Gilbert Sem Sandro
Kamis, 20 Februari 2020 - 07:30 WIB

Budi Waseso Perkenalkan Jenderal Kopi Nusantara Buwas

Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Foto/Roni.M/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Komisaris Jenderal Polisi (Purn) sekaligus Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso membuka usaha warung kopi, yang bernama Jenderal Kopi Nusantara Buwas.

Jenderal yang akrab disapa Buwas itu melaunching gerai kopi pertamanya yang berlokasi di Lobby Kantor Pusat Perum Bulog, Jakarta, Rabu(19/2/2020).

Budi Waseso menceritakan awal mula timbul ide untuk membuat kedai kopinya itu.  Ide awal pembuatan kedai kopi yang diresmikan oleh Buwas tersebut, dilandasi karena ingin mengangkat kesejahteraan para petani kopi Indonesia yang dikenal sebagai salah satu penghasil kopi yang berkualitas.

"Ini semua berawal dari tugas saya sebagai abdi negara sewaktu di Polri dan BNN hingga kini, dan sebagai bentuk kepedulian saya terhadap petani kopi di Indonesia”, terang Budi.

Dalam menjalankan tugasnya, Jenderal yang dikenal tegas tersebut melakukan perjalanan ke pegunungan di Aceh dan menemukan penduduk yang bekerja mengolah ladang ganja. Dan ganja yang di produksi oleh warga lokal disana, dikonsumsi secara ilegal oleh generasi muda.

" Melihat situasi yang memprihatinkan disana, saya berinisiatif mengubah ladang ganja tersebut menjadi lahan kopi melalui edukasi kepada masyarakat setempat. Program edukasi kepada masyarakat tersebut berjalan sukses, selain itu kopi di Aceh dikenal baik akan kualitas dan citarasanya," lanjut Buwas.

Kemudian Budi Waseso mengharapkan, agar hasil kopi di Indonesia yang beragam dapat dikenal dan dinikmati oleh masyarakat luas, baik dalam maupun luar negeri.

"Begitulah awal mula saya ingin mewujudkan mumbuka warung ini, dan maka dibuatlah Jenderal Kopi Nusantara Buwas," tambah Budi Waseso.

Menu favorit yang ada pada Jenderal Kopi ini adalah Klepon Latte dan juga kopi Gandja. Klepon Latte merupakan kopi yang mengadopsi rasa klepon, makanan tradisional Pasuruan, Jawa Tengah.

Klepon Latte dibuat dari espresso, susu steam, gula merah dan bahan dari klepon itu sendiri seperti pandan serta kelapa. Sedangkan Kopi Gandja merupakan gabungan antara Gayo dan Djava khususnya dari Temanggung.

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
4 jam yang lalu
Ringankan Korban Covid-19, PLN Bebaskan Tagihan Pelanggan 450 VA
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendukung penuh kebijakan Pemerintah untuk membebaskan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan memberikan diskon 50 persen bagi 7 Juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi.
 
Nasional
22 jam yang lalu
Tren Pergerakan Penumpang Menurun Setelah WFH Dan Stay At Home Diberlkukan
Himbauan pemerintah untuk tidak bepergian ke luar kota dan tetap berada di rumah (stay at home) serta kerja dari rumah (work from home) selama pandemi COVID-19 direspons baik oleh warga Jakarta. Hal tersebut terlihat dari tren pergerakan penumpang pesawat.
 
Nasional
22 jam yang lalu
Kerjasama Kementerian BUMN-BKPM Teken MoU Kemudahan Berusaha
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menandatangani Nota Kesepahaman tentang Koordinasi Tugas dan Fungsi Lingkup Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Badan Koordinasi Penanaman Modal. Penandatanganan…
 
Nasional
30/03/2020 18:45 WIB
Insentif Keuangan dan Restrukturisasi Pinjaman Selama Wabah Covid-19
Presiden Joko Widodo mengarahkan bahwa sistem respon Covid-19 salah satunya adalah daya tahan sosial ekonomi. Oleh karena itu, keluar kebijakan pemerintah tentang relaksasi dan restrukturisasi pinjaman kredit UMKM terdampak Covid-19.
 
Nasional
30/03/2020 18:32 WIB
Meski Ada Lonjakan, Stok Pangan Bulog Selalu Tersedia
Pemerintah melalui Perum BULOG memastikan mampu mengatasi kebutuhan lonjakan pangan yang tak terduga.
 
Nasional
30/03/2020 18:23 WIB
PLN Pastikan Kompensasi WFH Hoax
Presiden Joko Widodo mengarahkan bahwa sistem respon Covid-19 salah satunya adalah kebijakan relaksasi yang bertujuan agar mekanisme kerja dari rumah (work from home/WFH), social/phisycal distancing, dan pembatasan mobilitas lain bisa berlangsung efektif.
 
Nasional
29/03/2020 19:33 WIB
Ini Operasional Terminal 1 dan 2 Bandara Soetta Mulai 1 April
PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) menyampaikan bahwa terhitung mulai hari Rabu, 1 April 2020 dilakukan pembatasan operasi Terminal 1 dan Terminal 2.