I.E.K
Senin, 16 Maret 2020 - 16:50 WIB

Bandara Soetta Cek Ketat Penumpang Guna Minimalisasi Penyebaran Corona

Foto/Ist/ECONOMICZONE
Foto/Ist/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Presiden Joko Widodo menilai pengecekan kesehatan sudah dilakukan secara ketat terhadap penumpang pesawat dari luar negeri yang baru tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pengecekan berlapis dilakukan guna meminimalisasi risiko penyebaran virus Corona ke Tanah Air.

“Kalau kita lihat tadi waktu kita masuk ke bandara, di kedatangan dari luar negeri checking-nya sangat ketat, [antara lain] mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan. Kemudian, kalau berasal dari negara yang sudah kita waspadai, masuk [dicek] ke pintu yang berbeda dan dicek untuk yang 4 negara, dicek 3 kali. Kalau yang dari negara di luar itu dicek 2 kali oleh thermal scanner dan thermal gun. Saya kira sebuah keharusan yang menurut saya ketat,” kata Presiden Joko Widodo.

Pemerintah telah melakukan penyemprotan disinfektan sejak seminggu lalu di airport, pelabuhan dan stasiun. Namun presiden Jokowi hanya ingin memastikan bahwa ini terus dilakukan setiap hari. “Saya juga ingin memastikan bahwa ini terus dilakukan setiap hari. Saya juga ingin memastikan bahwa yang namanya thermal scanner dan thermal gun benar-benar ada dan dipasang,” tambahnya.

Program penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan setiap hari di Soekarno-Hatta pada jam-jam tidak sibuk guna mensterilkan terminal penumpang pesawat serta area publik lainnya dari berbagai virus.

“Kartu Kewaspadaan Kesehatan, thermal scanner, dan thermal gun merupakan standar pengecekan di seluruh bandara-bandara PT Angkasa Pura II, termasuk Soekarno-Hatta. Di Soekarno-Hatta disediakan juga jalur khusus pengecekan bagi penumpang pesawat dari 4 negara yaitu Iran, Korea Selatan, Italia dan China. Seluruh stakeholder di Soekarno-Hatta dan bandara-bandara lain di bawah PT Angkasa Pura II berkomitmen untuk melakukan pengecekan guna meminimalisasi risiko penyebaran Corona, namun tetap dengan mengedepankan aspek pelayanan, keamanan dan keselamatan,” kata President Director PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin di Jakarta, Senin (16/3).

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
16 jam yang lalu
Dahana Bantu APD ke RSUD Subang Guna Menekan Penyebaran Covid-19
PT Dahana (Persero) menyerahkan berbagai macam APD ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Subang.
 
Nasional
17 jam yang lalu
AP II Operasikan Mesin Otomatis Penyemprot Cairan Disinfektan ke Bagasi Tercatat, Trolley dan Nampan X-ra
PT Angkasa Pura II (Persero) mengoperasikan mesin otomatis penyemprot cairan disinfektan (disinfectant chambers) ke bagasi tercatat, trolley di terminal penumpang pesawat, serta nampan di pemeriksaan security check point.
 
Nasional
24 jam yang lalu
Kolom Opini : Leadership Penanganan Covid-19
Belum lama ini, beredar sebuah foto berisi sekumpulan warga mengenakan masker berada di dalam transportasi kereta. Lalu, foto yang lebih ironis, membandingkan lalulintas di Indonesia yang masih macet padahal sudah terjangkit Corona sementara   negara-negara lain yang terjangkit…
 
Nasional
06/04/2020 20:48 WIB
Pertamina Siapkan Rumah Sakit Darurat dan Rujukan Covid-19
Pertamina menyediakan dua asset Pertamina yakni RS Pertamina Jaya (RSPJ) dan Hotel Patra Comfort, yang letaknya persis bersebelahan di daerah Jakarta Pusat untuk dialihfungsikan menjadi RS Khusus untuk penanganan pasien Covid-19,” kata Direktur SDM Pertamina, Kushartanto ketika…
 
Nasional
06/04/2020 20:39 WIB
Token Listrik Gratis dan Diskon Listrik Sudah Bisa Diakses Melalui WhatsApp
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berupaya memberikan kemudahan bagi 31 juta pelanggan listrik subsidi.
 
Nasional
06/04/2020 20:30 WIB
Penumpang Wajib Pakai Masker Saat Naik KRL
Sesuai dengan Seruan Gubernur DKI Jakarta nomor 9 tahun 2020 tentang Penggunaan Masker Untuk Mencegah Penularan Covid-19, PT KCI mengajak seluruh pengguna jasa KRL untuk menggunakan masker saat berada di lingkungan stasiun maupun di dalam KRL.
 
Nasional
05/04/2020 20:03 WIB
XL Axiata Gelar Konser Digital Bareng Afgan Hibur pelanggan yang sedang physical distancing
PT XL Axiata, Tbk (XL Axiata) melalui layanan XL Home menggelar konser digital bertajuk #diRumahLebihBaik bersama penyanyi papan atas Afgan.
Dummy