Gilbert Sem Sandro
Kamis, 13 Februari 2020 - 15:24 WIB

PT. Bukit Asam Terapkan Manajemen Anti Suap

Foto/Dok-BukitAsam/ECONOMICZONE
Foto/Dok-BukitAsam/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - PT. Bukit Asam Tbk. Menerapkan standar Internasional Anti-Bribery Management System atau Manajemen Anti Suap. Penerapan ini ditandai dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan, oleh jajaran Direksi Bukit Asam di Tanjung Enim, pada Selasa (11/2).

Hal ini diungkapkan Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin, sebagai wujud komitmen dalam menjalankan Good Corporate Governance (GCG) dan membangun Environment Social Governance Management System,

"Penerapan  merupakan langkah Bukit Asam dalam meningkatkan kepercayaan stakeholders dan memberikan nilai tambah perusahaan, serta mencegah adanya KKN dalam lingkup perusahaan," ujar Arviyan Arifin.

Penerapan yang biasa disebut dengan Manajemen Anti Suap ISO 37001:2016 ini  juga dibetuk , agar perusahaan dapat mengendalikan dan melakukan tindakan pencegahan KKN. Hal ini merujuk pada Instruksi Presiden nomor 10 tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, dan juga Surat Edaran Menteri BUMN nomor SE-2/MBU/07/2019 tentang Pengelolaan BUMN Yang Bersih Melalui Implementasi Pencegahan KKN dan Penanganan Benturan Kepentingan

"Sebagai perusahaan publik kita benar-benar harus bersih dan terbuka,” tambah Arviyan Arifin,

Melalui penerapan kebijakan ini, Arviyan Arifin berharap seluruh jajaran manajemen dan karyawan Bukit Asam dapat membudayakan komitmen No bribery, No kickback, No gift, No luxurious hospitality.

"Dengan adanya penerapan Manajemen Anti Suap ini, diharapkan Bukit Asam dapat menjadi benchmarkbagi seluruh perusahaan nasional sebagai perusahaan pertambangan yang telah sukses mengimplementasikan ISO 37001:2016. Tak hanya itu, melalui penerapan ini, juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat serta mendorong transformasi perusahaan menuju perusahaan yang sesuai dengan Good Corporate Governance," tutup Arviyan.

 

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
19 jam yang lalu
Program Berbagi ‘Berkah MyPertamina 2020’ dengan Hadiah Miliaran
 Mendukung skema pembayaran non tunai ini, PT Pertamina (persero) pun turut mengadakan program Berbagi Berkah My Pertamina
 
Nasional
16/02/2020 18:53 WIB
Batik Air Sambut Kedatangan Awak Pesawat yang Menjemput WNI dari Natuna
Batik Air menyambut kedatangan 18 awak pesawat yang telah selesai menjalani rangkaian protokol kesehatan yaitu karantina dan observasi, di natuna, Kepulauan Riau.
 
Nasional
16/02/2020 07:52 WIB
RedDoorz Penuhi Resolusi Awal Tahun Jelajahi Destinasi Wisata di Indonesia
Awal tahun merupakan saat ketika banyak orang memiliki banyak harapan dan keinginan yang ingin diwujudkan sepanjang tahun.
 
Nasional
13/02/2020 15:12 WIB
Adira Insurance Gandeng Universitas Multimedia Nusantara
Untuk turut berkontribusi mempersiapkan generasi yang mampu bersaing di Indonesia, PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) kembali menggulirkan Adira Insurance Cooperative Education Program (AICOP).
 
Nasional
12/02/2020 18:24 WIB
BUMN Gelar Program Magang Mahasiswa Bersertifikat, Wujudkan SDM Unggul
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) kembali melakukan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Program ini dihadiri oleh direksi dari 143 BUMN, mahasiswa, rektor dari 300 PTN/PTS dari seluruh Tanah Air. 
 
Nasional
12/02/2020 18:20 WIB
Rebranding Logo Semen Indonesia Group
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) melakukan rebranding menjadi Semen Indonesia Group (SIG). Aksi korporasi itu ditandai dengan peluncuran logo baru SIG yang diluncurkan di Jakarta Convention Centre (JCC), Selasa (11/2).
 
Nasional
12/02/2020 16:05 WIB
Layanan Agen BRI Link, Buat Masyarakat Jarang Transaksi Ke Bank
Layanan keuangan Agen BRILink tanpa kantor (branchless banking) terbukti mendukung keuangan inklusif di tengah masyarakat. Keberadaannya telah mengurangi transaksi di jaringan kantor konvensional milik Bank BRI.