Automatic Change Over) sehingga apabila sumber listrik utama mengalami ganggguan akan secara otomatis dipindah ke sumber cadangan. Total daya listrik yang disiapkan sebesar 11.080 kVA untuk seluruh tower yang ada di komplek Wisma Atlet.

Tidak hanya itu, PLN juga telah melakukan penambahan daya sementara listrik di Rumah Sakit Pertamina Jaya yang didedikasikan khusus untuk penanganan pasien corona. Tambahan daya sebesar 1110 kilo Volt Ampere (kVA) selesai pengerjaannya pada 17 Maret 2020. PLN akan terus mendukung sepenuhnya dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan memberikan pelayanan kelistrikan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
12 jam yang lalu
Semakin Seru Nonton Film Indonesia di GoPlay Lewat ChromeCast & AirPlay
GoPlay, platform video-on-demand dari Gojek hadirkan inovasi terbaru dalam pengalaman menonton lewat fitur Cast dari aplikasi GoPlay ke televisi layar lebar. Tambahan fitur ini dipercaya akan memberikan pengalaman menonton lebih baik bagi pengguna Gojek. 
 
Nasional
03/06/2020 23:29 WIB
Menaker Minta Gubernur Dorong Perusahaan Jaga Kelangsungan Usaha dan Terapkan Protokol Kesehatan Pekerja
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, meminta Gubernur se-Indonesia untuk mendorong pimpinan perusahaan atau dunia usaha mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 dengan menyusun perencanaan keberlangsungan usaha, serta menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19.
 
Nasional
03/06/2020 23:26 WIB
Periode 1 Mei-30 Juni 2020, Beli Chest Freezer AQUA Japan Bisa Dapat Hadiah Langsung
Di tengah pandemi Covid-19, saat ini kita dianjurkan untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah saja. Namun hal tersebut tentu tak harus mengurangi keceriaan keluarga Indonesia, sebab selama periode 1 Mei-30 Juni 2020 produsen elektronik rumah tangga AQUA Japan menghadirkan program…
 
Nasional
03/06/2020 17:50 WIB
Sasar Jasa Kargo, Garuda Indonesia Luncurkan Aplikasi “KirimAja”
Garuda Indonesia Group melalui lini usaha transportasi dan logistik-PT Aerojasa Cargo secara resmi meluncurkan “KirimAja” yang merupakan layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital dengan jangkauan pengiriman barang ke sejumlah destinasi penerbangan yang dilayani oleh…
 
Nasional
03/06/2020 17:46 WIB
Presiden Joko Widodo: Program Pemulihan Ekonomi Harus Hati-hati, Transparan, dan Akuntabel
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar program pemulihan ekonomi harus dilakukan secara hati-hati, transparan, akuntabel serta mampu mencegah terjadinya risiko moral hazard.
 
Nasional
03/06/2020 17:40 WIB
Krakatau Steel Gerakkan Kembali Industri Hilir dan Industri Pengguna
PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada triwulan 1 tahun 2020 berhasil meraih kinerja positif. Namun demikian, sejak bulan April 2020 kondisi perekonomian nasional mengalami tekanan akibat pandemi Covid-19 sehingga industri baja mengalami penurunan permintaan hingga 50 persen. Kondisi…
 
Nasional
02/06/2020 22:02 WIB
PLN Listriki Tujuh Desa di Perbatasan Indonesia–Malaysia
PT Perusahan Listrik Negara (PLN) melistriki 7 Desa di wilayah pedalaman Kabupaten Nunukan yaitu Desa Lulu, Sujau, Tetaban, Bebanas, Melasu, Tujung, dan Manuk Bungkul.
Dummy